Brandoville Diduga Tak Bayar Lembur, Disnaker Akan Gandeng Polisi

Studio viral diduga lakukan kekerasan pada karyawan

Jakarta, IDN Times - Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi (Nakertransgi) DKI Jakarta menduga ada tindak pidana ketenagakerjaan yang dilakukan pada perusahaan animasi, Brandoville Studio, Menteng, Jakarta Pusat berupa tidak tidak membayar upah lembur.

Kepala Dinas Nakertransgi Jakarta, Hari Nugroho menegaskan bila perusahaan terbukti melakukan pelanggaran pidana terkait ketenagakerjaan maka tim PPNS akan menindaklanjuti ke tingkat penyidikan.

Untuk langkah tersebut, pihak dinas akan berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya, sesuai Peraturan Menteri Ketenagakerjaan No 33 Tahun 2016 yang telah diubah oleh Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 1 Tahun 2020.

"Bahwa tindakan represif pro justitia dapat dilakukan secara langsung tanpa melalui tahapan pelaksanaan pengawasan ketenagakerjaan apabila perusahaan melakukan pelanggaran di bidang ketenagakerjaan yang menjadi perhatian masyarakat luas," tegas Hari dalam keterangan, Selasa (17/9/2024).

Baca Juga: Polisi Periksa 3 Eks Karyawan Brandoville Studio Hari Ini

1. Disnaker akan lakukan pemeriksaan

Brandoville Diduga Tak Bayar Lembur, Disnaker Akan Gandeng PolisiIlustrasi cadangan devisa (IDN Times/Arief Rahmat)

Hari mengatakan Tim Pengawas Ketenagakerjaan dan PPNS Dinas Nakertransgi Prov DKI Jakarta bersama tim Pengawas Sudin Nakertransgi Jakarta Pusat akan melakukan pemeriksaan lanjutan ke perusahaan terkait dugaan jam kerja.

"Dinas akan lakukan pemeriksaan ke perusahaan dugaan melanggar aturan jam kerja dalam UU Ketenagakerjaan pada hari Selasa 17 September 2024," katanya.

2. Laporan perusahaan terakhir 12 Juli

Brandoville Diduga Tak Bayar Lembur, Disnaker Akan Gandeng PolisiKantor Brandoville Studio di Menteng, Jakarta Pusat (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Hari mengatakan berdasarkan pemeriksaan data di website kementerian ketenagakerjaan bahwa perusahaan tersebut telah melaporkan kondisi ketenagakerjaan terakhir pada tanggal 12 Juli 2024 atas nama PT. Brandonville Studios Makmur. 

"Selain itu ditemukan juga nama perusahaan yang mirip namun lokasinya berada di daerah Jakarta Selatan. terkait dengan temuan tersebut, akan dikonfirmasi kembali oleh Pengawas Ketenagakerjaan," ujarnya. 

Baca Juga: Disnakertrans DKI Terjunkan Tim Penyidik ke Brandoville Studio

3. Tiga saksi diperiksa polisi

Brandoville Diduga Tak Bayar Lembur, Disnaker Akan Gandeng PolisiKantor Brandoville Studio di Menteng, Jakarta Pusat (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Polres Metro Jakarta Pusat memeriksa tiga saksi terkait kasus dugaan kekerasan pada karyawan di perusahaan animasi, Brandoville Studio, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (17/9/2024).

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Pusat AKBP Firdaus mengatakan, ketiga saksi tersebut merupakan eks karyawan.“Jadwal jam 11.00 WIB di ruang penyidik unit PPA Satreskrim Polres Jakpus,” kata Firdaus kepada IDN Times, Senin (16/9/2024).

Baca Juga: Polisi Cari Keberadaan Bos Brandoville Studio

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya