TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jokowi: Senyum, Sapa dan Doa Rakyat Indonesia Sumber Kekuatan Saya

Jokowi merasa mendapat banyak dukungan masyarakat

Presiden RI, Joko "Jokowi" Widodo dan Prabowo Subianto dalam Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR-DPD RI tahun 2024, pada Jumat (16/8/2024). (YouTube.com/Sekretariat Presiden)

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menganggap bahwa senyum, sapa, dan doa dari seluruh rakyat menjadi kekuatan bagi dirinya untuk memimpin Indonesia. Jokowi menyampaikan, sejak awal menerima amanah menjadi presiden, dirinya memahami banyak sekali tantangan yang harus diselesaikan oleh pemerintahannya.

Namun, tantangan tersebut tak membuatnya khawatir karena dia merasa mendapat banyak dukungan dari masyarakat.

"Sejak hari pertama saya menerima amanah ini, saya sangat menyadari bahwa akan ada banyak gelombang yang harus dihadapi, akan banyak tantangan yang harus diselesaikan. Tapi sedari awal, saya juga yakin dan sangat percaya bahwa saya tidak sendirian," ucap Jokowi dalam pidato di Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2024 di Gedung DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (16/8/2024).

"Ada cita-cita dan harapan masyarakat. Ada dukungan dan doa dari rakyat yang selalu mengiringi dan menguatkan. Senyum, sapa, dan doa bapak, ibu, dan saudara-saudara se-Bangsa se-Tanah Air adalah sumber kekuatan saya," sambungnya.

Atas dukungan selama sepuluh tahun menjabat, Jokowi menyampaikan terimakasih kepada masyarakat luas.

"Hari ini, 16 Agustus 2024, di momen terakhir saya dan KH Ma’ruf Amin berdiri di sini, izinkan kami menyampaikan terima kasih yang tulus. Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Ibu semua," ungkapnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga mengapresiasi dukungan masyarakat sehingga bisa melewati berbagai masalah di Tanah Air.

"Kepada seluruh rakyat Indonesia di mana pun berada, yang selama 10 tahun ini telah dengan kuat bersama-sama melintasi tantangan demi tantangan, menapaki langkah demi langkah, dan menghadapi terjadinya perubahan demi perubahan, sehingga kita sebagai sebuah bangsa yang besar bisa sampai pada titik ini," tegas Jokowi.

Dia berharap, pengalaman tersebut bisa membawa Bangsa Indonesia menjadi negara maju.

"Titik yang bisa menjadi titik lontar untuk menggapai kemajuan bersama di masa yang akan datang," imbuh Jokowi.

Baca Juga: Jokowi: Mohon Maaf Ini Upaya Terbaik bagi Bangsa Indonesia

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya