Disnakertrans DKI Terjunkan Tim Penyidik ke Brandoville Studio

Brandoville tidak bayarkan upah lembur

Intinya Sih...

  • Dinas Tenaga Kerja Jakarta melakukan pemeriksaan terhadap Brandoville Studio terkait dugaan tidak membayar upah lembur.
  • Perusahaan tersebut telah melaporkan kondisi ketenagakerjaan pada bulan Juli 2024 dan ditemukan nama perusahaan mirip di Jakarta Selatan.
  • Polres Metro Jakarta Pusat memeriksa tiga saksi eks karyawan dan akan memeriksa bos Brandoville Studio yang merupakan WNA asal Hong Kong.

Jakarta, IDN Times - Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi Jakarta telah menerjunkan tim pengawas dan Penyidik Pegawai Negeri Sipil untuk melakukan pemeriksaan pada perusahaan animasi, Brandoville Studio, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (17/9/2024).

"Pengawas Ketenagakerjaan telah berkoordinasi dengan Polres Jakarta Pusat terkait dugaan kekerasan tersebut pada hari Sabtu tanggal 14 September 2024 terkait dugaan adanya tindak pidana ketenagakerjaan berupa tidak membayar upah lembur," ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi Jakarta, Hari Nugroho.

1. Lapor kondisi perusahaan terakhir 12 Juli

Disnakertrans DKI Terjunkan Tim Penyidik ke Brandoville StudioKantor Brandoville Studio di Menteng, Jakarta Pusat (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Hari mengatakan berdasarkan pemeriksaan data di website Kementerian Ketenagakerjaan bahwa perusahaan tersebut telah melaporkan kondisi ketenagakerjaan terakhir pada tanggal 12 Juli 2024 atas nama PT. Brandonville Studios Makmur. 

"Selain itu ditemukan juga nama perusahaan yang mirip namun lokasinya berada di daerah Jakarta Selatan. Terkait dengan temuan tersebut, akan dikonfirmasi kembali oleh Pengawas Ketenagakerjaan," ujarnya 

Baca Juga: Kesaksian Korban Dugaan Kekerasan Bos Perusahaan Animasi di Menteng

2. Polisi periksa tiga saksi

Disnakertrans DKI Terjunkan Tim Penyidik ke Brandoville StudioKantor Brandoville Studio di Menteng, Jakarta Pusat (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Polres Metro Jakarta Pusat memeriksa tiga saksi terkait kasus dugaan kekerasan pada karyawan di perusahaan animasi, Brandoville Studio, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (17/9/2024).

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Pusat AKBP Firdaus mengatakan, ketiga saksi tersebut merupakan eks karyawan.

“Jadwal jam 11.00 WIB di ruang penyidik unit PPA Satreskrim Polres Jakpus,” kata Firdaus kepada IDN Times, Senin (16/9/2024).

Baca Juga: Fakta-fakta Perusahaan Animasi di Menteng Diduga Lakukan Kekerasan

3. Polisi akan periksa terlapor

Disnakertrans DKI Terjunkan Tim Penyidik ke Brandoville StudioKantor Brandoville Studio di Menteng, Jakarta Pusat (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Firdaus menjelaskan, setelah memeriksa saksi eks karyawan, kepolisian akan menjadwalkan pemeriksaan terlapor, yakni CL. Terlapor adalah bos Brandoville Studio yang merupakan warga negara asing (WNA) asal Hong Kong.

“Setelah periksa saksi-saksi, akan diperiksa terlapor,” ujarnya.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya