Terjebak di Kebakaran Rumah, Seekor Anjing Berhasil Diselamatkan

Dua orang terluka dan satu unit minibus hangus terbakar

Depok, IDNTimes - Sebuah rumah di Jalan Nangka, Kelurahan/Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat, terbakar. Diketahui, rumah tersebut milik Kong Jin yang  menyebabkan dua orang luka dan satu mobil terbakar. Dalam kebakaran ini, seekor anjing juga berhasil diselamatkan.

Kabid Pengendalian Operasional Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok, Welman Naipospos, mengatakan kebakaran ini langsung dilaporkan warga ke Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok.

"Mendapatkan informasi kebakaran kami secepat mungkin mendatangi lokasi kebakaran," ujar Welman, Depok, Jumat (11/2/2022). 

1. Api diketahui berasal dari bagian atas rumah

Terjebak di Kebakaran Rumah, Seekor Anjing Berhasil DiselamatkanPetugas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok, berusaha memadamkan rumah warga yang terbakar. (Istimewa)

Welman mengungkapkan, delapan mobil pemadam dikerahkan untuk memadamkan api di rumah dua lantai ini.

"Kami turunkan delapan mobil pompa untuk menutup pergerakan api, supaya tidak menyamber ke rumah lainnya, karena berada di lingkungan padat," ungkap dia.

Welam menjelaskan, api membakar semua ruangan rumah tersebut, karena angin cukup kencang. Untuk memadamkan api, pihaknya harus bekerja ekstra mencegah api menyambar permukiman warga di sekitarnya.

"Kami berupaya keras untuk memadamkan api jangan sampai warga di sekitar rumahnya ikut terbakar," ujar dia.

2. Seekor anjing diselamatkan dari kobaran api dan reruntuhan bangunan

Terjebak di Kebakaran Rumah, Seekor Anjing Berhasil DiselamatkanPetugas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok, menyelamatkan seekor anjing yang terjebak pada peristiwa kebakaran. (Istimewa). (Istimewa)

Welman menuturkan, api diduga berasal dari korsleting. Akibat kebakaran ini, dua orang terluka dan sebuah mobil Honda HR-V terbakar.

"Terdapat dua orang korban mengalami luka pada bagian kaki dan tangan, telah dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan pengobatan," tutur dia.

Dalam insiden ini, petugas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok juga berhasil menyelamatkan seekor anjing, yang terjebak di ruangan pada saat kebakaran.

"Anjing yang diselamatkan berada pada lokasi kebakaran dan reruntuhan, sudah berhasil dievakuasi dan diberikan kepada pemiliknya," ucap Welman. 

3. Kerugian akibat kebakaran ini ditaksir mencapai Rp750 juta

Terjebak di Kebakaran Rumah, Seekor Anjing Berhasil DiselamatkanSejumlah barang milik warga di evakuasi Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok pada peristiwa kebakaran. (Istimewa)

Welman mengatakan, selain memadamkan kobaran api, petugas pemadam juga berusaha mengevakuasi warga lainnya yang berdekatan dengan rumah yang terbvakar. Petugas juga berusaha mengeluarkan sejumlah barang milik warga untuk mengantisipasi kebakaran merembet ke rumah lainnya.

"Rumah yang kebakar hanya satu, namun terdapat sekitar lima rumah warga yang terdampak, dan sebagian ada yang terkena asap dan hampir ikut terbakar," kata dia.

Welman menambahkan, petugas pemadam membutuhkan waktu sekitar dua jam untuk menjinakkan si jago merah.

Welman menyebut kerugian akibat kebakaran ini ditaksir mencapai Rp750 juta. "Dugaan kami sekitar Rp750 juta, apabila melihat dari sejumlah barang dan mobil milik korban yang rusak," tutup dia.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya