7 Tahun Berdiri, Tim Jaguar Polres Metro Depok Bakal Dibubarkan

Polda Metro Jaya berencana bubarkan satuan tim khusus

Depok, IDN Times - Polda Metro Jaya berencana membubarkan satuan tim khusus di tiap Polres, salah satunya tim Jaguar dari Polres Metro Depok.

Kepala Tim Jaguar Polres Metro Depok, Iptu Winam Agus, mengatakan pembubaran tim Jaguar tidak menjadi persoalan. Menurutnya, perintah pimpinan harus dilaksanakan dan dipatuhi, sehingga tim Jaguar siap dibubarkan.

"Kami siap dibubarkan, perintah pimpinan harus dilaksanakan, Satya Haprabu," ujar Winam, Depok, Minggu (31/10/2021).

Baca Juga: Tim Jaguar Kota Depok Disangka Perampok Gegara Penipuan di HP

1. Tidak dipermasalahkan anggota

7 Tahun Berdiri, Tim Jaguar Polres Metro Depok Bakal DibubarkanKatim Jaguar Polres Metro Depok, Iptu Winam Agus. (IDNTimes/Dicky)

Winam menjelaskan, tim Jaguar Polres Metro Depok sudah terbentuk sejak tujuh tahun lalu. Bahkan, wacana pembubaran tim Jaguar tidak menjadi permasalahan dan anggotanya siap menjalankan tugas di mana pun.

"Anggota kami siap dengan kebijakan pimpinan, pas tujuh tahun bulan ini tim Jaguar terbentuk. Masih banyak tugas yang bisa kita lakukan," kata dia.

Tim Jaguar Polres Metro Depok terdiri dari 16 anggota yang sudah dilatih khusus untuk menjalankan tugas. Mereka terbagi menjadi tiga regu yang terdiri dari lima orang, dengan peralatan lengkap untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. 

"Sudah ada tiga generasi selama tim Jaguar terbentuk, namun ada beberapa anggota yang dari awal pembentukan sampai sekarang masih bertahan," terang Winam.

2. Tim Jaguar kedepankan persuasif

7 Tahun Berdiri, Tim Jaguar Polres Metro Depok Bakal Dibubarkan

Winam mengungkapkan, menjadi bagian tim Jaguar merupakan hobi dan panggilan jiwa karena tidak hanya sekadar profesi, namun untuk jalan mengabdi kepada negara, Polri, dan masyarakat. Tim Jaguar juga selalu berusaha merespon setiap laporan masyarakat dengan mengeyampingkan untung dan rugi dalam bertugas.

"Tidak perlu melihat untung rugi dalam bertugas, yang terpenting zero complain," kata dia.

Winam menjelaskan, walau pun memiliki peralatan lengkap dalam bertugas maupun mengantisipasi potensi terjadinya gangguan Kamtibmas, tim Jaguar selalu mengedepankan komunikasi yang baik kepada masyarakat. Tim Jaguar tidak hanya menyelesaikan permasalahan kriminal di jalan, namun ikut andil menyelesaikan masalah sosial.

"Tim kecil tapi punya kemampuan yang kuat dan tetap mengedepankan persuasif dalam bertugas," ucap dia.

3. Sempat diajak berkelahi

7 Tahun Berdiri, Tim Jaguar Polres Metro Depok Bakal DibubarkanPelajar diamankan Tim Jaguar Polrestro Depok saat melakukan tawuran di wilayah Kecamatan Cipayung, Kota Depok (Dok. Tim Jaguar Polrestro Depok)

Winam menuturkan, selama mempin tim Jaguar Polres Metro Depok, banyak suka dan duka yang dialami. Mulai dari penanganan keributan organisasi masyarakat (ormas), geng motor, hingga sejumlah permasalahan lainnya.

"Keributan antar ormas kami bisa atasi, karena kami kedepankan persuasif humanis, sedangkan geng motor harus kita amankan, karena mereka membahayakan dirinya maupun masyarakat karena selalu membawa senjata tajam," tutur dia.

Tidak hanya itu, lanjut Winam, tim Jaguar dalam menjalankan tugas pernah mendapatkan perlawanan dari oknum untuk berkelahi, namun tidak diladeni. Menurut dia, apabila hal tersebut dilawan akan menimbulkan permasalahan baru yang tidak mungkin membenarkan tindakan perlawanan tim Jaguar.

"Pernah juga suatu ketika mendatangi satu kelompok yang sedang pesta miras, kita cegah dan mirasnya kita sita, saat kita akan melanjutkan patroli kunci motor kita tidak ada semua, sedangkan kelompok tersebut sudah pergi bubar. Kami menduga kelompok itu lah yang buang kunci motor karena mungkin tidak terima dengan cara penanganan kita," ucap Winam.

Baca Juga: Lawan Tim Jaguar Saat Hendak Tawuran, Pelajar di Depok Diringkus

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya