TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Profil Romy Soekarno, Cucu Bung Karno Masuk DPR Gantikan Arteria

Romy Soekarno jadi anggota DPR setelah Arteria Dahlan mundur

Sumber Foto: Instagram @romysoekarno

Intinya Sih...

  • Hendra Rahtomo atau Romy Soekarno, cucu Sukarno, menggantikan Arteria Dahlan sebagai anggota DPR periode 2024-2029.
  • Romy Soekarno masuk ke Senayan setelah Arteria Dahlan mundur sebagai caleg PDIP.
  • Romy Soekarno adalah Presiden Direktur PT 1945 Nuswantara Investama dan Ketua Pembina Yayasan Pendidikan Soekarno.

Jakarta, IDN Times - Cucu Presiden pertama RI Sukarno, Hendra Rahtomo yang lebih dikenal sebagai Romy Soekarno, akhirnya bisa masuk ke Senayan menjadi anggota DPR periode 2024-2029.

Penetapan Romy sebagai anggota DPR dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) periode 2024-2029, diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Romy bisa melaju ke gedung DPR, setelah calon anggota legislatif (caleg) PDIP, Arteria Dahlan, mengundurkan diri. Arteria sendiri maju untuk menggantikan caleg terpilih PDIP, Sri Rahayu, yang juga mengundurkan diri. Dengan mundurnya Sri Rahayu dan kemudian Arteria Dahlan, Romy pun melenggang ke gedung DPR.

Pergantian kursi DPR ini berdasarkan surat dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Nomor 3015/EX/DPP/IX/2024, tertanggal 27 September 2024.

Lantas bagaimana sosok Romy Soekarno? Berikut profilnya:

Baca Juga: Arteria Dahlan Lepas Jabatan DPR demi Beri Jalan untuk Romy Soekarno 

1. Profil Romy Soekarno, cucu Bung Karno

Sumber Foto: Instagram @romysoekarno

Hendra Rahtomo atau kerap disapa Romy Soekarno, merupakan cucu dari Bapak Proklamator RI yang juga Presiden pertama Sukarno atau Bung Karno. Romy lahir tahun 1972. Ia merupakan putra Rachmawati Soekarnoputri dari pernikahan pertamanya dengan Martomo Pariatman Marzuki.

Sebagai anak sulung Rachmawati, Romy memiliki dua adik tiri, yaitu Muhammad Marhendra Putra dan Muhammad Mahardika Putra (Didi Mahardika).

Pada 1996, Romy Soekarno menikah dengan aktris Donna Harun, yang juga merupakan ibu dari aktor Ricky Harun.

Dari pernikahan tersebut, mereka dikaruniai seorang putra, yaitu Muhammad Jihad Rahtomo Soekarnoputra, yang lebih dikenal dengan nama Jeje Soekarno dan kini merupakan seorang influencer media sosial. Sayangnya, pernikahan Romy dan Donna berakhir pada 2018.

2. Karier Romy Soekarno

Sumber Foto: Instagram @romysoekarno

Diketahui, Romy menjabat sebagai Presiden Direktur PT 1945 Nuswantara Investama. Ia juga saat ini memegang posisi sebagai Ketua Pembina Yayasan Pendidikan Soekarno dan sebagai anggota Dewan Pembina Yayasan Fatmawati.

Yayasan Pendidikan Soekarno merupakan lembaga yang mengelola Universitas Bung Karno yang terletak di Jakarta Pusat.

3. Romy Soekarno pernah jajal jadi DJ

Sumber Foto: Instagram @romysoekarno

Romy pernah berkarier sebagai disc jockey (DJ) di industri hiburan. Namun, ia kemudian memutuskan untuk menjauh dari dunia hiburan dan lebih fokus pada pengembangan bisnisnya.

Keputusan ini membawanya untuk menjabat di berbagai posisi strategis, sehingga ia dikenal sebagai salah satu crazy rich di Indonesia dengan kekayaan miliaran.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya