Anies Baswedan Bongkar Alasan Cerai dengan Demokrat

SBY ngotot ingin segera deklarasikan Capres dan Cawapres

Jakarta, IDN Times - Bakal Calon Presiden, Anies Baswedan, akhirnya menanggapi tudingan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yang menilainya tidak memiliki komitmen. Anies menyatakan, yang terjadi sekarang sudah diatur oleh Allah.

Anies tak mau menanggapi secara detail pidato SBY. Dia menaruh hormat kepada SBY dan menganggapnya sebagai panutan. Tapi, Anies merasa harus menyampaikan fakta yang membuatnya berpasangan dengan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sebagai Bacawapres.

"Saya tidak mau menanggapi detail. Saya sangat hormat kepada pak SBY, beliau adalah panutan, Presiden yang mengabdi selama 10 tahun. Dalam hal ini, ada beberapa fakta terpaksa saya sampaikan, bahwa ini disebutkan suratan, takdir Allah Maha Mengatur ," ujar Anies kepada Mata Najwa, Senin (4/9/2023).

1. Sudah sampaikan mau gandeng AHY ke Surya Paloh

Anies Baswedan Bongkar Alasan Cerai dengan DemokratKetua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mendatangi kantor IDN Media HQ pada Kamis (17/6/2021). (IDN Times/Reynaldy Wiranata)

Anies mengaku sudah menyampaikan niatnya menggandeng Agus Harimurti Yudhoyono sebagai partnernya di Pilpres 2024 kepada Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, PKS, dan Demokrat, pada Juni 2023 lalu. Saat itu, menurut Anies, hanya AHY yang memungkinkan buat digandengnya.

"Saya sampaikan pada Pak Surya Paloh. Dan, Pak Surya Paloh tidak menolak. Tetapi, beliau mengatakan itu opsi yang kita lakukan pencalonan di ujung, bukan sekarang," ujarnya.

Baca Juga: Jubir Sebut Anies Pemimpin Pemersatu Umat Sesuai Kriteria Menag Yaqut

2. NasDem tidak bersedia deklarasi secepatnya

Anies Baswedan Bongkar Alasan Cerai dengan DemokratKetua Umum Nasdem Surya Paloh dan Presiden PKS Ahmad Syaikhu di Nasdem Tower, Jakarta, Rabu (22/6/2022). (IDN Times/Melani Putri)

Sepulang dari melaksanakan ibadah haji, lanjut Anies, pihak Demokrat berharap segera dilakukan deklarasi dan disepakati. Sementara, sikap NasDem berbeda karena tidak bersedia deklarasi secepatnya.

"Nama itu tidak ditolak. Tetap tidak dideklarasikan sekarang, dicoba dicari jembatan, sampai akhirnya tidak ketemu," ungkap Anies.

Baca Juga: NasDem Sebut Anies-AHY Ibarat Gagal Nikah, Akad Belum Diucapkan

3. Pertemuan Tim 8 memanas sampai gebrak meja

Anies Baswedan Bongkar Alasan Cerai dengan DemokratAnies Baswedan tiba di Hotel Majapahit Surabaya, Sabtu(2/92023). (IDN Times/Khusnul Hasana).

Pada 27 hingga 29 Agustus 2023, dijelaskan Anies, sempat terjadi diskusi intensif di internal Tim 8. Lalu, pada 28 Agustus 2023, sempat terjadi perdebatan karena pandangan yang berbeda.

Saat itu, Anies sempat mengirim pesan tertulis kepada Sudirman Said, sejak Minggu sudah terjadi perbedaan, dan puncaknya terjadi di Selasa sore.

"Saya katakan pada pak SBY, Nasdem tidak bersedia mendeklarasikan segera. Pada SP disampaikan apa adanya, Demokrat bersiap permisi bila tidak deklarasi. Segera, semoga Allah memberikan petunjuk pada kita semua, ini saya kirim," ujar Anies.

"Selasa malamnya, ada pertemuan yang mereka tidak tahu ada perbedaan. Di situ, Tim 8 utusan Demokrat dan PKB terjadi perbedaan yang sangat keras, bahkan sampai gebrak meja. Keras sekali, karena ada pernyataan yang kurang tepat," lanjutnya.

4. SBY ngotot ingin segera deklarasi

Anies Baswedan Bongkar Alasan Cerai dengan DemokratPresiden ke-6 Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono. (IDN Times/Melani Hermalia Putri)

Dalam pertemuan itu, Anies menyatakan, Demokrat masih ingin Capres dan Cawapres dideklarasikan secepatnya. Namun, NasDem masih mengeksplorasi opsi lain.

Kembali, Anies menegaskan Surya Paloh tak menolak AHY. Hanya saja, menurut Anies, Surya Paloh masih menunggu waktu yang tepat.

"NasDem mengungkapkan ditetapkan nanti sambil menunggu, siapa tahu ada opsi lain. Tapi, kalau ditanya opsinya apa juga gak bisa jawab. Kita tunggu saja, siapa tahu ada opsi. Kita gak tahu kenapa harus buru-buru," kata Anies.

5. SBY minta deklarasi sebelum 3 September 2023

Anies Baswedan Bongkar Alasan Cerai dengan DemokratBakal Calon Presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan menanggapi gugatan batas usia Cawapres di Mahkamah Konstitusi (MK). (IDN Times/Amir Faisol)

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut menyatakan SBY juga menetapkan batas waktu deklarasi. Menurutnya, SBY meminta sebelum 3 September 2023 sudah ada deklarasi. Hanya saja, Anies sebenarnya tak mau terucap deadline di 3 September tersebut.

"Selesai pertemuan dengan pak SBY, saya bilang semua jangan pernah keluar kata 'tiga'. Kalau disebut dan tidak terlaksana, kita tidak melindungi pak SBY. Sebab, pak SBY berikan deadline. Tapi, bila itu dilaksanakan, kita tidak melindungi harga diri yang lain, karena merasa dipaksakan. Tetapi, terpaksa saya sebut angka tiga ini karena disebutkan dalam konferensi pers seakan (tanggal) 3 ada deklarasi," katanya.

Baca Juga: Politisi Demokrat: Anies Baswedan Itu Mungkin Petugas Surya Paloh

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya