Disdik DKI Akan Bangun Kembali SDN Pondok Bambu yang Ludes Terbakar

KBM dialihkan ke SDN Pondok Bambu 7 sementara

Intinya Sih...

  • Dinas Pendidikan DKI Jakarta akan membangun kembali Gedung SDN Pondok Bambu 01 yang terbakar, dengan konsep sedang dibuat.
  • Siswa SDN Pondok Bambu 01 dialihkan ke SDN Pondok Bambu 07 sementara, karena jaraknya dekat dan terdapat ruang kelas kosong.
  • Kasudin Pendidikan Jakarta Timur wilayah 1 berharap gedung baru dapat dibangun tiga lantai untuk kenyamanan siswa yang jumlahnya mencapai 469 murid.

Jakarta, IDN Times - Dinas Pendidikan DKI Jakarta bakal membangun kembali Gedung SDN Pondok Bambu 01, Jalan Gading II, RT 05/11 Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur. Sekolah tersebut ludes terbakar pada Selasa (23/7/2025).

Menurut Plh Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Budi Awaludin konsep gedung sekolah yang memiliki 469 siswa itu sedang dibuat.

"Kemungkinan dibangun menggunakan APBD Perubahan atau melalui CSR. Mana yang duluan saja, nanti kita laksanakan yang lebih cepat," ucap Budi dalam keterangan, Jumat (26/7/2024).

Baca Juga: Kebakaran Hantui Sekolah di Jakarta, Usai SMA 82 kini SD Pondok Bambu

1. KBM dipindahkan di SD Pondok Bambu 07

Disdik DKI Akan Bangun Kembali SDN Pondok Bambu yang Ludes TerbakarKebakaran SD N Pondok Bambu (dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Budi menambahkan, pihak sekolah dan orangtua siswa sepakat memindahkan aktivitas belajar mengajar sementara ke SDN Pondok Bambu 07. Keputusan itu diambil karena jarak sekolah tersebut sekitar 200 meter dari SDN Pondok Bambu 01 yang terbakar.

"Murid SDN Pondok Bambu 01 belajar di SDN Pondok Bambu 07, jaraknya cukup dekat jadi tidak terendala. Hanya, jam belajarnya mereka siang, setelah KBM di SDN Pondok Bambu 07 selesai," beber Budi.

Baca Juga: Penyebab Kebakaran SDN Pondok Bambu Diduga Karena Korsleting

2. Pemindahan siswa tidak ganggu KBM

Disdik DKI Akan Bangun Kembali SDN Pondok Bambu yang Ludes TerbakarSD Negeri Pondok Bambu Jaktim Terbakar (dok. Damkar DKI Jakarta Pusat)

Kepala Satuan Pelaksana (Kasatlak) Pendidikan Kecamatan Duren Sawit Farida Farhah menambahkan, SDN Pondok Bambu 07 dipilih karena masih terdapat ruang kelas yang kosong. Sekolah itu juga baru saja direnovasi pada 2023.

"Dipastikan KBM-nya tidak terganggu karena mereka bisa belajar di SDN Pondok Bambu 07 mulai hari ini. Apalagi di sana masih ada ruang kelas yang kosong," ujarnya.

Baca Juga: 18 Kelas SDN Pondok Bambu Terbakar, Gak Ada Korban Jiwa

3. Usulan bangun tiga lantai

Disdik DKI Akan Bangun Kembali SDN Pondok Bambu yang Ludes TerbakarKebakaran SD N Pondok Bambu (instagram.com/humasjakfire)

Kasudin Pendidikan Jakarta Timur wilayah 1, Fahmi berharap, gedung SDN Pondok Bambu 01 ini dapat dibangun tiga lantai. Alasannya, jumlah siswa sangat banyak mencapai 469 murid dan kegiatan ekstra kurikulernya.

"Usulan kami, bangunan dibangun tiga lantai. Karena jumlah siswanya sangat banyak dan ini untuk memberikan kenyamanan saat pelaksanaan kegiatan belajar mengajar," ungkapnya.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya