Layani Masyarakat, Baharkam Polri akan Bangun Shelter Patroli

Tidak Ada Lagi Mobil Patroli Parkir di Polsek

Depok, IDN Times - Baharkam Polri akan memperkuat sistem dan membangun shelter patroli untuk melayani masyarakat.

Hal itu disampaikan Kabaharkam Polri, Komjen Pol Mohammad Fadil Imran, usai mengikuti upacara HUT Korps Samapta Bhayangkara Polri ke-72, di Korps Sabhara Baharkam Polri, Cimanggis, Depok, Kamis (14/3/2024).

Fadil Imran mengatakan, pihaknya akan menjadikan peringatan hari lahir Sabhara sebagai momentum mengembalikan Sabhara Perintis. Pada awal pembentukannya, Sabhara Perintis menjadi sosok yang sangat dekat dalam memberikan perlindungan, pertolongan, pelayanan kepada masyarakat, khususnya pelaksanaan patroli.

“Perayaan Korps Sabhara ini lebih ditekankan makna kehadiran Sabhara dalam bentuk patroli, baik patroli roda dua, roda empat, patroli bersepeda, dan patroli jalan kaki,” ujar Fadil.

Baca Juga: Sabhara Bakal Bantu Pengamanan Penetapan Pemilu dan Mudik Lebaran 

1. Makassar jadi wilayah percontohan manajemen patroli

Layani Masyarakat, Baharkam Polri akan Bangun Shelter PatroliKabaharkam Polri, Komjen Mohammad Fadil Imran memberikan keterangan usai mengikuti peringatan HUT Korps Samapta Bhayangkara Polri ke-72. (IDNTimes/Dicky)

Dia menuturkan, Korps Sabhara telah memiliki markas tersendiri yang terletak di Cimanggis, Depok. Lokasi itu akan dijadikan sebagai titik awal menghidupkan kembali, memperkuat, memodernisasi, dan mendigitalisasi patroli. Hal ini telah dilakukan di Makassar sebagai wilayah percontohan.

“Ke depan, tidak ada lagi patroli yang parkir di Polsek,” tutur Fadil.

Baharkam Polri berencana akan membangun shelter patroli sehingga tidak akan ada lagi kendaraan patroli terparkir di Polsek. Patroli itu berawal dari shelter dan kembali ke pool patroli.

“Kami akan membuat shelter patroli, semua mobil patroli itu berangkat patroli dan kembali patroli dari semua pool patroli,” tegas Fadil.

Baca Juga: Operasi Keselamatan Jaya, Ratusan Kendaraan Kena Tilang ETLE di Depok

2. Patroli akan diperkuat dengan polisi satwa

Layani Masyarakat, Baharkam Polri akan Bangun Shelter PatroliKabaharkam Polri, Komjen Mohammad Fadil Imran mengecek kesiapan anggota polisi satwa di Korps Sabhara Baharkam Polri, Cimanggis, Depok. (IDNTimes/Dicky)

Sebagai penguatan rencana shelter patroli itu, Baharkam Polri juga akan membangun manejemen patroli dengan baik. Guna mendukung penguatan patroli, pihaknya juga akan menambah perlengkapan dan optimalisasi kontrol di lapangan.

"Sabhara turut memiliki fungsi pengamanan objek vital, ini pun tidak kalah penting,” ujar Fadil.

Pihaknya juga akan menghadirkan polisi satwa untuk berpatroli. Polisi satwa pada umumnya hanya diketahui untuk membantu melacak sebuah tindak pidana.

“Polisi satwa kami hadirkan setiap malam melaksanakan patroli bersama unit patroli roda dua dan roda empat,” terang Fadil.

Baca Juga: Perang Sarung di Bulan Puasa, 12 Remaja di Cimahi Ditangkap Polisi

3. Sabhara penanganan SAR masih terbatas

Layani Masyarakat, Baharkam Polri akan Bangun Shelter PatroliSejumlah pasukan saat mengikuti HUT Korps Samapta Bhayangkara Polri ke-72 digelar di Korps Sabhara Baharkam Polri, Cimanggis, Depok. (IDNTimes/Dicky)

Selain polisi satwa yang membawa anjing, terdapat pula anggota polisi yang menggunakan kuda. Nantinya polisi tersebut akan dihadirkan pada kegiatan tertentu atau kegiatan masyarakat lainnya.

"Contohnya seperti kegiatan car free day, polisi berkuda ada di sana," kata Fadil.

Baharkam Polri turut membekali Sabhara untuk memiliki fungsi SAR atau sebagai anggota bantuan penanganan bencana. Sabhara penanganan SAR akan diperkuat dalam fungsi dan manajemennya.

"Sabhara yang mengemban fungsi SAR terbatas akan terus kita kuatkan karena Indonesia adalah negara yang memiliki karakteristik kebencanaan yang cukup tinggi," ucap Fadil.

Baca Juga: Menpan RB: Jabatan Sipil yang Bisa Diisi TNI/Polri Masih Terbatas

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya