Gas Terus! Vaksinasi COVID-19 di RI Tembus 2 Juta Dosis Sehari

Capaian 2 juta dosis sehari terjadi pada 29 September 2021

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Indonesia telah berhasil menyuntikan 2 juta dosis vaksin COVID-19 per hari. Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan Widyawati, mengatakan berdasarkan data yang dihimpun Satgas COVID-19 pada 29 September 2021, sebanyak 2.049.125 dosis vaksin berhasil disuntikan.

Secara rinci 1.291.850 dosis vaksin dosis pertama dan 757.275 dosis vaksin dosis kedua. Sehingga jumlah penduduk yang sudah divaksin COVID-19 dosis pertama  89.822.987 orang, dan 50.412.993 orang dosis kedua.

"Ini berarti vaksinasi dosis pertama sudah menjangkau 43,13 persen dan 24,21 persen untuk dosis kedua, dari target vaksinasi 208.265.720 orang," ujar Widyawati dalam siaran tertulis, Selasa (5/10/2021).

Baca Juga: Heboh Influencer Ngaku Vaksin Dosis 3,  DPRD: Tidak Ada Vaksin Booster

1. Vaksinasi booster bagi tenaga kesehatan 7.283 dosis

Gas Terus! Vaksinasi COVID-19 di RI Tembus 2 Juta Dosis SehariTenaga kesehatan menunjukkan vaksin COVID-19 Moderna. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Widyawati menjelaskan untuk vaksinasi dosis ketiga atau vaksinasi booster bagi tenaga kesehatan sudah mencapai 7.283 dosis per hari ini, dengan jumlah tenaga kesehatan 924.828 orang.

"Capaian vaksinasi tersebut dicapai berkat usaha optimal dan gotong-royong dengan semua pihak terutama TNI/Polri, pemerintah daerah, BUMN (Bada Usaha Milik Negara) dan pihak swasta yang turut membantu," katanya.

2. Pemerintah mengupayakan ketersediaan vaksin COVID-19

Gas Terus! Vaksinasi COVID-19 di RI Tembus 2 Juta Dosis SehariVaksin Astrazeneca ( ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Widyawati menjelaskan Kemenkes terus berupaya meningkatkan percepatan vaksinasi, selain membuka vaksinasi massal bekerja sama dengan berbagai elemen masyarakat.

Kemenkes juga telah mengeluarkan surat edaran yang menginstruksikan seluruh pos pelayanan vaksinasi, Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bawah Kemenkes, seperti Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), RS Vertikal, Poltekkes, di seluruh Indonesia untuk segera vaksinasi semua target sasaran tanpa memandang domisili atau tempat tinggal pada KTP.

"Salah satu strategi pemerintah adalah mengupayakan ketersediaan vaksin dan mempercepat program vaksinasi sehingga semakin banyak masyarakat terlindungi," kata Widyawati.

3. Seluruh masyarakat diimbau memanfaatkan kesempatan vaksinasi

Gas Terus! Vaksinasi COVID-19 di RI Tembus 2 Juta Dosis SehariIlustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Pemerintah juga terus mengupayakan ketersediaan vaksin baik lewat skema multilateral maupun bilateral, demi mencukupi stok yang ada saat ini dan menjaga laju vaksinasi sesuai persediaan vaksin yang ada.

"Seluruh masyarakat Indonesia diminta untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, karena dengan vaksinasi dan melaksanakan protokol kesehatan yang ketat, akan semakin banyak dan semakin cepat masyarakat terlindungi dari COVID-19," kata Widyawati.

Baca Juga: [LINIMASA-2] Perkembangan Vaksinasi COVID-19 di Indonesia

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya