TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Gaet Suara Anak Muda, Ridwan Kamil-Suswono Adopsi Strategi Prabowo

RK Ecosystem adopsi strategi pemenangan Prabowo-Gibran

(IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Jakarta, IDN Times - Tim Kampanye Nasional (TKN) Pemilih Muda (Fanta) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka meluncurkan Relawan Kerja (RK) Ecosystem. Gerakan ini diharapkan bisa menggaet pemilih muda Jakarta. 

RK Ecosystem akan bekerja untuk pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta nomor urut 01, Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) di Pilkada 2024.

Baca Juga: TKN Fanta Prabowo Turun Gunung Bantu Menangkan Ridwan Kamil-Suswono

1. RK Ecosystem terdiri dari 18 klaster

Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil - Suswono (RIDO) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Komandan TKN Fanta, Arief Rosyid Hasan, menjelaskan RK Ecosystem terdiri dari 18 klaster relawan, yang diklasifikasikan berdasarkan topik yang menjadi isu anak muda Jakarta. 

“RK Ecosystem akan bergerak secara taktis untuk memastikan kemenangan satu putaran bagi pasangan RIDO di Pilgub Jakarta. Kami menargetkan sapu bersih suara anak muda Jakarta. Dari 8 juta lebih wajib pilih di Jakarta, sekitar 5 jutanya adalah orang muda,” kata Arief dalam jumpa pers di Fanta HQ, Jalan Surabaya, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (25/9/2024).

"Seperti kemarin anak muda mendominasi suara untuk Prabowo-Gibran, insyaallah anak muda akan kembali memenangkan RIDO di Jakarta," sambungnya.

Baca Juga: TKN soal Akun Fufufafa: Mas Gibran Bilang Bukan, Ya Kita Harus Percaya

2. RK Ecosystem pakai strategi seperti menangkan Prabowo-Gibran di Pilpres 2024

Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto bersama Gibran Rakabuming Raka berfoto bersama usai ditetapkan dalam rapat pleno di Gedung KPU, Jakarta, Rabu (24/4/2024). (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Arief mengatakan, peluncuran RK Ecosystem ini merupakan gebrakan kelompoknya pada hari pertama kampanye Pilgub Jakarta 2024. Dia menjelaskan, RK Ecosystem menggunakan strategi klasterisasi yang serupa dengan kampanye Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024.

Menurut Arief, langkah ini terbukti efektif dalam menggerakkan basis dukungan di kalangan anak muda.

“RK Ecosystem terinspirasi dari strategi sukses yang digunakan dalam kampanye Prabowo-Gibran, yang menggunakan klasterisasi relawan untuk merangkul berbagai komunitas dan segmentasi masyarakat khususnya anak muda,” jelasnya.

Lebih lanjut, Arief mengatakan, RK Ecosystem telah mempersiapkan langkah-langkah konkret untuk menarik suara anak muda yang mencapai hampir separuh populasi pemilih Jakarta.

Baca Juga: JRMK Dorong Coblos 3 Paslon, Ridwan Kamil: Itu Namanya Demokrasi

3. RK Ecosystem akomodir topik yang dekat dengan anak muda

Sementara, Direktur Eksekutif RK Ecosystem, Darul Husaini, mengatakan kehadiran relawan ini akan mengakomodasi topik yang dekat anak muda, untuk mendukung pasangan RIDO di Pilgub Jakarta 2024.

“Kami akan bekerja semaksimal mungkin untuk mencari dukungan, dan meraup suara anak muda demi memenangkan RIDO di Pilgub Jakarta,” kata Darul.

Selain itu, Darul mencontohkan setiap klaster yang akan bergerak sesuai dengan isu anak muda. Seperti klaster RK Pink yang berfokus dalam memberdayakan perempuan, kemudian RK Health yang membahas isu kesehatan, termasuk kesehatan mental. 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya