Cak Imin Kantongi Nama Kader PKB jadi Pimpinan DPR/MPR, Ini Bocorannya

Cak Imin akan umumkan besok

Intinya Sih...

  • Cak Imin akan umumkan nama kader PKB yang akan menduduki kursi pimpinan DPR dan MPR RI besok.
  • Kriteria pemilihan kader pimpinan DPR dan MPR termasuk kemampuan mengelola internal partai, membangun komunikasi lintas partai, dan pengalaman baik di eksekutif maupun legislatif.
  • Pengumuman akan dimulai dari penunjukan ketua fraksi PKB, disusul Wakil Ketua DPR dari Fraksi PKB, dan Wakil Ketua MPR RI sesuai alokasi UU MD3.

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum (Ketum) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, sudah mengantongi nama kader PKB yang akan menduduki kursi pimpinan DPR dan MPR RI.

Sebagaimana diketahui, DPR periode 2019-2024 mengakhiri masa jabatannya pada 30 September 2024. Sedangkan, pelantikan anggota DPR yang baru digelar 1 Oktober 2024.

"Sudah ada. Ketua Umum sudah mengantongi nama-nama, dan besok akan disampaikan. Nama Wakil Ketua MPR RI sudah ada, dan akan diumumkan besok, insyaallah," ujar Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid, di Kantor DPP PKB, Jakarta, Senin (30/9/2024) malam. 

Baca Juga: Cak Imin Wanti-wanti 68 Anggota DPR dari PKB Tak Jadi Pengkhianat

1. Kriteria kader yang dipilih sudah pahami tugas

Cak Imin Kantongi Nama Kader PKB jadi Pimpinan DPR/MPR, Ini BocorannyaKetua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin memberikan arahan ke caleg terpilih PKB. (dok. PKB)

Meski tidak menyebutkan nama, namun Jazilul memastikan kader yang akan jadi pimpinan DPR harus mampu mengelola internal partai dan juga mampu membangun komunikasi dengan lintas partai, fraksi, dan kekuatan politik lainnya. 

"Untuk Wakil Ketua DPR, kriteria yang dipilih adalah yang memahami tugas, fungsi, dan wewenang DPR. Sementara untuk Wakil Ketua MPR, selain pengalaman, mereka yang akan dipilih harus mampu melanjutkan tugas-tugas yang ada sebelumnya," bebernya.

2. Mampu jalankan mission impossible dalam pemerintahan Prabowo Subianto

Cak Imin Kantongi Nama Kader PKB jadi Pimpinan DPR/MPR, Ini BocorannyaJazilul Fawaid di Muktamar PKB Bali (IDN Times/Amir Faishol)

Jazilul menambahkan, kriteria lain yakni kader tersebut memiliki pengalaman baik di eksekutif maupun legislatif. DPP akan memilih sosok yang mampu menjalankan "mission impossible" dan membantu pemerintahan Prabowo Subianto. 

"Mereka juga harus mengawal program-program yang menjadi komitmen PKB untuk menyukseskan pemerintahan Pak Prabowo selama lima tahun ke depan. Jadi, mereka harus memahami program-program tersebut agar kebijakan yang disampaikan nanti sejalan dengan visi Pak Prabowo Subianto," katanya.

3. Cak Imin akan umumkan Selasa

Cak Imin Kantongi Nama Kader PKB jadi Pimpinan DPR/MPR, Ini BocorannyaKetua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin memberikan arahan ke caleg terpilih PKB. (dok. PKB)

Dia meminta publik sabar dan menunggu pengumuman dari Cak Imin. Pengumuman tersebut nanti ya akan dimulai dari penunjukan ketua fraksi PKB yang disusul Wakil Ketua DPR dari Fraksi PKB dan Wakil Ketua MPR RI.

"Besok akan dimulai dengan penunjukan Ketua Fraksi PKB. Setelah itu, akan disusul dengan pengumuman siapa Wakil Ketua DPR dari Fraksi PKB dan Wakil Ketua MPR RI, sesuai dengan alokasi yang diperoleh PKB menurut UU MD3,"imbuhnya.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya