TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

KIM Serahkan Surat ke KPU, Prabowo-Gibran Daftar Besok Pagi

Prabowo-Gibran daftar pukul 10.00 WIB

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka (IDN Times/Aditya Pratama)

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI memastikan sudah menerima surat pemberitahuan pendaftaran Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai capres-cawapres dari Koalisi Indonesia Maju (KIM). Komisioner KPU, Idham Holik, menuturkan surat pemberitahuan itu disampaikan KIM pada Selasa (24/10/2023) pukul 15.00 WIB.

"Jam 15.00 WIB, KPU telah menerima surat pemberitahuan dari gabungan parpol KIM (Koalisi Indonesia Maju) tentang rencana pendaftaran bakal pasangan capres-cawapres Prabowo - Gibran," kata dia dalam keterangannya kepada IDN Times.

Baca Juga: Anwar Usman Lantik Tiga Anggota MKMK, Ada Nama Jimly Asshiddiqie

1. Prabowo dan Gibran daftar pukul 10.00 WIB

Sebanyak 15 kelompok relawan pendukung Joko "Jokowi" Widodo dan Gibran Rakabuming hadir mendeklarasikan dukungan kepada Ketua Umum Partai Gerindra dan bakal calon presiden Prabowo Subianto sebagai presiden (dok Humas Prabowo)

Berdasarkan surat pemberitahuan yang disampaikan, Idham menuturkan, Prabowo dan Gibran akan mendaftar ke KPU sekitar pukul 10.00 WIB.

"Dalam surat pemberitahuan tersebut, bakal pasangan capres-cawapres akan didaftarkan pada jam 10.00 WIB oleh gabungan parpol KIM," ucap dia.

Baca Juga: KPU Gelar Nobar di Pesantren, Ingin Dongrak Suara Pemilih Pemula

2. KPU imbau gabungan parpol untuk bikin surat pemberitahuan pendaftaran

Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta Pusat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari, menjelaskan sesuai prosedur yang ditentukan, gabungan partai politik yang akan hadir ke KPU untuk mendaftarkan pasangan calon harus mengirimkan informasi melalui surat tertulis. Surat itu berisi tentang kapan waktu yang ditetapkan untuk mendaftar ke KPU.

"Batasan paling lambat adalah H-1 atau satu hari sebelum kehadiran di KPU," kata Hasyim saat ditemui awak media di Gedung KPU RI, Jakarta Pusat, Kamis (19/10/2023).

Baca Juga: Gibran Jadi Cawapres Prabowo, Bagaimana Hubungan Jokowi dan Megawati?

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya