Mudik, Warga Depok Bisa Titipkan Barang Berharga di Polsek

Polres Metro Depok ingatkan warga soal keamanan rumah

Depok, IDN Times - Polres Metro Depok akan membantu menjaga kondusifitas Kota Depok selama Hari Raya Idul Fitri, dengan menggelar Operasi Ketupat 2024. Pada operasi tersebut, Polres Metro Depok akan memaksimalkan peningkatan keamanan mencegah pencurian rumah kosong.

Kapolres Metro Depok, Kombes Arya Perdana, mengatakan pihaknya telah bersiap mengelar Operasi Ketupat 2024 untuk menjaga keamanan Kota Depok. Operasi tersebut akan melibatkan unsur Forkopimda dari Kodim 0508 Depok dan Pemerintah Kota Depok.

"Operasi tahun ini tidak berbeda dari tahun lalu dan untuk anggota yang disiagakan mencapai 575 anggota," ujar Arya, Rabu (3/4/2024).

Baca Juga: Pasutri Polisi di Depok Aniaya Ketua LPM Gegara Masalah Properti

1. Polsek membuka penitipan kendaraan dan barang berharga

Mudik, Warga Depok Bisa Titipkan Barang Berharga di PolsekMudik Lebaran 2024 (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Polres Metro Depok juga membantu masyarakat menitipkan kendaraannya maupun barang berharga yang ditinggalkan pemudik. Pemudik dapat menitipkan kendaraan maupun barang berharga di setiap Polsek di wilayah Polres Metro Depok.

"Polsek harus melakukan pengawasan secara maksimal, jangan sampai pengawasannya kontra produktif," jelas Arya. 

Arya mengatakan, Polres Metro Depok mengimbau masyarakat yang mudik meningkatkan keamanan rumah yang ditinggalkan mudik. Peningkatan dapat dilakukan dengan pemasangan CCTV di setiap sudut rumah dan menambah kunci pengamanan.

"Pemudik dapat memberikan laporan kepada pengurus lingkungan dan tetangga sekitar, sehingga dapat membantu memberikan pengawasan," ungkap dia.

2. Aparat keamanan saling bertukar informasi dengan pengurus lingkungan

Mudik, Warga Depok Bisa Titipkan Barang Berharga di PolsekKapolres Metro Depok, Kombes Arya Perdana saat memaparkan persiapan Operasi Ketupat 2024 di Polres Metro Depok. (Humas Polres Metro Depok)

Arya menuturkan, guna menjaga kondusifitas wilayah Kota Depok, Polres Metro Depok akan melibatkan TNI dan Satpol PP. Nantinya aparat gabungan akan bekerja sama dengan pengurus lingkungan untuk saling memberikan informasi keamanan.

"Kita akan bersama menjaga kondusifitas keamanan wilayah Kota Depok," tutur dia.

Polres Metro Depok akan menempatkan pos keamanan dan pos pelayanan masyarakat di sejumlah titik yang telah ditentukan. Anggota kepolisian, TNI, dan Satpol PP akan berpatroli secara bergantian, untuk mencegah terjadinya tindak pidana kriminalitas.

"Kita akan mengamankan sejumlah kegiatan menjelang maupun sesudah Hari Raya Idul Fitri," kata Arya.

Baca Juga: Terminal Jatijajar Depok Mulai Ramai Pemudik, Harga Tiket Naik

3. Pastikan kendaraan pemudik dalam kondisi aman dan pengendara harus sehat

Mudik, Warga Depok Bisa Titipkan Barang Berharga di PolsekDirektorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberangkatkan kereta api angkutan Motor Gratis (Motis) Mudik 2024. (dok. DJKA)

Polres Metro Depok telah memetakan sejumlah titik rawan keamanan dan kemacetan lalu lintas selama libur Hari Raya Idul Fitri maupun arus mudik di Kota Depok. Pada titik yang telah dipetakan, akan ditempatkan aparat kemanan untuk bersiaga di lokasi tersebut.

"Titik rawan macet sudah kita petakan, lalu kita sudah lihat posisi-posisi rawannya," terang Arya.

Dia mengingatkan, masyarakat yang ingin melaksanakan perjalanan mudik dapat mempersiapkan kendaraannya, sehingga tidak terjadi kecelakaan lalu lintas. Selain itu, kesehatan pemudik dapat diperhatikan, sehingga saat mudik dalam kondisi sehat dan prima.

"Safety kendaraan harus dipersiapkan sebaik mungkin dan kesehatan pemudik harus di jaga," tutup Arya.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya