TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kapolri: Pidato Paus Fransiskus Jadi Penyemangat Kita Jaga Persatuan

Kapolri soroti pidato Paus Fransiskus jaga toleransi

Presiden Joko Widodo (kanan) bersama Pemimpin Takhta Suci Vatikan Sri Paus Fransiskus (kiri) mengikuti upacara penyambutan kunjungan kenegaraan Paus di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (4/9/2024). (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Jakarta, IDN Times - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo turut hadir dalam pertemuan Presiden Joko "Jokowi" Widodo dengan Pemimpin Gereja Katolik Sedunia sekaligus Kepala Negara Vatikan Paus Fransiskus di Istana Negara, Jakarta. 

Jenderal Sigit memuji pidato Paus Fransiskus terkait pentingnya menjaga toleransi dan keberagaman.

"Tentunya kita sangat senang bahwa apa yang disampaikan oleh beliau terkait dengan bagaimana menjaga toleransi keberagaman," kata Sigit kepada awak media di Istana Negara, Jakarta, Rabu (4/9/2024).

1. Jadi penyemangat untuk terus jaga persatuan

(Instagram/Listyo Sigit Prabowo)

Ia mengaku kagum dengan pidato Paus Fransiskus yang menyinggung terkait pembukaan konstitusi Indonesia. Dia menyebut apa yang disampaikan Paus Fransiskus bisa dijadikan semangat untuk seluruh pihak menjaga persatuan.

"Dan beliau sempat menyinggung terkait Pembukaan UUD. Saya kira ini menjadi semangat kita untuk menjaga persatuan ke depan dan ini penting untuk perjalanan bangsa Indonesia," ujar Jenderal Sigit.

"Hal yang baik beliau (Paus Fransiskus) sangat perhatian terhadap hal-hal seperti itu," lanjutnya.

Baca Juga: Berkah Paus Fransiskus Bagi Pedagang Muslim

2. Paus Fransiskus bahas Pembukaan UUD 1945

Presiden Joko Widodo (kanan) bersama Pemimpin Takhta Suci Vatikan Sri Paus Fransiskus (kiri) didampingi Staf Dikasteri untuk Dialog Antar-Agama Takhta Suci Vatikan Romo Markus Solo Kewuta (tengah) bersiap mengikuti upacara penyambutan di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (4/9/2024). (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Dalam pidatonya di Istana Negara, Paus Fransiskus memang sempat mengutip UUD 1945. Menurutnya, pembukaan UUD 1945 punya sejarah yang sangat indah.

"Izinkanlah saya untuk merujuk pada Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 Anda, yang menawarkan wawasan berharga sebagai jalan yang dipilih oleh Indonesia yang demokratis dan merdeka. Punya sejarah yang sangat-sangat indah adalah pilihan dari semua," kata Paus Fransiskus dalam bahasa Italia yang diterjemahkan oleh penerjemah sebagaimana ditayangkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Baca Juga: Paus Fransiskus Tampil Sederhana, Ini Spesifikasi Jam Tangannya

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya