Akun Instagram AJI Indonesia Diretas Jadi Jual Gadget

AJI Indonesia alami serangan cyber sejak dua bulan terakhir

Jakarta, IDN Times - Akun media sosial (medsos) instagram milik Aliansi Jurnalis Independen (AJI) yaitu @aji.indonesia, mengalami peretasan. Pelaku peretasan mengunggah sejumlah iklan gadget di akun IG tersebut sejak pukul 11.00 WIB.

Ketua Umum AJI, Sasmito, membenarkan peretasan tersebut. Sasmito mengatakan, saat ini AJI Indonesia telah berupaya melakukan sejumlah langkah, termasuk berkomunikasi dengan pihak Meta untuk memulihkan akun tersebut.

"Iya benar (di-hacker). Sedang berusaha dipulihkan dan koordinasi dengan Meta," ujar Sasmito saat dikonfirmasi IDN Times, Selasa (5/9/2023).

Baca Juga: Polisi Tangkap Pelaku Pemerasan Modus Retas Akun IG

1. Peretas hapus seluruh stories

Akun Instagram AJI Indonesia Diretas Jadi Jual GadgetIlustrasi Hacker (IDN Times/Mardya Shakti)

Dalam keterangan tertulis, AJI Indonesia mengatakan, sampai saat ini akun tersebut masih dikuasai pihak lain dan terus mengunggah informasi penjualan HP.

"Selain itu, peretas juga menghapus seluruh stories yang ada di akun aji.indonesia, dan menggantinya dengan informasi penjualan HP," kata Sasmito.

2. Serangan digital sudah dialami AJI sejak dua bulan

Akun Instagram AJI Indonesia Diretas Jadi Jual GadgetIlustrasi Hacker (IDN Times/Mardya Shakti)

AJI Indonesia mengimbau warganet untuk mengabaikan konten yang beredar di Instagram AJI Indonesia,  agar tidak muncul kerugian ekonomi ataupun lainnya.

"AJI Indonesia juga sedang berupaya mengidentifikasi serangan ini berkaitan dengan kerja-kerja AJI atau tidak. Sebab, upaya serangan digital ke AJI terus bermunculan dalam dua bulan terakhir, salah satunya ke website resmi AJI," imbuhnya.

 

3. Tawarkan Iphone dan tutup kolom komentar

Akun Instagram AJI Indonesia Diretas Jadi Jual GadgetPostingan penjualan gadget di akun AJI INdonesia/Tangkapan Layar @ajiindonesia

Pantauan IDN Times, sampai pukul 15.58 WIB, akun instagram milik AJI sudah memposting lima status yang berisi penawaran IPhone dengan harga Rp7 juta. Dalam unggahan pertama, akun AJI menawarkan Iphone 14 Promax 256 GB hanya tiga buah.

"(SPECIAL HARI ULANG TAHUN KAMI). CUMAN 3 UNIT SAJA,JADI AYO BURUAN JANGAN SAMPAI KELEWATAN NEBUS MURAH INI. Harga : 7.000.000," tulis postingan tersebut.

Akun AJI yang diretas juga menutup semua kolom komentar dalam unggahan tersebut.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya