Dor Dor Dor! Kesaksian Ketua RT saat 2 Ajudan Sambo Saling Baku Tembak

Warga mengira itu suara petasan

Jakarta, IDN Times - Ketua RT Kompleks Polri Duren Tiga Rt5/Rw1, Seno Sukarto mengaku tak tahu menahu soal peristiwa baku tembak yang terjadi di rumah dinas Kadiv Propam Polri, Irjen Pol Ferdy Sambo pada pada Jumat (8/7/2022) lalu.

Dirinya mengaku baru tahu peristiwa itu usai ramai diberitakan oleh media massa. "Kalau saya tahu saya mau cerita, tetapi saya gak tahu, masalahnya itu saja," ujarnya Selasa (12/7/2022).

1. Keluarga sering bermain petasan saat hari raya

Dor Dor Dor! Kesaksian Ketua RT saat 2 Ajudan Sambo Saling Baku TembakRumah Dinas Kadiv Propam Polri, Irjen Pol Ferdy Sambo di Perumahan Polri, Duren Tiga, Jakarta Selatan, Selasa (12/7/2022). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Menurut Seno, dia baru mengetahui kejadian nahas tersebut pada Senin (11/7/2022). Dia mengatakan, saat kejadian, memang ada sejumlah warga yang mendengar suara tembakan. Namun ketika itu, diasumsikan bahwa suara petasan dilakukan karena berdekatan dengan Hari Raya Idul Adha.

"Saya tidak mendengar apa-apa, jadi saya panggil Satpam, dia bilang suara tembakan itu seperti suara petasan, karena memang sering main kembang api jika Hari Raya baik Idul Adha atau Idul Fitri, sehingga orang sekitar ini menganggap ini suara kembang api mungkin," ungkapnya.

2. Suara tembakan tidak terdengar kencang

Dor Dor Dor! Kesaksian Ketua RT saat 2 Ajudan Sambo Saling Baku TembakIlustrasi Penembakan (IDN Times/Mardya Shakti)

Seno mengaku pendengarannya pun memang berkurang, sehingga saat kejadian suara tembakan juga tidak kencang. Untuk memastikan, dia bertanya pada satpam dan keluarganya.

"Suara gak kencang gak, maaf aja saya udah ini (kurang pendengarannya) tidak dengar, tapi saya tanya keluarga juga tidak ada yang mendengar, tetangga juga tidak dengar kencang, maka saya tanya Satpam," ujarnya.

Baca Juga: Sepak Terjang Brigadir J, Sopir Istri Ferdy Sambo Sudah 2 Tahun Tugas 

3. Rumah Sambo terlihat sepi dan tidak ada garis polisi

Dor Dor Dor! Kesaksian Ketua RT saat 2 Ajudan Sambo Saling Baku TembakRumah Dinas Kadiv Propam Polri, Irjen Pol Ferdy Sambo di Perumahan Polri, Duren Tiga, Jakarta Selatan, Selasa (12/7/2022). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Berdasarkan pantauan IDN Times, pos rumah dinas yang menjadi Tempat Kejadian Perkara (TKP) baku tembak antara Bharada E dengan Brigadir J ini terlihat sepi, tidak ada garis polisi di luar pagar maupun di teras rumah. Tidak ada penjagaan dari kepolisian.

Kesunyian juga terasa di lingkungan Perumahan Polri, Duren Tiga ini, hanya ada sejumlah media dan ojek online yang lalu lalang mengantar paket.

4. Belasan tembakan yang dilepaskan dari pistol Brigadir J dan Bharada E

Dor Dor Dor! Kesaksian Ketua RT saat 2 Ajudan Sambo Saling Baku TembakIlustrasi penembakan (IDN Times/Arief Rahmat)

Diketahui peristiwa nahas tersebut terjadi pada Jumat (8/7/2022). Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan mengatakan, peristiwa baku tembak yag menewaskan Brigadir J tersebut di depan kamar rumah dinas Kadiv Propam Polri, Irjen Pol Ferdy Sambo.

“Kejadiannya itu Brigadir J di depan kamar, Bharada E di lantai 2. Jarak mereka berdua 10-12 meter,” ujar Ramadhan di Mabes Polri, Senin (11/7/2022).

Ramadhan mengungkap hasil olah tempat kejadian perkara (TKP). Ada belasan tembakan yang dilepaskan dari pistol Brigadir J dan Bharada E.

"Brigadir J melepaskan tembakan sebanyak 7 kali, Bharada E membalas mengeluarkan tembakan sebanyak 5 kali," kata Ramadhan.

Baca Juga: Luka Tubuh Brigadir J, Ahli Forensik: Luka Sayat Pisau-Proyektil Beda

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya