Debt Collector Dihajar Warga usai Rampas Motor dan Tabrak Ibu-Ibu

Modus pelaku mengaku sebagai petugas leasing 

Jakarta, IDN Times - Sebuah video yang viral di media sosial, memperlihatkan seorang debt collector dihajar warga. Pria yang diduga debt collector tersebut dianggap warga telah mencuri kendaraan motor di sekitar Jalan Raya Joglo, Kembangan, Jakarta Barat.

Dalam keterangannya, pengunggah video menyampaikan, debt collector mengambil motor padahal pemiliknya sudah melunasi cicilan.

"Jadi kejadian itu motor udah lunas bayar cicilan tapi langsung ditarik paksa dan langsung dibawa kabur temennya. Ada 4 orang yang ke tangkap 1," tulis pemilik akun diunggah akun Instagram @infojoglo.

Baca Juga: Fakta-fakta Pengeroyokan Ketum KNPI oleh Debt Collector di Cikini

1. Polisi mengamankan pelaku

Kapolsek Kembangan Polres Metro Jakarta Barat Kompol Binsar H Sianturi mengatakan debt collector berinisial OYS tersebut saat ini sudah diamankan petugas.

"Pelaku diamankan sesaat usai mengambil kendaraan sepeda motor milik korbannya, pelaku beraksi bersama dengan tiga rekan lainnya namun yang ke tig rekannya berhasil melarikan diri," ujar Binsar dalam siaran tertulis, Minggu, (29/5/2022)

Baca Juga: Tarik Paksa Mobil di Jalan, 5 Debt Collector Digiring ke Polres Depok

2. Modus pelaku mengaku sebagai petugas leasing

Debt Collector Dihajar Warga usai Rampas Motor dan Tabrak Ibu-IbuIlustrasi Leasing. (IDN Times/Aditya Pratama)

Perwira berpangkat melati 1 ini menjelaskan, kejadian tersebut bermula saat pelaku OYS bersama dengan tiga rekan lainnya memberhentikan korban Ilyas Ramadhan yang sedang mengendarai sepeda motor jenis scopy di Pondok indah

"Modus pelaku mengaku sebagai petugas leasing dan menuduh korban terlambat membayar angsuran dan denda pengambilan BPKB," ucapnya.

3. Pelaku dihajar massa setelah tabrak pengendara

Debt Collector Dihajar Warga usai Rampas Motor dan Tabrak Ibu-IbuPelaku pencurian sepeda motor jadi debt collector/dok Humas Polres Metro

Selanjutnya pelaku mengambil kendaraan sepeda motor korban dengan memboncengi korban ke arah jalan raya Joglo kembangan Jakarta Barat Setibanya di lokasi, pelaku yang membawa handphone milik korban berpura-pura menyerahkan kepada korban.

"Saat korban turun dari boncengan pelaku, kemudian korban berjalan mengambil handphone yang dibawa oleh rekan pelaku, lalu sepeda motor milik korban di bawa oleh pelaku yang memboncengi korban," bebernya.

Namun, saat pelaku berusaha melarikan diri, pelaku mengalami kecelakaan dengan menabrak pengendara sepeda motor yang sedang di kendarai oleh seorang ibu-ibu.

"Melihat kejadian tersebut pelaku sempat menjadi bulan bulanan warga sekitar, beruntung nyawa pelaku berhasil diselamatkan oleh petugas kepolisian dari polsek kembangan yang sedang berpatroli," tuturnya.

4. Pelaku buru tiga pelaku lain yang jabur

Debt Collector Dihajar Warga usai Rampas Motor dan Tabrak Ibu-IbuIlustrasi Napi yang Melarikan Diri (IDN Times/Mardya Shakti)

Sementara dalam kesempatan yang sama Kanit Reskrim Polsek Kembangan Akp Reno Apri Dwijayanto mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan pengejaran terhadap pelaku lainnya.

"Kami sudah berhasil mengidentifikasi para pelaku dan petugas sedang melakukan pengejaran," imbuhnya.

Untuk mempertanggung Jawabkan atas perbuatannya pelaku dikenakan pasal 363 KUH pidana.

Baca Juga: Viral! Debt Collector Bawa Polisi saat Tagih Utang di Lombok Barat

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya