TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Visi Misi Ridwan Kamil-Suswono: Ada Program Jadi Ajudan Gubernur

Masuk dalam program terkait isu kepemudaan

Bakal calon Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil - Suswono tiba untuk mendaftar ke KPU DKI Jakarta pada Rabu (28/8/2024). (IDN Times/Aryodamar)

Intinya Sih...

  • Ridwan Kamil dan Suswono (RIDO) memaparkan program 'Jadi Ajudan Gubernur' dalam visi misi Pilkada DKI Jakarta.
  • Program tersebut berfokus pada kepemudaan, kewirausahaan, pengembangan keterampilan, partisipasi pemerintahan, olahraga, dan kegiatan sosial.
  • Program-program terkait kepemudaan yang akan diimplementasikan bila terpilih di Pilkada DKI Jakarta meliputi Youth Leadership Program, Jakarta Muda Inovatif, Pengembangan Keterampilan Pemuda dan Kewirausahaan, Jakarta Sehat dan Aktif, serta Gerakan Sosial dan Lingkungan Pemuda.

Jakarta, IDN Times - Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil dan Suswono (RIDO), memaparkan program bernama 'Jadi Ajudan Gubernur'.

Program tersebut masuk dalam visi misi Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) di Pilkada Jakarta 2024.

Baca Juga: Ridwan Kamil Minta DPRD Bantu Menangkan Pilkada Jakarta Satu Putaran

1. Program kepemudaan Ridwan Kamil-Suswono

ilustrasi gen Z (IDN Times/Indonesia Gen Z Report 2022)

Dalam penjabarannya, RIDO menjelaskan, kepemudaan termasuk dalam 20 kategori isu yang dibahas.

Tujuannya ialah memberdayakan dan mengembangkan potensi generasi muda untuk berperan aktif dalam pembangunan Jakarta melalui kewirausahaan, pengembangan keterampilan, partisipasi pemerintahan, olahraga, dan kegiatan sosial.

RIDO menyampaikan, sejumlah program terkait kepemudaan yang akan diimplementasikan bila terpilih di Pilkada DKI Jakarta, yakni pertama, Youth Leadership Program alias 'Jadi Ajudan Gubernur' dan magang di Pemda.

Dijelaskan bahwa program Jadi Ajudan Gubernur melibatkan pemuda terpilih setiap minggu untuk mendampingi gubernur, memahami proses pemerintahan, dan berkontribusi dalam kebijakan publik. 

"Selain itu, magang di dinas-dinas Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan memberikan pengalaman kerja langsung dalam pemerintahan, membentuk kepemimpinan generasi muda," jelas mereka sebagaimana tertera di visi dan misi yang diunggah ke KPU.

Program kedua adalah Jakarta Muda Inovatif (Startup and Technopreneurship). Program ini mendorong pemuda untuk berwirausaha di bidang teknologi dan industri kreatif melalui inkubator bisnis dan startup. Pemuda akan mendapatkan pelatihan kewirausahaan digital, mentoring, dan akses modal untuk memulai usaha, serta mendukung pertumbuhan ekonomi berbasis teknologi. Program ini juga bisa dilakukan bekerja sama dengan universitas.

Program ketiga, Pengembangan Keterampilan Pemuda dan Kewirausahaan. Melalui program pelatihan keterampilan vokasional, pemuda Jakarta akan dilatih di di berbagai bidang. Program ini bekerja sama dengan industri untuk memastikan keterampilan yang diajarkan relevan dengan kebutuhan pasar tenaga kerja modern, juga mendorong kewirausahaan pemuda.

Keempat, program Jakarta Sehat dan Aktif. Gagasan ini bertujuan untuk mengembangkan minat olahraga anak muda Jakarta. Mereka akan didorong untuk menjalani gaya hidup sehat melalui peningkatan fasilitas olahraga, serta penyelenggaraan kompetisi olahraga antar-pemuda di tingkat RW dan kota.

Terakhir program kelima, Gerakan Sosial dan Lingkungan Pemuda. Melalui gerakan Jakarta Bersih dan program penghijauan kota, pemuda akan dilibatkan dalam aksi sosial dan lingkungan, mempromosikan partisipasi mereka dalam kegiatan sosial untuk kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga: Prabowo Titipkan Pesan Khusus Bagi Ridwan Kamil Jelang Pilkada Jakarta

2. Visi Ridwan Kamil-Suswono

Ridwan Kamil-Suswono Resmi Deklarasi Maju Pilgub Jakarta pada Senin (19/8/2024). (IDN Times/Aryodamar)

Sebagaimana diketahui, Ridwan Kamil - Suswono menyampaikan paparan program serta arah kebijakan ke depan dalam visi dan misinya.

Gagasan duet yang punya akronim RIDO itu dituangkan dalam bentuk paparan berisi 65 halaman. Di mana di bagian depan alias cover terdapat foto Ridwan Kamil dan Suswono bertuliskan 'Jakarta Baru Jakarta Maju'. Kemudian mereka juga memejang lambang 15 parpol pengusung yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus.

Adapun, visi Ridwan Kamil-Suswono ialah 'Jakarta Kota Global yang Maju, Berdaya Saing, dan Berkelanjutan'. Mereka pun menjelaskan konsep visinya dalam sejumlah poin, yakni:

- Baru

Mempersiapkan peran baru Jakarta pasca-perpindahan Ibu Kota.

- Kota Global

Pintu gerbang Indonesia dengan dunia, kota di mana inovasi bertemu dengan tradisi, tempat bisnis berkembang, tujuan wisata mancanegara dan kompetitif dengan kota-kota besar dunia.

- Maju

Kota dengan infrastruktur modern, teknologi canggih, dan tata kelola yang efektif, yang mendorong pertumbuhan ekonomi berkelanjutan berbasis inovasi dan berdaya saing.

- Berkeadilan

Memprioritaskan inklusi sosial, menegakkan hukum secara adil, dan memastikan bahwa seluruh kebijakan dan program dirancang secara demokratis dan partisipatif untuk memenuhi kebutuhan semua warga, terutama kelompok rentan dan marjinal.

- Sejahtera

Setiap warganya merasakan kemakmuran dan kebahagiaan, kota yang layak huni dan memberi peluang untuk tumbuh dan berkembang, di mana kesejahteraan bukan hanya untuk segelintir orang.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya