12 Perguruan Tinggi Bersaing di Liga Debat Mahasiswa IDN Times

Dalam rangka HUT ke-10 IDN Times

Dalam rangka HUT IDN Times ke-10 pada tanggal 8 Juni 2024, IDN Times menggelar Liga Debat Mahasiswa dengan tema "Global Warming is Changing Gen Z's Lifestyle, Are You Pro or Con?".

Sebanyak 12 tim dari 12 kampus ternama di Indonesia bakal bertanding di Liga Debat Mahasiswa yang diselenggarakan dalam rangka HUT IDN Times ke-10 tahun ini.

Sabtu (18/5/2024) siang dilakukan pengundian babak penyisihan Liga Debat Mahasiswa yang juga dihadiri oleh perwakilan peserta debat. Babak penyisihan Liga Debat IDN Times dijadwalkan bakal mulai digulirkan pada 21 Mei 2024.

1. Lomba debat dalam rangka memperingati HUT ke-10 IDN Times

12 Perguruan Tinggi Bersaing di Liga Debat Mahasiswa IDN TimesPeserta debat dan panitia mengadakan technical meeting (Dok. IDN Times)

Liga Debat Mahasiswa merupakan Kompetisi debat antar mahasiswa, dengan tema "Global Warming is Changing Gen Z's Lifestyle, Are You Pro or Con?".

Program ini bertujuan untuk mendorong generasi muda mengasah kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpendapat mahasiswa sehingga mereka dapat menyuarakan aspirasinya untuk menebarkan inspirasi. Kompetisi ini diperuntukkan bagi kelompok yang terdiri dari 3-5 orang.

Liga Debat Mahasiswa yang dipersembahkan oleh Pertamina ini bakal memperebutkan hadiah pemenang pertama uang tunai Rp10 juta, juara kedua Rp8 juta, juara ketiga Rp6 juta dan juara keempat Rp4 juta. Selain uang tunai masing-masing pemenang juga bakal mendapatkan sertifikat

Babak penyisihan dan perempatfinal bakal digelar pada 21-27 Mei 2024, babak semifinal bakal dilangsungkan pada 28-29 Mei 2024 secara online melalui Zoom Meeting. Sedangkan babak final bakal dilangsungkan pada tanggal 6 Juni 2024 di kantor IDN Media di Jakarta

2. Hasil undian babak penyisihan dan perempat final Liga Debat Mahasiswa

12 Perguruan Tinggi Bersaing di Liga Debat Mahasiswa IDN TimesHasil drawing babak gugur Liga Debat IDN Times (Dok. IDN Times)

Liga Debat Mahasiswa bakal menghadirkan 12 tim dari perguruan tinggi yang bakal beradu pendapat dan argumentasi mengenai topik Global Warming, 12 kampus ini diantaranya Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Negeri Medan (UNM), Telkom University, UIN Syarif Hidayatullah, Universitas Diponegoro (Undip), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Mataram, Institut Teknologi Nasional (Itenas), Institut Teknologi Sumatera, dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)

Sementara itu hasil pengundian di babak penyisihan Undip bakal menghadapi UIN Syarif Hidayatullah, Telkom University akan berhadapan dengan ITS, Itenas akan berhadapan dengan ITB dan Universitas Mataram akan berhadapan dengan Institut Teknologi Sumatera.

Pemenang antara Undip dan UIN Syarif Hidayatullah telah ditunggu Unpad di babak perempatfinal, kemudian pemenang antara Telkom University dan ITS bakal berhadapan dengan UGM, Sementara itu pemenang antara Itenas dan ITB bakal berhadapan dengan IPB, dan pemenang antara Universitas Mataram dan Institut Teknologi Sumatera bakal bertemu dengan Universitas Negeri Medan.

3. Wadah mahasiswa menyampaikan aspirasi melalui debat

12 Perguruan Tinggi Bersaing di Liga Debat Mahasiswa IDN TimesLiga Debat Mahasiswa (Dok. IDN Times)

Ketua Panitia Liga Debat Mahasiswa, Martin Tobing dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada 12 tim peserta yang sangat antusias mengikuti Liga Debat Mahasiswa dalam HUT ke-10 IDN Times, menurutnya peserta debat merupakan perwakilan dari berbagai daerah di Indonesia. "Kami memilih supaya ada perwakilan dari berbagai daerah di Indonesia," katanya.

"Terima kasih partisipasi 12 kampus terbaik di Indonesia, kami berharap peserta semangat mengikuti Liga Debat Mahasiswa. Melalui kegiatan ini teman-teman bisa menyampaikan aspirasi melalui debat ini," lanjutnya.

Selain Liga Debat Mahasiswa juga peringatan HUT ke-10 IDN Times juga akan dilaksanakan Lomba Mading untuk siswa-siswi SMA dan sederajat serta Unboxing IDN Times, program open house yang memberikan kesempatan bagi peserta untuk menjadi bagian IDN Times dalam sehari.

Program Lomba Debat Mahasiswa Dalam Rangka HUT ke-10 IDN Times ini dipersembahkan oleh Pertamina, Energizing You.

Topik:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya