Keponakan Prabowo Jadi Wamenkeu hingga Babak Baru Kasus Afif Maulana

Ada juga kasus pelecehan jurnalis di KRL

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo melantik Thomas Djiwandono sebagai Wakil Menteri Keuangan. Thomas merupakan keponakan presiden terpilih Prabowo Subianto.

Artikel pelantikan tiga wakil Menteri ini banyak dibaca pembaca IDN Times sepanjang Kamis (18/7/2024). Selain artikel ini, pembaca juga menyoroti isu jurnalis jadi korban pelecehan seksual I KRL hingga LPSK memberikan perlindungan buat keluarga Afif Maulana.

Berikut lima isu yang paling banyak disoroti pembaca IDN Times sepanjang Kamis:

Baca Juga: Jokowi Akan Lantik Ponakan dan Aspri Prabowo Jadi Wamenkeu-Wamentan

1. Keponakan Prabowo Jadi Wamenkeu

Keponakan Prabowo Jadi Wamenkeu hingga Babak Baru Kasus Afif MaulanaPelantikan tiga Wakil Menteri di Istana Negara, Jakarta, Kamis (18/7/2024) (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Presiden Jokowi melantik tiga wakil menteri di Istana Kepresiden, Jakarta, Kamis (17/7/2024). Salah satunya adalah keponakan presiden terpilih Prabowo Subianto, Thomas Djiwandono, yang dilantik sebagai Wakil Menteri Keuangan.

Selain Thomas, Presiden Jokowi juga melantik asisten pribadi Prabowo, Sudaryono, sebagai Wakil Menteri Pertanian. Presiden juga menunjuk Yuliot Tanjung sebagai Wakil Menteri Investasi.

Presiden Jokowi memimpin pembacaan sumpah jabatan ketiga wakil Menteri itu. Mereka mengikuti sumpah yang dibacakan Jokowi.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada UUD 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," ujar tiga wakil menteri.

Setelah pembacaan sumpah, ketiganya menandatangani berita acara pelantikan bersama Presiden Jokowi.

Thomas dan Sudaryono merupakan orang dekat presiden terpilih Prabowo Subianto. Thomas juga menjabat sebagai bendahara umum Partai Gerindra. Sementara Sudaryono adalah Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah.

Sedangkan Yuliot bukan orang baru di Kementerian Investasi. Yuliot sebelumnya menjabat sebagai Deputi Bidang Pengembangan Iklim Penanaman Modal Kementerian Investasi/BKPM.

Baca Juga: Unit PPA Polres Jaksel Tangani Kasus Pelecehan Seksual Jurnalis di KRL

2. Jurnalis Jadi Korban Pelecehan Seksual di KRL

Keponakan Prabowo Jadi Wamenkeu hingga Babak Baru Kasus Afif MaulanaIlustrasi pelecehan seksual (IDN Times)

Seorang jurnalis magang di sebuah media online menjadi korban pelecehan seksual saat menaiki kereta komuter rute Jakarta-Bogor, pada Selasa, 16 Juli 2024. Insiden itu terjadi pada pukul 20.15 WIB.

Saat kejadian, korban berinisial S, sedang dalam perjalanan pulang dari Stasiun Duren Kalibata menuju Stasiun Jakarta Kota. S sadar menjadi korban pelecehan seksual saat diberi tahu petugas KAI.

"Saya duduk sendiri bermain HP dan memasang earphone, saya tidak memperhatikan sekeliling. Ternyata saat kereta melaju dari Stasiun Manggarai menuju ke Cikini, seorang petugas KAI yang sudah selesai bertugas dan memakai jaket bangkit dan berdiri sambil bilang ke saya 'Mbak, itu divideoin mbak sama bapak ini,' sambil menunjuk ke seorang pria paruh baya," kata dia dalam keterangannya, dikutup Kamis (18/7/2024).

Pelaku yang dimaksud petugas KAI duduk di seberang S. Setelah memeriksa ponsel pelaku, ditemukan tujuh video rekaman S. Selain itu, terdapat ratusan video tak senonoh di ponsel pelaku.

"Setelah dicek, ternyata memang ada video saya. Bukan hanya satu video, melainkan ada 7 (tujuh) video dengan rentang durasi 3-7 menit," kata dia.

"Lebih menjijikkan lagi, di memori HP tersebut terdapat 300 lebih video porno," ujarnya.

Mendapati hal itu, S meminta bantuan petugas KAI untuk melapor ke polisi. Pelaku yang diamankan petugas di Stasiun Jakarta Kota lalu dibawa ke Polsek Taman Sari.

Namun, petugas di Polsek Taman Sari malah merujuk kasus ini ke Polsek Menteng dan Polsek Tebet. Alasan polisi adalah yurisdiksi.

"Saya sebagai korban datang lebih dulu untuk membuat laporan. Namun lagi-lagi, pihak Polsek Menteng menyatakan kasus ini tidak bisa ditangani karena memang lokasi kasus, jadi harus ke Polsek Tebet," katanya.

"Sesampainya di Polsek Tebet, saya dimintai keterangan terlebih dahulu oleh petugas piket. Saat dimintai keterangan, saya hanya sendirian, tidak diperkenankan mendapat pendampingan dari keluarga," kata dia.

Perjuangan S belum selesai. Di Polsek Tebet, S malah disarankan membawa kasus ini ke Polres Jakarta Selatan. S yang ditemani keluarga dan petugas KAI mengaku ditolak saat membuat pengaduan di Polres Jaksel.

Belakangan, Kepala Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (Kanit PPA) Bareskrim Polri, AKBP Ema Rahmawati mengatakan, pengaduan itu telah diterima Polres Jaksel.

“Pengaduan tersebut sudah diterima dan dikonsultasikan dengan Unit PPA Polres Jaksel dan sudah diberikan penjelasan oleh Petugas Unit PPA kepada pengadu,” kata AKBP Ema Rahmawati kepada IDN Times, Kamis (18/7/2024).

Baca Juga: LPSK Beri Perlindungan untuk Keluarga Afif Maulana

3. LPSK Beri Perlindungan kepada Keluarga Afif Maulana

Keponakan Prabowo Jadi Wamenkeu hingga Babak Baru Kasus Afif MaulanaKonferensi pers pengungkapan kasus tewasnya Afif Maulana (13) anak yang diduga disiksa oleh anggota Polda Sumatera Barat di kantor YLBHI, Jakarta, Selasa (2/7/2024) (IDN Times/Lia Hutasoit)

Kasus Afif Maulana, bocah berusia 13 tahun yang ditemukan tewas di bawah Jembatan Kuranji, Padang, beberapa waktu lalu, memasuki babak baru. Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) akhirnya memberikan perlindungan kepada lima anggota keluarga Afif Maulana.

Mereka adalah ayah, ibu, paman, kakek, dan nenek, dari Afif Maulana, bocah yang tewas diduga dianiaya polisi itu.

Program perlindungan yang diberikan berupa pemenuhan hak prosedural dalam bentuk pendampingan pada setiap proses peradilan pidana dan pemenuhan hak atas informasi.

Menurut Achmadi, permohonan perlindungan diajukan keluarga Afif Maulana melalui kuasa hukum mereka, Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Padang, pada 26 Juni 2024.

“Atas permohonan tersebut, LPSK kemudian melakukan investigasi dan penelaahan terhadap permohonan perlindungan yang diajukan oleh LBH Padang, dan melakukan penjangkauan yang lebih luas terhadap saksi dan korban lainnya yang terkait,” kata Achmadi.

“Dalam penjangkauan tersebut LPSK melakukan wawancara dan pendalaman terhadap 28 orang saksi dan korban, di antaranya keluarga korban,” imbuhnya.

Baca Juga: Elektabilitas Anjlok di Jakarta, Begini Kata Kaesang

4. Kaesang Tanggapi Elektabilitas Jeblok di Jakarta

Keponakan Prabowo Jadi Wamenkeu hingga Babak Baru Kasus Afif MaulanaKetua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep. (www.instagram.com/@kaesangp)

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep angkat bicara terkait elektabilitasnya yang jeblok di Jakarta. Putra bungsu Presiden Joko "Jokowi" Widodo itu bakal menjadikan hasil survei sebagai evaluasi.

"Kami berterima kasih karena saya bisa melihat, oh ternyata angka saya ada di situ," kata dia di Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PSI, Jakarta Pusat, Kamis (18/7/2024).

"Jadi itu akan menjadi bahan evaluasi buat tim kami, karena kan (survei) di Jateng kami tinggi, tapi di sini kami agak sedikit lebih rendah, bukan sedikit tapi sangat rendah, jadi ini nanti kami akan melakukan evaluasi, antara tim Jakarta dan Jateng," sambungnya.

Terpisah, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PSI DKI Jakarta Elva Farhi Qolbina menjelaskan, pencalonan Kaesang di Pilkada Jakarta masih dinamis. Selama belum ada keputusan final, segala kemungkinan masih bisa terjadi.

"Terkait dengan pencalonan Mas Kaesang di Pilkada Jakarta, kami ingin menyampaikan bahwa situasi ini masih bersifat dinamis dan belum ada keputusan final," kata dia kepada IDN Times, Rabu.

Baca Juga: Joe Biden Positif COVID-19, Alami Gejala Pilek

5. Joe Biden Positif Covid-19

Keponakan Prabowo Jadi Wamenkeu hingga Babak Baru Kasus Afif MaulanaPresiden Amerika Serikat, Joe Biden. (twitter.com/@POTUS)

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dinyatakan positif COVID-19 saat dalam perjalanan ke Las Vegas pada Rabu, 17 Juli 2024. Biden mengalami gejala ringan.

"Presiden telah divaksinasi dan saat ini mengalami gejala ringan," kata Sekretaris Pers Gedung Putih, Karine Jean-Pierre, dikutip Straits Times, Kamis (18/7/2024).

Jean-Pierre menyebut, Joe Biden hanya mengalami gejala pilek dan batuk. Biden juga diberi resep dan meminum dosis pertama obat antivirus Paxlovid dari Pfizer.

"Suhu badannya normal, laju pernapasan juga normal," kata Jean-Pierre.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya