TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Rekam Jejak Gus Ipul Sebelum Jadi Menteri Sosial Gantikan Risma

Saifullah Yusuf gantikan Tri Rismaharini sebagai Mensos

Sekjen PBNU Saifullah Yusuf melambaikan tangan kenarah wartawan sebelum dilantik menjadi Menteri Sosial oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (11/9/2024). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Intinya Sih...

  • Presiden Jokowi melantik Saifullah Yusuf sebagai Mensos menggantikan Tri Rismaharini
  • Ia memiliki rekam jejak di NU, GP Ansor, PDIP, PKB, dan berbagai jabatan politik lainnya

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo resmi melantik Saifullah Yusuf atau kerap disapa Gus Ipul sebagai Menteri Sosial (Mensos) menggantikan Tri Rismaharini

Pelantikan tersebut berlangsung di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu (11/9/2024). Dalam upacara tersebut, Jokowi memimpin sumpah jabatan terkait penunjukan Gus Ipul sebagai Mensos yang baru.

Berikut rekam jejak Gus Ipul!

Baca Juga: Profil Gus Ipul, Menteri Sosial Pengganti Risma di Kabinet Jokowi

1. Awal perjalanan karier Gus Ipul

Sekjen PBNU, Saifullah Yusuf atau Gus Ipul. (Dokumentasi Istimewa)

Gus Ipul mengawali karirnya melalui Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor). GP Ansor merupakan salah satu Badan Otonom Nahdlatul Ulama (NU) yang bergerak di bidang kepemudaan dan kemasyarakatan. Di sana, ia menjabat sebagai ketua umum selama dua periode. Periode pertama pada tahun 2000-2005 dan dilanjutkan tahun 2005-2010.

Ia juga sempat menjadi Plh Ketua Umum GP Ansor untuk menggantikan Iqbal Assegaf yang meninggal dunia. Setelah selesai mengemban tugasnya sebagai Ketua Umum PP GP Ansor, dia terpilih menjadi salah satu ketua di PBNU di bawah kepemimpinan KH Said Aqil Siraj.

Baca Juga: Gus Ipul Jadi Mensos Demi Bantu Transisi Pemerintahan

2. Pernah menjabat sebagai anggota DPR pada Pemilu 1999

Presiden Jokowi lantik Saifullah Yusuf sebagai Menteri Sosial pada Rabu (11/9/2024). (IDN Times/Trio Hamdani)

Gus Ipul terpilih sebagai anggota DPR melalui PDIP pada Pemilu 1999. Ia dipandang sebagai simbol aliansi antara Abdurrahman Wahid dan Megawati Soekarnoputri karena dia adalah orang kepercayaan dari Gus Dur dan ditempatkan di PDIP.

Namun, ketika hubungan antara Gus Dur dan Megawati mulai merenggang, pada tahun 2001 dia memutuskan mundur lalu bergabung dengan PKB. 

Pada Muktamar PKB tahun 2002, Gus Ipul terpilih menjadi Sekretaris Jenderal PKB, setelah sebelumnya bersaing dengan Alwi Shihab memperebutkan posisi ketua umum.

Baca Juga: Gus Ipul Jadi Mensos Demi Bantu Transisi Pemerintahan

3. Gus Ipul terpilih kembali menjabat 2 periode sebagai wakil gubernur

Saifullah Yusuf (kiri) dan Irjen Pol Eddy Hartono (kanan) mengucapkan sumpah jabatan saat dilantik menjadi Menteri Sosial dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (11/9/2024). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Kemudian, Gus Ipul terpilih sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur mendampingi Soekarwo dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Timur 2008. Pemilihan ini berlangsung dalam dua putaran. Putaran pertama pada 23 Juli 2008 dan putaran kedua pada 4 November 2008, diikuti dengan pemilihan ulang putaran kedua di Kabupaten Bangkalan dan Sampang pada 21 Januari 2009. Gus Ipul dilantik pada 12 Februari 2009 oleh Menteri Dalam Negeri, Mardiyanto.

Pada Pilgub Jatim tahun 2013, Soekarwo dan Gus Ipul kembali terpilih sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur. Mereka dilantik lagi pada 12 Februari 2014 di Gedung Negara Grahadi, Jawa Timur oleh Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi. Pelantikan ini dihadiri oleh bupati/wali kota se-Jawa Timur, menteri Kabinet Indonesia Bersatu II, gubernur-gubernur, serta tokoh masyarakat Jawa Timur.

Kini Gus Ipul dilantik sebagai Mensos oleh Jokowi pada Rabu (11/9/2024). Ia mengaku merasa tak masalah jika harus mundur dari Wali Kota Pasuruan untuk mengemban tanggung jawab sebagai Menteri Sosial.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya