500 Petugas Kebersihan Dikerahkan di Pencanangan HUT ke-497 Jakarta

Satpol PP juga dikerahkan 500 personel

Intinya Sih...

  • Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta menerahkan 500 petugas kebersihan untuk menjaga kebersihan selama acara HUT ke-497 Kota Jakarta dan Hari Bebas Kendaraan Bermotor di Bundaran HI.
  • Satpol PP Provinsi DKI Jakarta mengerahkan 500 personel untuk mengatur lalu lintas warga yang menyaksikan acara tersebut, serta berkoordinasi dengan pihak kepolisian.
  • Dinas Perhubungan DKI Jakarta menutup 20 ruas jalan, mulai dari Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan M.H Thamrin, dan melakukan rekayasa lalu lintas dengan 74 personel Dishub yang bersiaga.

Jakarta, IDN Times - Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, Asep Kuswanto, mengatakan, pihaknya menerahkan sebanyak 500 petugas kebersihan untuk mengawal kegiatan pencanangan HUT ke-497 Kota Jakarta, Minggu (19/5/2024) yang bertepatan dengan kegiatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di Bundaran HI, Jakarta Pusat.

Mereka bertugas untuk memastikan kebersihan tetap terjaga selama acara Pencanangan HUT ke-497 Kota Jakarta berlangsung.

“Kami menyiagakan 10 unit bus toilet yang bisa digunakan masyarakat secara gratis. Kami juga mengimbau agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan. Bersama-sama kita menjaga seluruh area di Kota Jakarta tetap bersih dan nyaman untuk semua,” kata Asep, dikutip dari siaran pers.

Pihaknya juga menurunkan 20 unit road sweeper, 4 unit truk anorganik, 6 unit truk compactor, 4 unit tangki air kotor, dan 4 unit tangki air bersih.

Baca Juga: Pemprov Kerahkan Ratusan Personel Kawal Pencanangan HUT ke-497 DKI

1. Ada 500 Satpol PP yang juga diturunkan

500 Petugas Kebersihan Dikerahkan di Pencanangan HUT ke-497 JakartaPemprov DKI Jakarta kerahkan ratusan Satpol PP untuk kawal acara pencanangan HUT ke-497 DKI Jakarta, Minggu (19/5/2024). (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Sementara itu, Kepala Satpol PP Provinsi DKI Jakarta, Arifin, menjelaskan, pihaknya mengerahkan 500 personel Satpol PP dari 321 personel yang sudah rutin bertugas setiap minggu di kawasan HBKB. Mereka dikerahkan mengawal di 12 titik.

"Mereka akan membantu mengatur lalu lintas warga yang menyaksikan Pencanangan HUT ke-497 Kota Jakarta dan peserta HBKB yang berolahraga di kawasan Bundaran HI," kata Arifin, dikutip dari siaran pers, Minggu.

Baca Juga: Besok Ada CFD-Pencanangan HUT DKI, Ini Jalan Alternatif Bisa Dilalui

2. Koordinasi dengan kepolisian

500 Petugas Kebersihan Dikerahkan di Pencanangan HUT ke-497 Jakartailustrasi polisi (unsplash.com/King's Church International)

Arifin mengatakan, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk mengantisipasi apabila terjadi gangguan keamanan.

Selain itu, pihaknya juga menyediakan 10 posko di kawasan Bundaran HI.

"Masyarakat bisa melaporkan apabila ada tindakan kriminal, seperti pencurian, perkelahian, tindakan asusila, dan kecelakaan, serta kehilangan keluarga pada saat pelaksanaan acara," kata dia.

Baca Juga: Besok Ada CFD dan Pencanangan HUT DKI, Disediakan 41 Kantong Parkir

3. Ada 20 ruas jalan yang ditutup

500 Petugas Kebersihan Dikerahkan di Pencanangan HUT ke-497 Jakarta(ANTARA/Khaerul Izan)

Dalam kegiatan tersebut, Dinas Perhubungan DKI Jakarta juga menutup 20 ruas jalan.

Kepala Dishub Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, penutupan dilakukan di Jalan Jenderal Sudirman (Bundaran Patung Pemuda) hingga Jalan M.H Thamrin (Bundaran Air Mancur).

"Seperti HBKB biasanya, terdapat 20 ruas jalan yang aksesnya ditutup menuju Jalan Jenderal Sudirman dan M.H. Thamrin. Perlu diantisipasi kerumunan yang lebih banyak, namun kami sudah siapkan rekayasa lalu lintas dan ada 74 personel Dishub yang bersiaga di titik-titik tertentu,” kata dia dalam keterangannya, Sabtu (18/5/2024).

Dia menjelaskan sejumlah putupan akses yang dimaksud. Mulai dari Jalan Pintu 1 Senayan, Jalur Lambat, Simpang Susun Semanggi dan Kupingan Semanggi (Gatsu), Jalan Bendungan Hilir, Jalan K. H. Mas Mansyur dan Jalan Karet Pasar Baru Timur 5.

Kemudian dari Kupingan Kolong Sudirman, Jalan Kotabumi & Jalan Baturaja, Jalan Teluk Betung, Jalan Kebon Kacang, Jalan Sunda, Lampu Merah Imam Bonjol, dan Sumenep Tosari, Landmark (Indocement).

Setelah itu ada Jalan Setiabudi, Jalan Prof. Dr. Satrio, Jalan Masjid (Sampoerna), Jalan Garnisun & Kolong Semanggi, Jalur Lambat, Simpang Susun Semanggi dan Kupingan Semanggi (Gatsu), SCBD dan Jalan Tulodong Atas 2 samping CIMB.

Sementara akses jalan dari arah timur ke barat dan sebaliknya yang masih dapat dilintasi yaitu Jalan Budi Kemuliaan dan Jalan Medan Merdeka Selatan, Jalan Kebon Sirih dari arah barat. Untuk arah dari timur ditutup di Simpang Agus Salim, Jalan K. H. Wahid Hasyim dan Jalan Galunggung-Penjernihan 1.

Baca Juga: Pencanangan HUT DKI dan CFD, 20 Ruas Jalan Menuju Sudirman Ditutup

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya