TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ketua KPU Ingatkan Jajaran KPUD Waspada Godaan Politik Jelang 2024

Jajaran KPUD diminta pahami aturan mengenai pemilu

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Hasyim Asy'ari (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Jakarta, IDN Times - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Hasyim Asy'ari, mengingatkan kepada jajaran KPU Daerah (KPUD) untuk mewaspadai adanya tekanan hingga godaan politik jelang Pemilu 2024.

Hal tersebut disampaikan Hasyim saat melantik 220 anggota KPU Daerah (KPUD) pada 44 kabupaten/kota yang berada di lima provinsi di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Rabu (28/6/2023).

Baca Juga: KPU Beri Kesempatan 9.260 Bacaleg yang Belum Penuhi Syarat hingga 9 Juli

Baca Juga: Banyak Caleg Tak Penuhi Syarat karena Khawatir Sistem Pemilu Tertutup

1. Ketua KPU RI imbau jajarannya memahami aturan pemilu

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Hasyim Asy'ari (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Hasyim mengimbau jajarannya untuk memahami berbagai aturan mengenai penyelenggaraan pemilu, sebagaimana yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 dan aturan turunannya.

"Yang dijadikan dasar peraturan perundang-undangan baik UU Pemilu, berkaitan dengan penyelenggaraan pemilu, Peraturan Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu), Peraturan DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu), Peraturan KPU (PKPU), itu kita minta dan kita instruksikan jadi pedoman dan pegangan. Karena begitu nanti kompetisi berlangsung itu kan pasti ada tekanan, ada godaan dan segala macam," kata dia.

Baca Juga: Viral Baliho Warga Lebak Mau Jadi Pengantin, Gayanya Kayak Caleg

2. KPUD yang baru dilantik diminta sesuaikan ritme kerja

Ilustrasi penyelenggara pemilu. (IDN Times/Sukma Shakti)

Pelantikan jajaran KPUD kabupaten/kota itu berasal dari lima provinsi, di antaranya Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, dan Kepulauan Riau untuk periode 2023 sampai 2028.

Pelantikan tersebut dipimpin langsung Hasyim. Dia menuntun pembacaan sumpah jabatan terhadap 220 anggota KPU kabupaten/kota.

Dalam salah satu poin sumpah yang diucapkan, anggota KPU kabupaten/kota itu bersumpah menjalankan tugas dengan sungguh-sungguh, cermat, jujur, dan adil.

Kemudian dalam sambutannya, Hasyim menyampaikan selamat kepada seluruh Anggota KPU Daerah yang dilantik.

Hasyim lantas mengingatkan agar mereka segera menyesuaikan kinerja dan pembagian waktu sehari-hari terhadap ritme kerja dalam penyelenggaraan tahapan pemilu.

Terlebih saat ini, tahapan pemilu sudah dimulai. Kurang dari setahun, tepatnya 14 Februari 2024 pemilu akan digelar.

"Segera melakukan penyesuaian-penyesuaian irama kerja, pembagian waktu sehari-hari untuk menyesuaikan dengan ritme kerja, ritme penyelenggaraan tahapan pemilu," ujar dia.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya