TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jurus Gibran di Debat: Bahas Botol Plastik hingga Cari Jawaban Mahfud

Gibran sempat jadi trending topic di Twitter

Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka menyampaikan pandangannya saat Debat Keempat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (21/1/2024) (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Jakarta, IDN Times - Calon wakil presiden nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka, jadi sorotan di debat keempat Pilpres 2024, yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Minggu (21/1/2024) malam.

Bahkan di jejaring media sosial X (Twitter), Gibran sempat jadi trending topic. Salah satunya Gibran dikaitkan dengan narasi 'savage' dan 'songong'.

Berikut ini sejumlah aksi Gibran yang jadi sorotan dalam debat kedua khusus cawapres tersebut:

Baca Juga: Puskapol UI: Strategi Tengil Gibran Dipakai untuk Tarik Simpati Publik

1. Gibran sentil Muhaimin soal botol plastik hingga baca catatan

Muhaimin Iskandar (Cak Imin) saat debat cawapres keempat di JCC pada Minggu (21/1/2024). (youtube.com/Liputan 6 TV POOL)

Aksi Gibran mengkritik cawapres nomor urut satu, Muhaimin Iskandar, juga sempat jadi pembicaraan hangat publik.

Wali Kota Solo itu lantas menyinggung komitmen Anies - Muhaimin terhadap lingkungan hidup. Pasalnya, pasangan itu tampak memakai botol plastik yang berpotensi merusak lingkungan.

"Gus Muhaimin ini lucu ya, menanyakan masalah lingkungan hidup, tapi kok pakai botol-botol plastik itu. Padahal saya, Pak Ganjar, Prof Mahfud pakai botol kaca. Itu gimana komitmennya itu, botol plastik semua itu," ucap dia.

Kendati begitu, dia kembali melanjutkan topik pembahasan tentang komitmen terhadap masalah lingkungan.

"Tapi gak apa-apa kita kembali lagi ke topik ya," imbuhnya.

Sebelumnya, Gibran juga sempat menyentil Muhaimin saat menyoroti jawaban yang cenderung membaca catatan saat debat.

Adapun, Muhaimin menjawab pertanyaan mengenai strategi dalam menghadapi dampak perubahan iklim terhadap produksi dan kualitas gizi pangan.

"Baik terimakasih, enak banget ya Gus ya jawabnya sambil baca catatan tadi," kata Gibran disambut riuh sorakan penonton yang hadir di arena debat," ucap Gibran.

Baca Juga: Usai Debat Cawapres, Gibran Ngaku Ingin Makan Seblak

2. Gibran makan pisang dan bagi-bagi donat saat jeda debat

Gibran santai makan pisang saat jeda debat. (dok. IDN Times/Istimewa)

Selain itu, Gibran juga kedapatan makan pisang di jeda istirahat segmen pertama.

Awal mula kejadian itu, Gibran terlihat berbincang dengan Ketum PSI Kaesang Pangarep dan istrinya, Erina Gudono. Gibran lalu duduk di kursi yang telah disiapkan.

Gibran lalu tampak santai menyantap pisang di kursi yang disediakan.

Selain pisang, Gibran juga tampak memakan donat. Gibran terlihat menikmati donat di tangannya saat orang lain di belakang sibuk berbincang dan bertegur sapa.

Aksi itu dilakukan saat dia duduk di kursi. Kemudian, Gibran menawarkan donat tersebut kepada istri dari capres nomor urut satu Anies Baswedan, Fery Farhati.

Gibran terlihat membawa bungkus donat dan menghampiri Fery. Lalu menawarkan donat tersebut.

Baca Juga: Apa Itu Green Jobs yang Disinggung Gibran saat Debat?

3. Gibran pakai jaket naruto

Gibran Rakabuming Raka saat debat cawapres keempat di JCC pada Minggu (21/1/2024). (youtube.com/Liputan 6 TV POOL)

Gibran sempat mengganti kostum saat debat memasuki sesi kedua. Dia memilih memakai jaket, setelah sebelumnya mengenakan kemeja biru.

Jaket yang dikenakan Gibran saat menaiki panggung cukup unik, dengan dominasi warna biru. Ada pula logo anime Naruto yang terpampang pada dada kanannya.

Pantauan IDN Times, Gibran mengenakan jaket saat jeda, jelang sesi kedua dimulai. Memang, suhu di ruangan Jakarta Convention Center (JCC) Senayan terbilang dingin.

Di sisi lain, jaket yang dipakai Gibran juga dikenakan timses dan para suporter yang hadir di area debat. Selain logo Naruto, ada pula tulisan Samsul 02 yang terpampang di belakang jaket.

Baca Juga: Apa Itu Demo Rompi Kuning di Prancis yang Disebut Gibran di Debat?

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya