TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Elektabilitas Prabowo Menguat Jelang Pendaftaran Capres 2024 ke KPU

Elektabilitas Ganjar fluktuatif dan Anies menurun

Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan|instagram.com/ganjar_pranowo|IDN Times/Reynaldy Wiranata)

Jakarta, IDN Times - Lembaga Poltracking Indonesia merilis hasil survei terkait elektabilitas capres dan cawapres jelang tahapan pendaftaran pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Hasilnya, elektabilitas bakal calon presiden Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto semakin kuat, jelang pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Baca Juga: Erick Thohir Dinilai Mampu Menarik Suara Pemilih Jokowi pada 2024

1. Elektabilitas Prabowo konsisten, Ganjar fluktuatif, Anies anjlok

Ilustrasi survei (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Peneliti Senior Poltracking Indonesia, Arya Budi menjelaskan, elektabilitas Prabowo cenderung konsisten. Sementara itu, keterpilihan Ganjar masih tidak stabil dan Anies mengalami penurunan.

"Tren terbaru elektabilitas tiga capres menunjukkan baik Prabowo maupun Ganjar cenderung mempunyai kenaikan tren elektabilitas, meskipun kenaikan Prabowo cenderung konsisten sementara Ganjar lebih fluktuatif. Sementara itu, tren elektabilitas Anies cenderung mengalami penurunan sejak deklarasi pencapresan pada Oktober 2022," kata Arya dalam rilis survei nasional yang diadakan secara daring, Sabtu (7/10/2023).

Baca Juga: Relawan Jokowi Deklarasi Dukung Duet Prabowo-Gibran di Pilpres 2024

2. Simulasi tiga nama capres

Ilustrasi survei (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Arya mengatakan, dalam simulasi tiga nama capres, Prabowo memperoleh elektabilitas 38,9 persen, kemudian diikuti oleh Ganjar 37 persen, dan Anies 19,9 persen.

Berdasarkan survei tersebut, Prabowo dan Ganjar potensial lolos ke putaran kedua. Oleh sebab itu, Arya menilai kemungkinan besar Anies berpeluang gugur di putaran pertama.

“Per hari ini yang berpotensi masuk ke putaran kedua adalah Pak Prabowo dan Mas Ganjar. Mas Anies, berpotensi gugur di putaran pertama,” jelasnya.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya