TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

UIN Dorong Peran Agama untuk Perdamaian Dunia

UIN gelar kolokium internasional

(Dok. Fakultas Ushuluddin, UIN Syarif Hidayatullah)

Jakarta, IDN Times - Fakultas Ushuluddin, Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta, menggelar kolokium internasional bertajuk Diplomacy of the Divine: Religion’s Role in International Peace pada 10-11 September 2024. 

Kolokium internasional ini mengangkat urgensi peran agama sebagai juru damai di tengah eskalasi konflik di berbagai wilayah. Fokus utama kolokium ini yaitu memperkuat agama sebagai aktor penting dalam menciptakan kehidupan damai di masyarakat.

1. Beberapa institusi ternama hadir dalam acara ini

(Dok. Fakultas Ushuluddin, UIN Syarif Hidayatullah)

Acara ini dihadiri lebih dari 20 profesor, akademisi, teolog, dan peneliti dari berbagai institusi internasional. Dalam kolokium ini, peserta berbagi hasil riset serta berdiskusi mengenai peran agama dalam menciptakan perdamaian global. 

“Kami memfasilitasi lebih dari 20 profesor, akademisi, teolog, dan peneliti dari berbagai institusi seperti Universität Rostock, the Führungsakademie der Bundeswehr, Universitas Gadjah Mada, Canadian Muslim Ahmadi Community, al-Mustafa International University, dan Lembaga Pertukaran Akademis Jerman atau Deutscher Akademischer Austauschdienst (DAAD),” ujar Dekan Fakultas Ushuluddin, Prof. Drs. Ismatu Ropi.

Baca Juga: WANSUS: Membaca Peran Agama Menjaga Persatuan Indonesia

2. Penyegaran peran agama sebagai juru damai

(Dok. Fakultas Ushuluddin, UIN Syarif Hidayatullah)

Ismatu berharap melalui kolokium ini, setiap individu dapat mencapai pemahaman bersama tentang pentingnya penguatan peran agama sebagai aktor juru damai kehidupan manusia.

“Kami ingin menyegarkan kembali peran agama untuk perdamaian di berbagai wilayah,” kata Dekan Fakultas Ushuluddin itu, dalam keterangan tertulis.

Baca Juga: Majelis Hukama Ingatkan Pentingnya Peran Agama Jaga Lingkungan

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya