TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Upacara Penurunan Bendera, Jokowi Pakai Baju Adat Banjar

Ibu Negara Iriana juga memakai kebaya merah

Presiden Joko "Jokowi" Widodo saat menghadiri upacara penurunan bendera merah putih di Istana Negara Ibu Kota Negara (IKN). Sabtu (17/8/2024). (YouTube Sekretariat Presiden)

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengenakan baju adat Banjar, saat memimpin upacara penurunan bendera merah putih Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI) di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Sabtu (17/8/2024) sore.

Pakaian tradisional asal Kalimantan Selatan itu didominasi berwarna merah. Di bagian ujung lengan dihiasi corak berwarna emas. Jokowi juga mengenakan aksesoris kain tradisional berwarna hitam bercampur motif emas di pinggangnya.

Sementara, Ibu Negara, Iriana Jokowi tampak mengenakan pakaian adat nusantara, yang merupakan hasil kolaborasi pakaian tradisional dari sejumlah daerah di Indonesia.

Senada dengan Jokowi, baju yang dikenakan Iriana juga didominasi berwarna merah. Ia tampak pula memakai kain merah di pundak kanannya menjuntai hingga bawah.

Pada upacara pengibaran bendera pagi tadi, Presiden Jokowi mengenakan baju adat Kustin. Baju adat Kustin merupakan salah satu pakaian adat Kutai, Kalimantan Timur.

Baju adat Kustin dulunya dikenakan keturunan kerajaan. Baju ini punya makna kebesaran, yang hanya bisa digunakan orang yang memiliki kasta tertinggi.

Baca Juga: Pimpin Upacara Kemerdekaan di IKN, Jokowi-Prabowo Tunjukkan Keakraban

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya