Dihantam Angin Kencang, Atap Ruangan RS Bunda Margonda Roboh

12 Pasien PICU NICU di Evakuasi

Depok, IDN Times - Hujan deras dan angin kencang yang melanda Jabodetabek sepanjang Rabu sore hingga malam (17/4/2024), membuat atap Rumah Sakit Bunda, Depok, roboh. Beruntung, tak ada korban jiwa maupun luka atas insiden ini.

Kapolres Metro Depok, Kombes Arya Perdana membenarkan atap salah satu ruangan di RS Bunda Margonda roboh. Arya telah melakukan pengecekan langsung di ruangan yang atapnya roboh di rumah sakit tersebut.

"Saya sudah mendatangi TKP. Alhamdulillah gak ada yang meninggal dan luka," ujar Arya, Rabu (17/4/2024).

1. Ruangan sempat mengalami getaran

Dihantam Angin Kencang, Atap Ruangan RS Bunda Margonda RobohKapolres Metro Depok, Kombes Arya Perdana saat melihat langsung atap ruangan roboh di RS Bunda Margonda, Depok. (Dokumen Polres Metro Depok)

Arya menuturkan, RS Bunda Margonda telah melakukan evakuasi kepada pasien sebelum atap di ruangan rumah sakit tersebut roboh. RS Bunda Margonda melakukan evakuasi saat ruangan yang roboh mengalami getaran, sehingga dengan sigap memindahkan pasien di ruangan yang aman.

"Jam 4 sore, saat atap bergetar karena angin, semua dipindah ke ruangan lain," jelas Arya.

Usai dilakukan evakuasi, atap di salah satu ruangan rumah sakit Bunda Margonda rusak dan bagian atas atap terbang terbawa angin. Saat atap rumah sakit terbawa angin, bagian atap tersebut jatuh ke area parkiran rumah sakit.

"Atap atasnya jatuh di parkiran, gak ada orang juga di sana karena hujan, gak ada kendaraan yang tertimpa. Jadi Alhamdulillah aman," ujar Arya.

Baca Juga: Hujan Deras dan Angin Kencang Terjang Kota Depok 

2. Ruangan mengalami kebocoran dan kerusakan

Dihantam Angin Kencang, Atap Ruangan RS Bunda Margonda RobohKapolres Metro Depok, Kombes Arya Perdana saat melihat langsung atap ruangan roboh di RS Bunda Margonda, Depok. (Dokumen Polres Metro Depok)

Sementara, Corporate Secretary PT Bundamedik Tbk, Josephine Tobing, melalui keterangan tertulis mengatakan, peristiwa hujan badai dengan intensitas tinggi disertai angin kencang yang terjadi di Jakarta, Bekasi, Depok dan sekitarnya pada Rabu (17/4/2024) sekitar pukul 16.00 WIB memberikan dampak besar terhadap salah satu ruangan di RSU Bunda Margonda, Depok mengalami kebocoran dan kerusakan.

"Kerusakan terjadi pada bagian salah satu sisi atapnya," ujar Josephine Tobing.

Rumah Sakit Bunda Group atau BMHS telah melibatkan segenap para pemangku kepentingan dalam penanganan kejadian tersebut. RS Bunda Margonda memastikan tidak ada korban dalam kejadian tersebut.

"Dengan sigap dan tanggap, tim operasional Rumah Sakit telah melakukan langkah-langkah mitigasi yang diperlukan," tutur Josephine Tobing.

3. Delapan balita pindah ruangan

Dihantam Angin Kencang, Atap Ruangan RS Bunda Margonda RobohTampak depan RS Bunda Margonda yang berada di Jalan Raya Margonda, Depok. (IDNTimes/Dicky)

Berdasarkan data yang dihimpun IDN Times, terdapat 12 pasien telah dievakuasi ke ruangan aman untuk penanganan kesehatan. Dari 12 pasien tersebut ada delapan balita yang membutuhkan penanganan di ruangan NICU PICU.

Sebanyak tujuh balita pasien dari ruangan NICU PICU dipindahkan ke ruangan RR OK, satu pasien PICU berusia empat tahun dipindah dari PICU ke VIP. Tiga pasien HCU berusia 51, 71, dan 81 dipindah dari HCU ke VIP. Terakhir, pasien HCU berusia 34 tahun dipindah ke kamar perawatan.

Baca Juga: Belasan Rumah di Lotim Rusak Akibat Hujan Deras dan Angin Kencang

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya