86 Layanan PDNS Pulih hingga Kaesang Usul Ridwan Kamil Maju Pilgub DKI

NasDem juga resmi mendukung Riza Patria-Marshel

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Hadi Tjahjanto, mengatakan, ada 86 layanan yang telah pulih usai Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 bocor. Jumlah tersebut berasal dari 16 tenant, salah satunya adalah situs milik Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek).

Selain informasi dan perkembangan tentang PDNS 2, sepanjang Sabtu (13/7/2024), beberapa isu yang mendapat perhatian pembaca IDN Times adalah soal usulan Kaesang Pangarep supaya Ridwan Kamil maju pada Pilkada DKI Jakarta hingga India menjadi negara dengan penduduk terpadat tahun 2024. Seluruhnya dirangkum dalam #IndonesiaHariIni.

Baca Juga: Akamsi Desak Jokowi Tanggung Jawab atas Bobolnya PDNS 2

1. Pulihkan PDNS 2, Menko Polhukam pastikan 86 layanan sudah aktif

86 Layanan PDNS Pulih hingga Kaesang Usul Ridwan Kamil Maju Pilgub DKIilustrasi serangan siber (unsplash.com/https://unsplash.com/@cbpsc1)

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Hadi Tjahjanto, memastikan bahwa pemulihan layanan pada Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 telah bertambah menjadi 86 layanan yang berasal dari 16 tenant.

Hadi menyebut, upaya pemulihan tersebut dilakukan oleh sejumlah pihak, termasuk Kementerian Kominfo, BSSN, dan PT Telkom Tbk.

“Per 12 Juli, pukul 17.30 WIB, tercatat 86 layanan dari 16 kementerian, lembaga dan pemerintah daerah telah go live,” kata Hadi dalam keterangannya, Sabtu (13/7/2024).

Baca selengkapnya di sini!

2. Kaesang usulkan Ridwan Kamil maju di Pilkada DKI Jakarta

86 Layanan PDNS Pulih hingga Kaesang Usul Ridwan Kamil Maju Pilgub DKIKetua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep. (www.instagram.com/@kaesangp)

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep menilai Ridwan Kamil bisa menjadi lawan Anies Baswedan untuk Pilkada Jakarta 2024 pada November. Ia pun mengusulkan supaya Ridwan Kamil diusung Golkar di Jakarta, bukan di Jawa Barat. 

Usulan itu bahkan disampaikan secara langsung Kaesang di hadapan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, pengurus DPP Partai Golkar, dan pengurus DPP PSI usai bersilaturahmi di Kantor DPP Partai Golkar, Kamis, 11 Juli 2024 lalu.

"Kalau kita lihat di survei, Pak Anies sekarang yang paling tinggi. Tapi, saya rasa Golkar juga punya jagoan, Pak Ketum. Ada Pak RK, mungkin kalau Pak RK sudah bosan di Jabar bisa mencari tantangan baru di Jakarta,” ungkap Kaesang, di Jakarta, dikutip, Sabtu (13/7/2024).

Baca selengkapnya di sini!

Baca Juga: PSI Bantah Ada Kesepakatan ke Golkar soal Duet Kaesang-Jusuf Hamka

3. NasDem dukung Ahmad Riza Patria - Marshel di Pilkada Tangsel 2024

86 Layanan PDNS Pulih hingga Kaesang Usul Ridwan Kamil Maju Pilgub DKIPasangan Ahmad Riza Patria dan Marshel Widianto menerima surat rekomendasi dari Partai NasDem. (Dok. NasDem).

Partai NasDem mantap mengusung duet mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria (Ariza) bersama Komika, Marshel Widianto untuk bertarung di Pemilihan Wali Kota Tangerang Selatan 2024.

Wasekjen DPP Partai NasDem, Jakfar Sidik, resmi menyerahkan surat rekomendasi bagi pasangan Ariza-Marshel untuk maju di Pilwakot Tangsel November mendatang.

“DPP Partai NasDem dalam hal ini Bappilu kembali mengeluarkan rekomendasi untuk calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Provinsi Banten kepada saudara Ahmad Riza Patria dan Marshel Widianto,” kata Jakfar Sidik, dalam keterangan resmi di Jakarta, Sabtu (13/7/2024).

Baca selengkapnya di sini!

Baca Juga: Gerindra Sebut Ahmad Riza-Marshel Dapat Rekomendasi Parpol Lain

4. Ketua Dewan Pers kecam pendukung SYL yang tendang jurnalis

86 Layanan PDNS Pulih hingga Kaesang Usul Ridwan Kamil Maju Pilgub DKIKetua Dewan Pers, Dr Ninik Rahayu saat ditemui di kawasan Gelor, Jakarta Pusat, Sabtu (13/7/2024) (IDN Times/Lia Hutasoit)

Ketua Dewan Pers, Ninik Rahayu, mengecam tindakan kekerasan dan upaya menghalang-halangi kerja jurnalis dalam sidang Syahrul Yasin Limpo (SYL). Apalagi, saat sidang itu juga terjadi penganiayaan terhadap jurnalis.

Menurut Ninik, tindakan tersebut sangat tidak bisa diterima dan melanggar undang-undang yang menjamin kebebasan pers di Indonesia.

“Tentu saya selaku Ketua Dewan Pers dan insan pers, mengecam tindakan berupa kekerasan, upaya menghalang-halangi kerja jurnalis sampai melakukan perusakan pada alat kerja jurnalis," ujar Ninik saat ditemui di kawasan Gelora, Jakarta Pusat, Sabtu (13/7/2024).

Baca selengkapnya di sini!

5. India jadi negara paling padat penduduk tahun 2024

86 Layanan PDNS Pulih hingga Kaesang Usul Ridwan Kamil Maju Pilgub DKIilustrasi bendera India (pexels.com/Studio Art Smile)

India siap mempertahankan posisinya sebagai negara dengan penduduk terpadat tahun 2024, menurut Laporan Populasi Dunia oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Dilansir dari Anadolu, Sabtu (13/7/2024), laporan tersebut mengatakan, India diperkirakan akan mencapai puncak populasinya pada awal tahun 2060-an dengan penduduk sekitar 1,7 miliar orang.

Proyeksi PBB juga menunjukkan, populasi global kemungkinan akan mencapai puncaknya sekitar 10,3 miliar pada pertengahan tahun 2080-an, meningkat sekitar 8,2 miliar dari tahun 2024.

Baca selengkapnya di sini!

Baca Juga: India Kucurkan Rp17,5 T Bangun PLTA di Wilayah Sengketa dengan China

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya