Garuda Delay Lagi, 450 Jemaah Haji Belum Bisa Pulang ke Tanah Air

Kejadian delay penerbangan terus berulang

Intinya Sih...

  • Garuda Indonesia menunda kepulangan jemaah haji kloter 34 Embarkasi Makassar (UPG 34) yang berjumlah 450 orang.
  • Pesawat GA 1234 ditunda keberangkatannya, menyebabkan jemaah harus kembali ke hotel dan menempati kamar sesuai ploting semula.
  • Jemaah haji UPG 34 sudah harus check out meninggalkan hotel pada pukul 08.10 waktu Arab Saudi (WAS), namun pesawat delay membuat mereka kembali ke hotel.

Jakarta, IDN Times - Pemulangan jemaah haji dari Tanah Suci lagi-lagi mengalami penundaan atau delay. Kali ini, Garuda Indonesia menunda kepulangan jemaah haji kelompok terbang (kloter) 34 Embarkasi Makassar (UPG 34) yang berjumlah 450 orang.

Kepala Sektor I Daker Madinah, Suratman mengatakan kejadian delay penerbangan ini terus berulang, bahkan sejak fase pemberangkatan jemaah.

"Kali ini, delay terjadi pada penerbangan jemaah haji kelompok terbang (kloter) 34 Embarkasi Makassar (UPG 34) yang menginap di Hotel Kayan Al Alami," katanya dalam keterangan tertulisnya, Rabu (17/7/2024).

Baca Juga: Lagi, Pesawat Garuda untuk Jemaah Haji Indonesia Delay

1. Pesawat dijadwalkan terbang Senin

Garuda Delay Lagi, 450 Jemaah Haji Belum Bisa Pulang ke Tanah AirSuasana jemaah haji tiba di Debarkasi Medan (Dok. Kemenag Sumut)

Suratman menerangkan pesawat dengan Nomor Penerbangan GA 1234 ini sedianya akan membawa 450 jemaah haji asal Provinsi Sulawesi Selatan dan Maluku. 

"Namun keberangkatannya ditunda. Pesawat awalnya dijadwalkan terbang Senin (17/7/2024) pukul 13.10 waktu Arab Saudi (WAS)," katanya.

2. Jemaah diperkenankan kembali ke kamar

Garuda Delay Lagi, 450 Jemaah Haji Belum Bisa Pulang ke Tanah AirSuasana sampai jemaah Haji ke Debarkasi Medan (Dok. Humas Kemenag Sumut)

Dia menambahkan setelah mendapatkan informasi pesawat delay dari Ketua Kloter Apriadi Narra, Kepala Sektor I Madinah lakukan gerak cepat dengan berkoordinasi dengan Kadaker Madinah Ali machzumi dan beberapa elemen terkait yang ada di Daker Madinah. 

"Kasektor I Madinah juga berkoordinasi dengan Pihak Hotel Kayan Al Alami tempat jemaah haji semula menginap. Akhirnya jemaah haji diperkenankan kembali ke hotel dan menempati kamar sesuai ploting semula," imbuhnya.

Baca Juga: Penerbangan Jemaah Delay, Pansus Haji Bakal Selidiki Garuda

3. Jemaah diturunkan dari bus menuju hotel

Garuda Delay Lagi, 450 Jemaah Haji Belum Bisa Pulang ke Tanah AirPetugas menyiagakan kursi roda untuk jemaah haji yang baru pulang dari Tanah Suci. (Dokumentasi Humas Kanwil Kemenag Provinsi Aceh)

Suratman menuturkan pada pukul. 06.00 WAS, jemaah sudah keluar dari hotel menuju bus. Sebab, berdasarkan tata tertib, jemaah sudah harus loading masuk bus dua jam sebelum jadwal check out. Berdasarkan manifest, jemaah haji UPG 34 sudah harus check out meninggalkan hotel pada pukul 08.10 waktu Arab Saudi (WAS). 

“Pukul 08.45 dapat informasi dari Ketua Kloter bahwa bus disuruh balik dari bandara bus diminta kembali ke hotel Pkl. 09.06 WAS bus sampai hotel. Setelah ada kepastian pesawat delay, kami koordinasi dengan pihak hotel dan pkl. 09.15 WAS jemaah diturunkan dari bus menuju hotel dan kamar masing-masing,” terangnya. 

Baca Juga: Kemenag Kembali Protes Garuda Gara-Gara Pesawat Delay 28 Jam

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya