TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Erick Thohir Disebut Didorong Maju Pilpres oleh Jokowi

Erick Thohir dekat dengan Jokowi secara personal

Presiden Joko Widodo (kanan) berbincang dengan Menteri BUMN sekaligus Ketua Umum PSSI Erick Thohir (tengah) dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kiri) saat menyaksikan laga FIFA Matchday Indonesia vs Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Senin (19/6/2023). (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Jakarta, IDN Times - Menteri BUMN Erick Thohir dinilai potensial maju sebagai calon wakil presiden (cawapres) pada Pemilu 2024 mendatang.

Pengamat Politik Universitas Padjadjaran (Unpad) Firman Manan menuturkan, potensi Erick Thohir jadi cawapres lantaran punya kedekatan dengan Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

Baca Juga: Kaesang Sambut Positif Ajakan Prabowo ke Hambalang

Baca Juga: Ada Tokoh Kritik Food Estate, Prabowo: Pemikiran Sesat!

1. Erick Thohir dinilai salah satu figur yang didorong Jokowi maju pada 2024

Presiden Joko Widodo (ketiga kanan) bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kedua kanan), Menteri BUMN sekaligus Ketua Umum PSSI Erick Thohir (ketiga kiri), dan Menpora Dito Ariotedho (keempat kiri) menyaksikan laga FIFA Matchday antara Indonesia vs Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Senin (19/6/2023). (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Erick Thohir disebut didorong Jokowi untuk maju dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. Kedekatan Jokowi dengan Erick terlihat dari berbagai kesempatan yang memperlihatkan keduanya mengikuti agenda bersama.

“Erick Thohir punya kedekatan dengan Presiden dan Mas Erick Thohir salah satu nama yang didorong oleh presiden (maju Pilpres),” kata Firman dalam keterangannya, Sabtu (30/9/2023).

Baca Juga: Komunikasi Politik Erick Thohir Dinilai Modal buat Jadi Cawapres KIM

2. Erick Thohir dipercaya Jokowi hingga urusan personal

ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Jokowi memang kerap melakukan agenda kenegaraan bersama Erick Thohir. Seperti saat melakukan kunjungan bersama ke Bulog pada awal September dan juga meninjau pabrik Pindad di Malang pada Juli lalu.

Bentuk kepercayaan lain Jokowi juga terlihat dari seringnya menugaskan Erick Thohir dalam menangani berbagai persoalan. Mulai dari Ketua Pelaksana Komite Penanganan COVID-19, Tim Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) hingga utusan Indonesia agar terhindar dari sanksi FIFA.

Bahkan, dalam urusan personal Erick Thohir juga dipercaya menjadi ketua panitia pernikahan anak ketiga Jokowi yakni Kaesang Pangarep.

“Dalam berbagai kesempatan, Erick Thohir memang dipercaya oleh Jokowi,” ungkap Firman.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya