BPOM: 30 dari 102 Daftar Obat Dikonsumsi Pasien Gagal Ginjal Akut Aman

Sebanyak 69 obat masih dalam proses pengujian

Jakarta, IDN Times - Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Penny Kusumastuti Lukito mengumumkan hasil uji pada 102 obat sirop yang diserahkan Kementerian Kesehatan.

"Dari 102 obat ada 23 produk yang (obat) yang aman, kemudian 7 produk sample yang sudah diuji dan dinyatakan aman sepanjang aturan pakai," ujar Penny dalam konferensi pers Minggu (23/10/2022) petang.

Penny mengatakan obat yang aman tersebut karena dalam pengujian tidak mengandung mengandung cemaran Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG).

"Sementara ada tiga produk yang telah dilakukan pengujian dan dinyatakan melebihi batas cemaran Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG). Dan 69 produk yang masih tahap pengujian," imbuh BPOM.

Sebelumnya Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, merilis 102 daftar obat yang dikonsumsi oleh pasien anak sebelum mereka mengalami gagal ginjal akut misterius.

Budi menerangkan, 102 obat tersebut merupakan hasil investigasi tim yang mendatangi rumah pasien gagal ginjal akut misterius.

Dari 241 pasien, pihaknya mendatangi 156 rumah dan menemukan 102 obat sirop yang diduga dikonsumsi para pasien sebelum mereka terkena penyakit tersebut.

"Obat-obatan yang kami temukan di kediaman pasien akan diserahkan ke BPOM untuk diuji kualitatif dan kuantitatif senyawa tersebut (Dietilen Glikol dan Etilen Glikol)," ucap Budi," kata Menkes dalam konferensi pers, Jumat (21/10/2022).

Baca Juga: BPOM: 3 dari 102 Daftar Obat Sirop yang Dirilis Kemenkes Berbahaya

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya