TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sandiaga: Belitung Terkenal di Nusantara, Berpotensi untuk RI Maju 

Pemerintah ingatkan pentingnya kolaborasi

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno (dok. Kemenparekraf)

Jakarta, IDN Times - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, mendorong pentingnya memberdayakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). 

Dia mengatakan, salah satu wilayah potensial untuk berkembang berada di Belitung.

Menurutnya, destinasi wisata di Kabupaten Belitung Timur sudah dikenal masyarakat luas, yaitu Desa Wisata Lenggang atau yang biasa dijuluki Desa Wisata Laskar Pelangi.

“Pulau Belitung ini sangat dikenal di seluruh wilayah Nusantara sebagai Pulau Laskar Pelangi, yang kini sudah masuk ke dalam Jadesta (Jejaring Desa Wisata) dengan konsep 3A (Atraksi, Amenitas, dan Aksesibilitas), dan juga mengadopsi 3SI (Inovasi, Adaptasi, dan Kolaborasi) ini adalah langkah yang konkret untuk menciptakan Indonesia maju, sejahtera, adil, dan makmur,” ujar Sandiaga Uno dalam keterangannya, Senin (4/9/2023).

Baca Juga: Sandiaga Ungkap PPP-PDIP Segera Gelar Pertemuan Dalam Waktu Dekat

1. Sektor pariwisata dan ekonomi kreatif tulang punggung Belitung

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno (dok. Kemenparekraf)

Sandiaga menjelaskan, UMKM mampu menciptakan lapangan kerja baru dan menggerakkan roda perekonomian masyarakat. Oleh sebabnya, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif jadi tulang punggung perekonomian di Belitung Timur dan Kabupaten Belitung.

“Kita bisa maju jika UMKM kita terberdayakan. Pertama, merekalah yang menciptakan lapangan kerja. Merekalah yang bisa menghidupkan ekonomi masyarakat. Belitung Timur memiliki potensi yang sangat besar. Saya melihat bahwa pariwisata dan ekonomi kreatif ini tulang punggung ekonomi dari Belitung Timur maupun Kabupaten Belitung juga,” jelas dia.

2. Pemberdayaan UMKM sesuai instruksi Jokowi

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno (dok. Kemenparekraf)

Sandiaga menegaskan, memberdayakan UMKM merupakan instruksi langsung dari Presiden Joko "Jokowo" Widodo. Dia memastikan, Indonesia berupaya mengambil peran aktif untuk membangun ekosistem ekonomi kreatif yang inklusif.

Selain itu, juga mendorong peran ekonomi kreatif yang lebih besar dalam pemulihan ekonomi nasional maupun global.

Adapun program yang sudah Kemenparekraf inisiasi yang bekerja sama dengan pemerintah daerah, di antaranya Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI), Strategi Pengembangan Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) Indonesia, dan Anugerah Desa Wisata.

"Melalui beberapa program unggulan yang ada agar di tahun 2024 bisa membuka 4,4 juta lapangan kerja baru dan berkualitas di sektor Parekraf,” ujar Sandiaga Uno.

“Kemarin di Kabupaten Belitung, Desa Wisata Terong berhasil meraih penghargaan. Saya ucapkan selamat dan mari kerja sama dengan semangat 3G (Gercep: gerak cepat. Geber: gerak bersama, dan Gaspol: garap semua potensi online),” lanjut dia.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya