Dokter Muda di RSUP Kariadi Akhiri Hidup, IDI Buka Suara 

IDI tekankan dukungan mental untuk PPDS

Intinya Sih...

  • PB IDI menekankan pentingnya dukungan kesehatan mental selama pendidikan PPDS
  • IDI mendorong pembentukan pusat trauma dan evaluasi kesehatan mental secara berkala
  •  

Jakarta, IDN Times - Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) menyampaikan duka cita mendalam atas wafatnya Aulia Risma Lestari, mahasiswi Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Universitas Diponegoro (Undip) Semarang.

Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia, Moh Adib Khumaidi, mengatakan, PB IDI menghormati proses penyelidikan yang masih berlangsung oleh aparat berwenang. 

"Kami ingin menekankan pentingnya dukungan kesehatan mental selama pendidikan," kata Adib dalam keterangan tertulisnya, Kamis (15/8/2024).

Baca Juga: Kemenkes Investigasi Dokter PPDS Bunuh Diri karena Bullying

1. IDI dorong pembentukan pusat trauma

Dokter Muda di RSUP Kariadi Akhiri Hidup, IDI Buka Suara ilustrasi konseling dengan ahli kesehatan mental (freepik.com/freepik)

Adib mengatakan, IDI mendorong pembentukan pusat trauma dan evaluasi kesehatan mental secara berkala. Hal itu perlu dilakukan untuk memastikan, mahasiswa yang sedang menjalani pendidikan kedokteran dan spesialis menerima perawatan serta dukungan yang diperlukan.

PB IDI juga meminta masyarakat tidak membuat spekulasi apa pun tentang penyebab insiden tersebut hingga penyelidikan selesai.

“Kami percaya bahwa dengan bekerja sama, kita dapat menciptakan lingkungan yang lebih aman dan lebih mendukung bagi mahasiswa yang sedang menjalani pendidikan kedokteran dan spesialis. Mari kita bergandengan tangan untuk mencegah insiden seperti itu pada masa mendatang,” kata Adib.

Baca Juga: Dokter Muda Akhiri Hidup, Kemenkes Setop Program Anestesi RSUD Kariadi

2. Kemenkes lakukan investigasi

Dokter Muda di RSUP Kariadi Akhiri Hidup, IDI Buka Suara Juru Bicara Kemenkes RI, Mohammad Syahril luruskan informasi dokter asing. (dok. Kemenkes)

Sementara, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menerjunkan tim untuk melakukan investigasi atas kasus tersebut yang diduga akibat bullying atau perundungan. 

"Tim Itjen Kemenkes sudah turun ke RS Kariadi untuk menginvestigasi pemicu bunuh diri, untuk memastikan, apakah ini ada unsur bullying atau tidak. Mudah-mudahan dalam seminggu sudah ada hasilnya," ujar Juru Bicara Kemenkes, Mohammad Syahril, dalam keterangan tertulisnya, Kamis.

Baca Juga: Undip Bantah Mahasiswi PPDS Anestesi Bunuh Diri Karena Dibully

3. Kemenkes hentikan sementara program studi anestesi di RSUP dr. Kariadi

Dokter Muda di RSUP Kariadi Akhiri Hidup, IDI Buka Suara Penanganan kasus Covid-19 oleh nakes.

Syahril mengatakan, Kemenkes juga menghentikan sementara program studi anestesi di RSUP dr. Kariadi sampai investigasi selesai.

"Penghentian sementara kegiatan PPDS Anastesi Undip di RS Kariadi untuk memberikan kesempatan investigasi dapat dilakukan dengan baik termasuk potensi adanya intervensi dari senior/dosen kepada juniornya serta memperbaiki sistem yang ada," ujar dia.

Baca Juga: Polisi Selidiki Meninggalnya Mahasiswi PPDS Anestesi Undip

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya