TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kronologi Bebasnya Pilot Susi Air Kapten Philip dari Penyanderaan KKB

Kapten Philip disebut menuju ke Jakarta

Pilot Susi Air, Kapten Philip Mark Mehrtens, di antara pasukan TPNPB Kodap III Ndugama-Deragma pimpinan Egianus Kogoya. (IDN Times/Istimewa)

Intinya Sih...

  • Kapten Philip Mark Mehrtens bebas dari penyanderaan KKB Papua pimpinan Egianus Kogoya setelah 1,5 tahun disandera.
  • Penjemputan Kapten Philip dilakukan dengan soft approach melalui tokoh agama, gereja, adat, dan keluarga Egianus Kogoya.
  • Kapten Philip dijemput oleh Tim Gabungan TNI-Polri di Kampung Yuguru, Distrik Mebarok, Kabupaten Nduga dan langsung diterbangkan ke Mako Brimob Batalyon B/Timika.

Jakarta, IDN Times - Pilot Susi Air, Kapten Philip Mark Mehrtens akhirnya bisa menghirup udara bebas dari penyanderaan yang dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua pimpinan Egianus Kogoya di wilayah Nduga. 

Pilot berkewarganegaraan Selandia Baru itu disandera selama kurang lebih 1,5 tahun.

Baca Juga: Ditanya soal PDIP Gabung Kabinet Prabowo, Ini Kata Jokowi

1. Kapten Philip dijemput aparat menggunakan soft approach

Pilot Susi Air, Kapten Phillip Mark Mehertens. (IDN Times/Endy Langobelen)

Kaops Damai Cartenz 2024 Brigjen Pol Faizal Ramadhani mengatakan dalam upaya penjemputan Kapten Philip, pihaknya mengedepankan upaya soft approach, bukan hard approach.  

Ia menyebut, Kapten Philip berhasil dijemput oleh Tim Gabungan TNI-Polri yang tergabung dalam Satgas Damai Cartenz 2024.

“Kami mengedepankan pendekatan melalui tokoh agama, tokoh gereja, tokoh adat dan keluarga dekat dari Egianus Kogoya. Pendekatan ini penting dilakukan untuk meminimalisir jatuhnya korban jiwa baik dari aparat, masyarakat sipil dan sekaligus menjaga keselamatan dari pilot itu sendiri" kata Faizal dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (21/9/2024).

Baca Juga: Haru, Pilot Philip Video Call Istri usai Bebas dari Sandera KKB

2. Ditemukan di Kampung Yuguru, Distrik Mebarok, Nduga

Pilot Susi Air, Kapten Philip Mark Mehrtens, bersama Kapolres Mimika, AKBP I Komang Budiartha. (IDN Times/Istimewa)

Sementara, Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2024 AKBP Bayu Suseno menjelaskan, Kapten Philip berhasil dijemput oleh tim gabungan bertempat di Kampung Yuguru, Distrik Mebarok, Kabupaten Nduga. Ia kemurian langsung diterbangkan menuju Mako Brimob Batalyon B/Timika.

"Ya benar sekali, hari ini kami berhasil menjemput Pilot Philip dalam keadaan sehat. Pilot kami terbangkan dari Nduga langsung menuju Timika" ujar Bayu.

3. Dilakukan mitigasi medis

Ilustrasi maskapai Susi Air (susiair.com)

Selanjutnya Pilot Philip langsung dibawa ke ruangan khusus untuk dilakukan mitigasi medis sekaligus memastikan kondisi psikologis Pilot Philip dalam keadaan stabil. Setelah kegiatan mitigasi, rencananya akan digelar konferensi pers di Posko Operasi Damai Cartenz 2024 di Mako Brimob Batalyon B/Timika.

"Setelah dilakukan mitigasi, akan dilanjutkan dengan konferensi pers. Silakan rekan2 media dapat hadir ke posko kami di Mako Brimob Batalyon B/Timika untuk mendengar langsung isi konferensi pers dari para pejabat" kata Bayu.

4. Kapten diterbangkan menuju Jakarta

Susi Pudjiastuti sebagai pemilik maskapai Susi Air (Instagram @susipudjiastuti115)

Susi Pudjiastuti sebagai pemilik maskapai Susi Air mengucap syukur atas bebasnya Kapten Philip. Dia mengatakan Philip sekarang sudah berada di Timika dan sedang menuju ke Jakarta.

"Alhamdulillahirobilalamin, saya bersyukur kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala akhirnya kapten pilot kami Philip Mehrtens hari ini sudah pulang kepada kami dan on the way ke Jakarta," kata dia dalam rekaman video di Instagramnya, Sabtu (21/9/2023).

Ia menyampaikan rasa terima kasih kepada sejumlah pihak, mulai dari Presiden Jokowi hingga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

"Terima kasih kepada Bapak Presiden Joko Widodo, Pak Menhan Prabowo Subianto, Pak Panglima TNI, Pak Kapolri, Pak Mendagri, Satgas Damai Cartenz, dan seluruh pihak baik dari pemerintah provinsi kabupaten di Papua dan juga seluruh aparat yang terlibat di Papua dalam pembebasan kapten Philip Mehrtens" kata Susi.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya