Belasan Pekerja CNN Indonesia Kena PHK Usai Bentuk Serikat Pekerja

Serikat pekerja wadah penolakan pemotongan upah sepihak

Intinya Sih...

  • 14 pekerja media CNN Indonesia di-PHK setelah membentuk Solidaritas Pekerja CNN Indonesia (SPCI).
  • Manajemen menggunakan cara inkonstitusional dan arogan dengan memutuskan akses pekerjaan tanpa proses perselisihan.
  • SPCI menolak pemotongan upah sepihak selama tiga bulan terakhir dan telah terdaftar sebagai serikat pekerja resmi.

Jakarta, IDN Times - Sebanyak 14 pekerja media CNN Indonesia mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) oleh Manajemen CNN Indonesia. PHK sepihak ini dilakukan usai para pekerja membentuk Solidaritas Pekerja CNN Indonesia (SPCI) pada Selasa, 27 Agustus 2024.

Ketua Umum SPCI Taufiqurrohman, mengatakan pemberitahuan PHK melalui email dan ditandatangani Head of Human Capital Development (HRD), Yenita Achyar dikirim saat SPCI menggelar diskusi dan launching serikat pekerja ini di Jakarta pada 31 Agustus 2024.

"Hingga tanggal 31 Agustus 2024, 14 dari 15 anggota SPCI menerima surat PHK via email. Adapun 14 orang itu yang tercatat nama-namanya dalam lembaran kuasa hukum dan diserahkan ke HRD pada saat mengundang Bipartit," ujar Taufiqurrohman saat dihubungi IDN Times, Minggu (1/9/2024).

 

1. Akses pekerjaan langsung diputus

Belasan Pekerja CNN Indonesia Kena PHK Usai Bentuk Serikat Pekerjailustrasi PHK (IDN Times/Aditya Pratama)

Taufiqurrohman menilai manajemen CNN Indonesia menggunakan cara-cara yang inkonstitusional, arogan dan sewenang-wenang dengan langsung memutuskan akses pekerjaan.

"Tak menunggu waktu lama, per 31 Agustus 2024, akses pekerjaan kami diputus. Misalnya email, dikeluarkan dari WA group dan kami dilarang masuk kerja. Padahal, masalah ini masih dalam proses perselisihan," katanya.

Baca Juga: Orang Terkaya Asia PHK 42 Ribu Karyawan

2. Terdapat pemotongan gaji selama tiga bulan

Belasan Pekerja CNN Indonesia Kena PHK Usai Bentuk Serikat Pekerjailustrasi uang rupiah (pexels.com/Robert Lens)

Taufiqurrohman menilai PHK sepihak ini tidak tiba-tiba saja terjadi. Sebab, saat ini sedang berselisih dengan manajemen CNN Indonesia perihal pemotongan upah sepihak selama tiga bulan terakhir, mulai Juni, Juli sampai Agustus. 

"Kami menolak pemotongan upah sepihak ini. Kami melaporkan ini sebagai perselisihan ke Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi DKI Jakarta pada tanggal 23 Agustus 2024. Pemotongan upah bahkan dilakukan secara ilegal karena tanpa Surat Keputusan yang sah," katanya.

Baca Juga: IDC 2024 Diskusikan Strategi Media Digital Dongkrak Pendapatan

3. Serikat sebagai wadah pekerja

Belasan Pekerja CNN Indonesia Kena PHK Usai Bentuk Serikat Pekerja(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Dia menegaskan SPCI adalah serikat pekerja yang resmi tercatat di Suku Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi Jakarta Selatan pada 27 Agustus 2024.

"Serikat pekerja ini dideklarasikan pada 27 Juli 2024. Didirikan sebagai wadah perjuangan penolakan terhadap pemotongan upah sepihak. Dalam proses pendirian serikat pekerja ini, juga tidak lepas dari intimidasi yang dialami sejumlah deklaratornya," ujarnya.

IDN Times sudah menghubungi Pemred CNN Indonesia Titin Rosmasari. Namun Titin menolak pernyataannya dikutip. 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya