TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

TKN: Kita Sudah Siapkan Prabowo-Gibran Debat Sendiri Tanpa Didampingi

TKN sebut debat berdampingan justru merugikan

Anggota Dewan Pakar dan Direktur Juru Debat Tim Kampaye Nasional (TKN), Budiman Sudjatmiko di Media Center TKN, Jakarta (7/12/2023) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Jakarta, IDN Times - Anggota Dewan Pakar sekaligus Direktur Juru Debat Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Budiman Sudjatmiko menuturkan, pihaknya sudah menyiapkan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka mengikuti debat secara sendiri, tanpa didampingi.

Oleh sebab itu, Budiman menilai, wacana format debat capres didampingi cawapres, begitu pula sebaliknya, justru merugikan.

"(Format debat didampingi) merugikan, bisa saling bantu itu merugikan, karena kita sudah siapkan Mas Gibran, kita sudah siapkan Pak Prabowo untuk (debat) sendiri-sendiri, nanti kalau saling bantu malah jadi sia-sia dong, kita sudah siapkan mereka," kata Budiman saat ditemui awak media di Media Center TKN, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (7/11/2023).

Baca Juga: KPU Tetapkan Tema Debat Capres dan Cawapres Pemilu 2024

1. TKN tegaskan Prabowo-Gibran siap ikuti debat dengan format apa pun

Calon Wakil Presiden Gibran Rakabuming dan Calon Presiden Prabowo Subianto (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Budiman menegaskan, Prabowo-Gibran siap mengikuti debat dengan format apa pun asal sesuai dengan yang dirumuskan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Tapi okelah, saya kira masalah membantu atau sendiri sendiri atau bersama-sama kita siap-siap saja," tuturnya.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Kunjungi IKN, Siap Lanjutkan Mimpi Besar Bung Karno

2. TKN sebut Prabowo-Gibran sudah berpengalaman ikut debat

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka usai mendaftar sebagai capres-cawapres ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Lebih lanjut, mantan politikus PDIP itu memastikan bahwa tak ada persiapan khusus bagi Prabowo untuk menghadapi debat capres perdana pada Selasa, 12 Desember 2023 mendatang.

Adapun tema debat tersebut membahas soal hukum, Hak Asasi Manusia (HAM), pemerintahan, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga. Diketahui Prabowo sering dikaitkan dengan kasus dugaan pelanggaran HAM berat di masa lalu, namun sampai sekarang belum pernah diadili sehingga belum terbukti secara hukum.

"Tidak ada persiapan khusus. Yang jelas kita kemarin banyak bicara tentang reformasi birokrasi, HAM, penegakan hukum," tuturnya.

Budiman menuturkan, bahwa Prabowo sudah berpengalaman mengikuti jalannya debat pilpres. Mengingat, Prabowo pernah maju sebagai cawapres pada Pemilu 2009 lalu. Kemudian jadi capres pada Pemilu 2014 dan 2019.

Oleh sebabnya, Budiman menyampaikan, Prabowo tidak perlu diajarkan lagi untuk menguasai materi debat.

"Kan Pak Prabowo ini waktu saya masih beda kubu, dia periode 2014 sampai 2019 kan kita sudah mengikuti jalannya debat, waktu beliau jadi capres sebelumnya, jadi menurut saya Pak Prabowo tidak harus diajari lagi ya. Beliau sudah berpengalaman, beliau menurut saya jauh lebih berpengalaman dari kita," ucap dia.

Selain Prabowo, kata Budiman, Gibran juga punya pengalaman debat. Hanya saja yang membedakan dalam debat cawapres nanti skalanya.

"Mas Gibran pernah debat sebagai calon wali kota, sudah berpengalaman, debat dalam pengertian sebagai calon eksekutif itu pernah. Sekarang yang membedakan skalanya, menjadi skala nasional, dengan isu yang baru. Saya pikir isu-isu yang baru itu beliau pelajari, kalau mental debat pernah beliau alami sebagai calon wali kota waktu itu, gak ada masalah," imbuh dia.

Baca Juga: Gibran cuma Mau Debat yang Resmi, Ini Temanya dari KPU

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya