TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

CEK FAKTA: Benarkah Prabowo Beri Jatah Makan Bergizi Gratis Rp7.500?

Anggaran Rp7.500 jadi perbincangan hangat warganet

Potret makanan di warteg (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Intinya Sih...

  • Isu pemotongan anggaran makan bergizi gratis Prabowo-Gibran mencuat setelah tim ekonomi pertimbangkan penurunan biaya program unggulan.
  • Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan anggaran untuk makan bergizi gratis disiapkan Rp71 triliun tahun 2025.
  • Anggota Tim Gugus Tugas Sinkronisasi Prabowo-Gibran membantah isu pemotongan anggaran, menyebut menu makan bergizi gratis di setiap daerah akan berbeda.

Jakarta, IDN Times - Munculnya isu anggaran makan bergizi gratis menjadi Rp7.500 per porsi jadi perbincangan hangat publik. Isu pemangkasan biaya program unggulan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka itu muncul usai ekonom Verdhana Sekuritas, Heriyanto Irawan, mengaku telah bertemu dengan Tim Gugus Tugas Sinkronisasi Prabowo-Gibran.

Heriyanto menyampaikan, tim Presiden Terpilih masih mempertimbangkan untuk menurunkan jatah anggaran makanan.

"Setelah dikomunikasikan angka Rp71 triliun, tim ekonomi Presiden Terpilih memikirkan apakah biaya makanan per hari itu bisa diturunkan lebih hemat dari Rp15 ribu ke Rp9.000 atau Rp7.500. Bisa kita pahami, tentunya mereka mau program itu menyentuh lebih banyak rakyat," ujar Heriyanto.

Pasalnya, makan bergizi gratis yang merupakan program prioritas pemerintahan Prabowo-Gibran itu semula dianggarkan Rp15.000 per porsi.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, anggaran untuk makan bergizi gratis disiapkan Rp71 triliun tahun 2025. Meski demikian, implementasi program itu bersifat fleksibel atau bisa berubah.

Hal ini disampaikan setelah adanya pembahasan tentang pemangkasan anggaran makan siang gratis dari Rp15.000 menjadi Rp7.500 per anak. 

"Nanti implementasi kan punya fleksibilitas. (Tapi) dalam RPABN masih sama (Rp15 ribu)," jelasnya ketika ditemui di Kantor Kementerian Perekonomian, Jakarta, Selasa (16/7/2024).

Lantas benarkah anggaran Rp7.500 tersebut disiapkan?

Baca Juga: Pedagang Warteg: Uang Rp7.500 Dapat Makan Nasi Lauk Orek

1. Tim Prabowo-Gibran bantah pangkas biaya makan siang gratis

Konferensi pers anggota Tim Gugus Tugas Sinkronisasi Prabowo-Gibran (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Anggota Tim Gugus Tugas Sinkronisasi Prabowo-Gibran Bidang Komunikasi, Hasan Nasbi, membantah mengenai anggaran makan bergizi gratis dipangkas menjadi Rp7.500. Hasan mengaku heran tiba-tiba muncul angka Rp7.500 untuk angaran makan bergizi gratis.

"Menurut saya sudah mulai jauh dari kebenaran tentang makan bergizi gratis itu dipatok harganya Rp7.500, tiba-tiba sudah ada angka begitu," ujar Hasan di Media Center Prabowo-Gibran, Jakarta, Jumat (19/7/2024).

2. Menu makan bergizi gratis berbeda di setiap daerah

Konferensi pers anggota Tim Gugus Tugas Sinkronisasi Prabowo-Gibran (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Anggota Tim Gugus Tugas Sinkronisasi Prabowo-Gibran lainnya, Budisatrio Djiwandono, mengatakan menu makan bergizi gratis di setiap daerah akan berbeda. Hal itu menyesuaikan dengan ketersediaan pangan di wilayah tersebut.

"Kalau soal harga itu pasti tergantung bahan baku makanan yang tersedia di berbagai daerah, jadi tidak akan sama menunya," kata Budi.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya