Datang ke Indonesia, Paus Fransiskus Akan Kunjungi Masjid Istiqlal

Terowongan dari Masjid Istiqlal ke Katedral jadi sorotan

Intinya Sih...

  • Uskup Roma Paus Fransiskus akan berkunjung ke Masjid Istiqlal, Jakarta pada September 2024.
  • Paus tertarik dengan terowongan yang menghubungkan Istiqlal dengan Katedral dan akan menjadi kunjungan pertamanya ke masjid.

Jakarta, IDN Times - Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta, Nasaruddin Umar mengungkapkan, Uskup Roma Paus Fransiskus, pemimpin Gereja Katolik seluruh dunia ingin berkunjung ke Masjid Istiqlal, Jakarta, saat kedatangannya ke Indonesia nanti.

 "Insyaallah tanggal 3 sampai 6 (September 2024) Paus akan berkunjung di tempat kita, di sini ini. Di antara sekian negara, masjid, bahkan rumah ibadah yang lain, nongereja, tidak pernah ada yang dikunjungi oleh Paus, baru kali ini akan berkunjung," kata Nasaruddin, dilansir laman resmi NU, Minggu (2/6/2024).

Baca Juga: Menteri LHK Bantah Ormas Keagamaan Boleh Kelola Tambang Bagi-Bagi Kue

1. Paus tertarik terowongan yang menghubungkan Istiqlal dengan Katedral

Datang ke Indonesia, Paus Fransiskus Akan Kunjungi Masjid IstiqlalIDN Times/Muhammad Ilman

Kiai yang juga menjadi penasihat atau Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu pun mengungkap salah satu alasan yang membuat Paus tertarik berkunjung ke Istiqlal. Paus diketahui tertarik dengan terowongan yang menghubungkan Istiqlal dengan Katedral. 

"Salah satu hal yang menarik bagi Paus adalah adanya pembangunan the tolerance tunnel, terowongan yang menghubungkan Istiqlal dengan Katedral,” kata Nasar.

Menurut tokoh asal Bone, Sulawesi Selatan, itu, terowongan tersebut merupakan yang pertama di dunia.

Baca Juga: Persiapan Kunjungan Paus Fransiskus, Bertemu Jokowi-Misa Akbar di GBK

2. Masjid Istiqlal dinobatkan jadi Ambassador Mosque

Datang ke Indonesia, Paus Fransiskus Akan Kunjungi Masjid IstiqlalMasjid Istiqlal (IDN Times/Sunariyah)

Nasar mengungkapkan, seminggu sebelum Lebaran, ia diundang Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Saat itu, Masjid Istiqlal diberi apresiasi sebagai Ambassador Mosque. 

“Dan kami dilibatkan di tiga acara United Nation, ada di Amerika Latin, Afrika dan Bali (Indonesia). Selain itu, kita juga mendapat apresiasi dari Departemen Luar Negeri AS. Kata teman-teman di situ, 'tidak ada tamu dari Indonesia diundang tiga hari berturut-turut di Stete Departement selain Anda,” cerita Nasar.  

Baca Juga: Paus Desak Warga Italia agar Lahirkan Anak

3. Paus akan berkunjung 3 September

Datang ke Indonesia, Paus Fransiskus Akan Kunjungi Masjid Istiqlal(dok. Humas Kemenag)

Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, menyampaikan, Paus Fransiskus akan berkunjung ke Indonesia pada 3 September 2024. Dia menegaskan, pemerintah sudah mendapatkan surat pemberitahuan dari otoritas Vatikan terkait rencana kedatangan Paus Fransiskus.

"Berdasarkan surat dari Vatikan yang diterima Pemerintah Indonesia, Paus Fransiskus akan hadir pada 3 September 2024. Ini tentu menjadi suatu kehormatan bagi bangsa Indonesia," ujar Menag Yaqut dalam keterangan tertulisnya, dikutip Minggu (31/3/2024).

Lebih lanjut, Gus Men berharap, dalam kunjungannya nanti Paus Fransiskus bisa menyaksikan secara langsung keragaman dan persaudaraan antarumat beragama yang tumbuh di tengah masyarakat Indonesia.

"Indonesia mampu menjaga toleransi dan perdamaian antarpemeluk agama, termasuk ratusan umat agama lokal. Kita berharap Paus Fransiskus dapat melihat keberagaman ini di Indonesia,” katanya.

Baca Juga: Dua Orang Calon Haji asal Jateng Meninggal Dunia di Tanah Suci

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya