CEK FAKTA: Beredar Tarif JakLingko Mikrotrans, Sudah Gak Gratis?

Cek faktanya sebelum dibagikan

Intinya Sih...

  • Informasi tarif JakLingko yang beredar di media sosial tidak benar
  • Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, menyatakan informasi tersebut hoaks
  • JakLingko merupakan sistem transportasi di bawah naungan PT JakLingko Indonesia yang mengintegrasikan rute dan pembayaran transportasi umum di Jakarta

Jakarta, IDN Times - Infografis yang menerangkan bahwa tarif JakLingko mikrotrans yang selama ini Rp0 atau gratis menjadi berbayar di media sosial dan WhatsApp Group. 

Dalam informasi yang beredar menyebutkan tarif JakLingko ditentukan berdasarkan jenis kartu yang dimiliki.

"Kartu Jaklingko lama akan dikenakan tarif Rp3.500, kemudian Kartu Jaklingko anak tarif Rp1.750, Kartu Jaklingko lansia Rp1.750, Kartu Jaklingko Disabilitas Rp 1.750, dan Jaklingko Non DKI Rp5.000," tulis informasi yang beredar.

Benarkan tarif Jaklingko tidak lagi gratis?

1. Tarif yang beredar hoaks

CEK FAKTA: Beredar Tarif JakLingko Mikrotrans, Sudah Gak Gratis?Ilustrasi hoaks (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo menegaskan informasi yang beredar tidak benar atau hoaks

"Sehubungan dengan pemberitaan yang beredar mengenai tarif Mikrotrans, Dishub DKI menyampaikan bahwa informasi tersebut salah," ujarnya dilansir laman resmi DishubDKI, Selasa (6/8/2024).

Baca Juga: Siapa Pemilik JakLingko? Ini Sejarahnya!

2. JakLingko adalah sistem pembayaran

CEK FAKTA: Beredar Tarif JakLingko Mikrotrans, Sudah Gak Gratis?ilustrasi mikrotrans JakLingko (smartcity.jakarta.go.id)

Selain tarif, Syafrin juga menyoroti infografis yang mencantumkan gambar ilustrasi mikrotrans yang tidak sesuai dengan informasi tarif JakLingko.

"Penyebutan JakLingko tidak tepat untuk angkutan Mikrotrans. JakLingko merupakan sistem pembayaran, sedangkan angkutannya disebut Mikrotrans," terangnya.

Baca Juga: Heru Budi akan Laporkan Oknum Operator Jaklingko yang Palsukan Dokumen

3. Kartu JakLingko menjadi alat transaksi pembayaran antarmoda

CEK FAKTA: Beredar Tarif JakLingko Mikrotrans, Sudah Gak Gratis?Sopir Jaklingko demo di depan Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (30/7/2024) (dok. Polres Metro Jakarta Pusat)

Dilansir laman resmi Pemprov, nama JakLingko diambil dari kata ‘Jak’ yang merepresentasikan Jakarta dan Lingko yang berarti jejaring atau integrasi. 

Sesuai dengan namanya, JakLingko merupakan sebuah sistem transportasi di bawah naungan PT JakLingko Indonesia yang mengintegrasikan rute, manajemen, dan pembayaran transportasi umum di Jakarta. 

Moda transportasi yang terintegrasi dalam sistem JakLingko antara lain MRT Jakarta, LRT Jakarta, Transjakarta, Mikrotrans, Railink, serta KAI Commuter. Sementara itu, kartu JakLingko menjadi alat transaksi pembayaran antarmoda transportasi tersebut dengan tarif dan rute yang terintegrasi dengan satu kali tap dan satu tarif.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya