TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Cerita Prabowo Berteman dengan Soe Hok Gie, Pernah Pinjamkan Sepatu

Soe Hok Gie sempat pinjam sepatu Prabowo untuk naik gunung

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto hadiri acara Hari Ulang Tahun (HUT) Gerindra ke-15 di Kantor DPP Partai Gerindra, Ragunan, Jakarta Selatan. (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa

Jakarta, IDN Times - Menteri Pertahanan (Menhan) sekaligus Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto ternyata punya hubungan pertemanan dengan salah satu aktivis, Soe Hok Gie.

Kisah kedekatan Prabowo dengan Soe Hok Gie. Itu dicatat dalam buku Prabowo Subianto Sang Pemersatu Bangsa yang dirilis Senin (11/9/2023).

Baca Juga: Prabowo: Yang Penting Asal Jangan Prabowo Bohong dan Berkhianat

Baca Juga: Fahri Hamzah Usul Seluruh Parpol di Kabinet Gabung Dukung Prabowo

1. Awal mula kedekatan Soe Hok Gie dengan Prabowo

Soe Hok Gie (Dokumentasi Mapala UI)

Penulis buku, Sugiat Santoso mengungkapkan awal mula kedekatan Prabowo dengan Soe Hok Gie.

Saat itu, Prabowo masih menempuh pendidikan sekolah setingkat SMA di Inggris. Dia lantas memilih berkunjung ke Indonesia saat masa liburan sekolah.

Sugiat menuturkan, saat di Indonesia, Prabowo melakukan advokasi masyarakat Jawa Tengah yang sedang mengalami sejumlah masalah.

"Prabowo setiap liburan balik ke Indonesia dan itu dalam sejarahnya pertama kali berdiri sebuah lembaga swadaya masyarakat, lembaga pembangunan, mengadvokasi kaum miskin kota di Provinsi Jawa Tengah," kata dia saat merilis buku di Rumah Besar Relawan Prabowo 08, Jakarta Barat, Senin (11/9/2023).

"Seharusnya dia liburan ke Eropa saja, tapi dia memilih liburan ke dalam negeri mengumpulkan kader-kader Pak Sumitro, kader Partai Sosialis Indonesia," sambung Sugiat.

Santoso mengungkapkan, Prabowo sudah aktif mengadvokasi rakyat sejak muda, bahkan sebelum Partai Rakyat Demokratik (PRD) berdiri. Ayah Prabowo, Soemitro Djojohadikoesoemo merupakan kader Partai Sosialis Indonesia (PSI) yang dekat dengan pergerakan dari aktivis saat itu, termasuk Soe Hok Gie. Dari situ, Prabowo berkenalan hingga berteman baik dengan Soe Hok Gie.

Meski beda usianya hampir satu dekade, tetapi Prabowo disebut mampu mengimbangi diskusi dengan Soe Hok Gie.

"Seniornya, ada namanya Soe Hok Gie, legend demonstran jalanan, itu mentor Prabowo, beda sembilan tahun. Berdiskusi tentang kebangsaan, tentang kerakyatan," jelas dia.

Baca Juga: Cawapres Prabowo Disebut Mengerucut ke Gibran-Erick, Ini Kata Gerindra

2. Prabowo pinjamkan sepatunya ke Soe Hok Gie untuk naik Gunung Semeru

Menhan Prabowo Subianto ketika mengenang memori masih menjadi bagian dari Kopassus, pasukan elite baret merah di TNI AD. (www.instagram.com/@prabowo)

Lebih lanjut, Sugiat juga mengisahkan, kedekatan Prabowo dengan Soe Hok Gie. Sebelum Soe Hok Gie meninggal di Gunung Semeru, Prabowo sempat meminjamkan sepatu pribadinya.

Sepatu itu disebut dipakai untuk mendaki Gunung Semeru hingga Soe Hok Gie ditemukan meninggal karena menghirup asap beracun dari kawah.

"Sebelum Soe Hok Gie berangkat mendaki gunung Mahameru, jadi dia pinjam sepatu Prabowo, itu menunjukkan bahwa Prabowo sangat dekat dengan Soe Hok Gie. Seandainya saat itu Prabowo tamat sekolah memilih kuliah di dalam negeri, saya tebak berani taruhan dia akan menjadi aktivis gerakan," imbuh Sugiat.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya