DPRD akan Panggil Dishub DKI Buntut Video Petugas Naik Kap Mobil

Video petugas Dishub DKI kini viral di media sosial

Jakarta, IDN Times - Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta akan memanggil pejabat Dinas Perhubungan DKI Jakarta buntut video petugas yang naik di kap mobil viral di media sosial.

Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta, Wibi Andrino, menduga petugas Dishub DKI tampak sewenang-wenang terhadap pengendara di kawasan Jakarta Selatan.

"Oknum petugas Dishub DKI memberhentikan dan berusaha membuka paksa mobil hingga nemplok di kap mesin," ujar Wibi dalam keterangan, Jumat (5/1/2024).

Baca Juga: Viral Petugas Dishub DKI Naik Kap Mobil, Terbawa Sampai Menteng

1. DPRD minta klarifikasi Dishub

DPRD akan Panggil Dishub DKI Buntut Video Petugas Naik Kap MobilUji coba rekayasa lalu lintas di Simpang Santa. (IDN Times/Dok. Pemprov Jakarta)

Oleh karena itu, Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta pun akan segera memanggil pejabat Dishub untuk mendapatkan klarifikasi secara utuh.

"Saya akan meminta anggota Fraksi NasDem di Komisi B yang merupakan mitra dari Dishub untuk memanggil dan meminta klarifikasi agar mendapat penjelasan yang utuh,” ujarnya.

Baca Juga: Kronologi Petugas Dishub DKI Naik Kap Mobil Sampai Menteng

2. Bila ada pelanggaran SOP akan dijatuhkan sanksi

DPRD akan Panggil Dishub DKI Buntut Video Petugas Naik Kap MobilKepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo di Balai Kota, Senin (25/9/2023). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Wibi mengaku sudah menyaksikan video viral tersebut. Menurut dia, terdapat dua point of view, yakni dari pengemudi mobil dan petugas Dishub sehingga dibutuhkan keterangan secara lengkap. 

“Bila ditemukan ada pelanggaran SOP dan kewenangan, tentu sanksi tegas harus ditegakan,” kata Wibi.

Baca Juga: Disdik DKI Batalkan 495 Murid Penerima KJP

3. Video petugas Dishub DKI naik kap viral

DPRD akan Panggil Dishub DKI Buntut Video Petugas Naik Kap Mobildok. humas Pemprov DKI

Dalam rekaman video yang viral di media sosial, memperlihatkan petugas yang memberhentikan kendaraan. Pengendara tersebut tidak mengetahui maksud dan tujuan petugas. 

Hal mengejutkan terjadi ketika oknum petugas dimaksud mengetuk dan berusaha membuka pintu kendaraan secara paksa.

Meski mendapat pertanyaan tentang tindakan petugas itu, pengendara tidak mendapat penjelasan.

"Dalam video itu, terlihat jelas dua petugas berdiri di depan kendaraan yang disetop. Satu petugas di antaranya sempat membungkuk ke arah ban depan kendaraan roda empat itu. Selanjutnya, pengendara pun tancap gas dan satu petugas Dishub DKI nemplok di bagian kap kendaraan," kata Wibi.

Baca Juga: Sungai Ciliwung Meluap, Kampung Melayu Banjir 50 Cm 

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya