TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

SBY Puji Pidato Prabowo soal Palestina: Strong and Also Beautiful

SBY sebut pernah melakukan hal serupa

Capres nomor urut dua, Prabowo Subianto ketika silaturahmi ke kediaman SBY pada 12 April 2024. (Dokumentasi tim media Prabowo)

Intinya Sih...

  • SBY memuji pidato Prabowo terkait Palestina di forum Shangri-La Dialogue 2024, Singapura.
  • Prabowo mendesak perlunya negara Palestina yang merdeka dan berdaulat serta gencatan senjata di Gaza.
  • SBY mengaku pernah melakukan hal serupa dengan mengirimkan pasukan pemelihara perdamaian ke perbatasan Lebanon-Israel.

Jakarta, IDN Times - Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memuji pidato Menteri Pertahanan (Menhan) sekaligus Presiden Terpilih RI, Prabowo Subianto, terkait Palestina di forum Shangri-La Dialogue 2024, Singapura.

SBY sebagai warga negara Indonesia sekaligus mantan presiden mengaku bangga dan mendukung penuh langkah Prabowo.

"Pidato Menhan Prabowo Subianto, yang juga Presiden Indonesia Terpilih di forum Shangri-La Dialogue 2024 di Singapura strong and also beautiful. Pidato tersebut mendapatkan respons yang umumnya positif dari banyak kalangan. Thanks Pak Prabowo," kata SBY dalam tulisan yang dibagikan di akun media sosial X miliknya, @SBYudhoyono, Senin (3/6/2024).

Baca Juga: Menlu Retno Yakin Pemerintah Indonesia Tetap Dukung Palestina

1. Menunjukkan keteguhan sikap pemimpin Indonesia untuk atasi perang di Gaza

Illustrasi Gaza (pexels.com/ Ravish Maqsood)

SBY menyebut, pernyataan Prabowo yang banyak mendapatkan dukungan ialah terkait perlunya segera diwujudkan negara Palestina yang merdeka dan berdaulat, dalam konsep two-state solution

Ketua Umum Partai Gerindra itu juga dipuji karena mendesak dilakukannya gencatan senjata dan pengakhiran perang di Gaza

"Juga kesiapan Indonesia untuk mengirimkan peacekeeping force dan medical unit untuk perawatan dan evakuasi penduduk Palestina yang terluka akibat ofensif Israel," tutur SBY.

"Ini semua menunjukkan keteguhan sikap dan sekaligus inisiatif dari pemimpin Indonesia untuk ikut mengatasi peperangan di Gaza. Di samping merupakan amanah konstitusi UUD 1945 juga menunjukkan aksi nyata Indonesia sebagai bagian dari solusi," sambungnya.

Baca Juga: Pakar: 4 RUU Dikebut Demi Kepentingan Prabowo-Gibran

2. SBY pernah membuat kebijakan serupa

Capres nomor urut dua, Prabowo Subianto ketika bertemu Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Pacitan pada awal 2024. (www.instagram.com/@fraksipartaigerindra)

SBY mengaku, saat masih menjabat sebagai presiden, dirinya pernah melakukan upaya serupa. Kala itu, SBY mengirimkan pasukan pemelihara perdamaian ke perbatasan Lebanon-Israel. Bahkan kebijakannya itu sudah berlaku sejak tahun 2006 hingga sekarang.

"Inisiatif untuk mengirimkan Indonesian Peacekeeping Force itu saya sampaikan dalam pertemuan puncak OKI di Kuala Lumpur, dan waktu itu mendapatkan dukungan yang kuat dari banyak kalangan," ungkapnya.

Ia lantas kembali mengapresiasi niat baik Prabowo tersebut.

"Pak Prabowo, 'you are on the right track' dan telah menjadi 'foreign policy President'. Good luck and carry on!," imbuh SBY.

Baca Juga: Unggah Momen Bertemu Prabowo, Ridwan Kamil Bantah Bahas Pilgub! 

3. Prabowo upayakan RI kirim personel medis ke Gaza dan siap evakuasi korban

ilustrasi penyerangan pengungsi (pixabay.com/hosnysalah)

Adapun, Prabowo mengatakan bahwa Indonesia berupaya untuk terus mengirimkan berbagai bantuan kemanusiaan, termasuk personel medis untuk para warga sipil yang menjadi korban perang di Gaza, Palestina. 

"Kami siap kirimkan tenaga medis untuk mengoperasikan rumah sakit lapangan di Gaza. Tentu saja dengan persetujuan semua pihak," kata Prabowo saat menghadiri IISS Shangri-La Dialogue ke-21 di Singapura, Sabtu (1/6/2024).

Ia melanjutkan, Indonesia juga bersedia untuk segera melakukan evakuasi para korban ke rumah sakit Indonesia di Gaza, hingga lebih dari 1.000 orang.

"Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan saya untuk mengumumkan bahwa kami siap mengevakuasi, menerima, dan merawat hingga 1.000 pasien dengan perawatan medis dalam waktu dekat," ujar Prabowo. 

Ia pun kembali menegaskan pentingnya perdamaian jangka panjang dengan solusi gencatan senjata yang permanen di Gaza. Sejalan dengan itu, ia mengimbau komunitas internasional agar bekerja sama mewujudkan tujuan tersebut.

"Mari kita bekerja sama untuk mencapai tujuan tersebut. Kita harus melakukan yang terbaik untuk mencapai solusi nyata dan abadi," kata dia.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya