3 Karyawan Tambang Kibarkan Merah Putih di Puncak Island-Mera Himalaya

Perusahaan tambang pertama yang sponsori misi pendakian

Jakarta, IDN Times – Tiga pendaki asal Indonesia berhasil menaklukkan dua gunung di Nepal, yaitu puncak Island pada 30 September 2022 dan puncak Mera pada 14 Oktober 2022. Selebrasinya, mereka mengibarkan bendera Merah Putih di puncak dua gunung tersebut.

Kegiatan pendakian itu disponsori oleh Putra Perkasa Abadi (PPA), salah satu perusahaan penyedia jasa tambang di Tanah Air. Mereka yang berhasil menginjakkan kaki di Mera Peak dan Island Peak adalah Yuli Adi Gunawan, Yuzzri Angga Karunia, dan Andi Nugroho.

Mereka bertiga adalah karyawan PPA yang didukung penuh oleh perusahaan dalam misi penaklukkan gunung. Mereka juga tercatat sebagai karyawan di perusahaan tambang pertama di Indonesia yang terlibat dalam misi pendakian.

1. Berlatih naik turun gunung

3 Karyawan Tambang Kibarkan Merah Putih di Puncak Island-Mera HimalayaTim pendakian PPA di puncak Mera dan Island (Dok. IDN Times/Istimewa)

Berdasarkan penuturan Andi Nugroho, selaku ketua tim, para pendaki melakukan latihan yang intensif dan berat agar memilki body dan stamina yang fit, untuk menaklukkan salah dua dari tujuan pendakian di Pegunungan Himalaya.

"Kami melakukan persiapan latihan fisik di gunung selama 10 hari, naik gunung pada pagi hari dan turun pada sore hari, dan pemetaan serta perencanaan ekspedisi," kata Andi Nugroho, saat tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu (23/10/2022).

Baca Juga: Pria Asal Tangerang Bakal Main Angklung di Puncak Himalaya  

2. Butuh kerja sama untuk lakukan dua kali summit

3 Karyawan Tambang Kibarkan Merah Putih di Puncak Island-Mera HimalayaTim pendakian PPA setibanya di Indonesia (Dok. IDN Times/Istimewa)

Sementara itu, Vice President PT PPA, Ardi Tirta Tjoa, mengucap syukur karena tim pendaki telah kembali ke Indonesia dengan selamat. Keberhasilan ini menjelaskan simbolis pelajaran perusahaan menjadi salah satu top mining kontraktor di Indonesia.

“Persiapan tim ini memerlukan banyak hal termasuk semangat, skill dan planning, pengambilan keputusan dalam pengambilan risiko, dan yang terpenting team work kita selalu bersama-sama mencapai tujuan. Semoga hal ini menjadi inspirasi bagi kawan-kawan di tambang untuk bekerja sama mencapai tujuan bersama," katanya.

Selain aktivitas ekspedisi pendakian gunung, karyawan PT PPA juga terlibat dalam supporting departemen SDM dalam Emergency Team Response, yang turut berpartisipasi apabila ada bencana alam di Indonesia.

3. Sekilas tentang puncak Mera dan Island 

3 Karyawan Tambang Kibarkan Merah Putih di Puncak Island-Mera HimalayaTim pendaki PPA di puncak Mera dan Island (Dok. IDN Times/Istimewa)

Sebagai informasi, Gunung Everest berada di peringkat pertama sebagai gunung tertinggi di dunia dengan ketinggian 8.848,86 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung ini terletak di kawasan Pegunungan Himalaya

Mera Peak dan Island Peak menjadi alternatif pendakian di Pegunungan Himalaya selain puncak Everest. Mera Peak memiliki ketinggian 6.479 mdpl, sementara Island Peak memiliki ketinggian 6.160 mdpl.

Dilansir Summit Post, Mera Peak menjadi tujuan pendakian yang populer karena jalurnya relatif mudah, hanya membutuhkan keterampilan dasar mendaki gunung demi mencapai ketinggian yang jauh lebih tinggi daripada puncak Eropa atau Amerika Utara. Dari Mera Peak, pendaki bisa melihat 5 dari 6 gunung tertinggi di dunia, yaitu Everest, Kangchenjunga, Lhotse, Makalu, dan Cho Oyo.

Sementara, rute Island Peak meliputi lereng yang curam dan punggungan yang sempit. Crampon (alas kaki khusus salju), Kapak es, dan tali diperlukan untuk mendaki puncak ini. Gunung ini pertama kali didaki pada 1953 oleh tim dalam persiapan pendakian Everest. Island Peak masih digunakan oleh banyak orang untuk mempersiapkan diri sebelum menaklukkan Everest.

Baca Juga: Makan Banyak Korban, 9 Fakta Gunung Everest yang Menyeramkan

Andi IR Photo Verified Writer Andi IR

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya