KTP Keluarga Anies Ikut Dicatut Dukung Cagub Independen di Pilkada DKI

KTP Anies aman

Jakarta, IDN Times - Keluarga mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, turut menjadi korban pencatutan nama dan KTP untuk mendukung bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta dari jalur independen.

Melalui cuitannya Anies mengaku tidak mengalami pencatutan seperti kebanyakan warga DKI, tetapi beberapa keluarga dan timnya dicatut telah mendukung pasangan tersebut.

"Alhamdulillah, KTP saya aman. Tapi KTP dua anak, adik, juga sebagian tim yang bekerja bersama ikut dicatut masuk daftar pendukung calon independen," tulis dia di akun X, Jumat (16/8/2024).

Baca Juga: Profil Dharma Pongrekun, Cagub Jakarta Jalur Independen

1. Banyak KTP warga DKI dicatut tanpa sepengetahuan mereka

KTP Keluarga Anies Ikut Dicatut Dukung Cagub Independen di Pilkada DKICuitan Anies Baswedan tentang pencatutan KTP. (Dok. Istimewa)

Warga Jakarta di X beramai-ramai mengeluhkan keberatan setelah mengetahui data KTP mereka dicatut untuk mendukung pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta dari jalur independen. Sejauh ini, calon dari jalur independen di DKI hanya Dharma Pongrekun dan Kun Wardana. 

Hal tersebut bermula dari sebuah cuitan yang meminta warga Jakarta mengecek KTP-nya di laman https://infopemilu.kpu.go.id/Pemilihan/cek_pendukung, menyusul lolosnya Dharma-Kun sebagai bakal cagub dan cawagub DKI Jakarta jalur perseorangan atau independen.

Banyak warga yang mengecek nomor KTP mereka. Hasilnya, mereka terdaftar sebagai pendukung pasangan calon jalur independen. Padahal mereka tidak merasa memberikan dukungan.

Baca Juga: KPU: Dharma Pongrekun-Kun Wardana Lolos Jalur Independen Pilkada DKI

2. Tidak tahu nama dan nomor KTP dicatut

KTP Keluarga Anies Ikut Dicatut Dukung Cagub Independen di Pilkada DKITampilan data warga di website yang mencatut dukungan untuk pasangan Dharma-Kun. (Dok. Istimewa)

Hans (35), warga Jakarta Pusat, mencoba mengecek nama dan nomor KTP-nya setelah melihat cuitan viral tersebut.

Ia kaget melihat namanya tercatut sebagai pendukung Dharma-Kun, padahal dia tidak pernah merasa mendukung.

"Tadi baca-baca di Twitter, ada ajakan coba cek KTP kalian masuk gak di list dukungan calon independen Pilkada Jakarta. Ternyata beneran masuk!" kata dia kepada IDN Times, Jumat (16/8/2024).

Padahal, kata dia, dirinya sama sekali tidak pernah memberikan dukungan atau memberikan data-data KTP kepada orang lain.

Terlebih, dia juga tidak mengetahui sosok Dharma-Kun yang menjadi calon independen tersebut.

Baca Juga: Isu Calon Independen Cuma Boneka di Pilkada DKI, Dharma: Gak Apa-Apa

3. NIK dan nama tidak sesuai

KTP Keluarga Anies Ikut Dicatut Dukung Cagub Independen di Pilkada DKIIlustrasi KTP dan NPWP (IDN Times/Paulus Risang)

Hans juga mengeluhkan NIK KTP-nya dicatut, tetapi nama yang keluar bukan namanya.

"Nomor KTP-nya valid, tempat tanggal lahirnya valid, tapi namanya lain. Namanya jadi orang lain," ujar dia.

Hans pun kebingungan NIK-nya terdaftar tanpa izin dan lebih parah lagi bukan atas Namanya. Ia pun akan melaporkan hal ini kepada RT dan RW tempat tinggalnya.

Diketahui, bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur jalur independen, Dharma Pongrekun-Kun Wardana Abyoto, dinyatakan memenuhi syarat untuk maju di Pilkada DKI Jakarta 2024.

Kepastian duet Dharma-Kun tersebut sesuai hasil rapat pleno verifikasi faktual yang digelar KPU DKI Jakarta pada Kamis (15/8/2024).

"Pak Dharma Pongrekun dan Kun Wardana memenuhi syarat sebagai bakal calon pasangan calon gubernur dan wakil gubernur untuk 27 November mendatang," kata Ketua KPU DKI Jakarta, Wahyu Dinata di Kantor KPU DKI Jakarta, Kamis.

Ketua Divisi Teknis Pemilu KPU DKI Jakarta, Dody Wijaya memastikan, berkas dukungan Dharma-Kun memenuhi syarat minimal dukungan. Keduanya berhasil menghimpun 677.468 dukungan.

Jumlah tersebut melebihi syarat minimal maju jalur independen di Pilkada DKI Jakarta, yakni 618.968 dukungan, yang minimal tersebar di empat wilayah kabupaten dan kota di Jakarta.

Baca Juga: Data Warga DKI Dicatut Dukung Dharma Pongrekun-Kun Wardana di Pilkada

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya