TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Profil Ahmad Syaikhu, Presiden PKS Bertarung di Pilkada Jabar 2024

Ahmad Syaikhu berpasangan dengan Ilham Habibie

Presiden PKS Ahmad Syaikhu ingin Koalisi Perubahan plus PDIP terbangun di Pilkada Jakarta 2024. (IDN Times/Amir Faisol)

Intinya Sih...

  • Ahmad Syaikhu berpasangan dengan Ilham Habibie maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2024, didukung penuh oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Nasdem.
  • Ahmad Syaikhu tumbuh di Desa Ciledugkulon Kecamatan Ciledug, Kabupaten Cirebon, menjadi anggota DPRD Kota Bekasi periode 2004-2009.
  • Sebelum terjun ke dunia politik, Ahmad Syaikhu meniti karier sebagai pegawai negeri sipil (PNS), menjadi auditor di Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Jakarta, IDN Times - Ahmad Syaikhu merupakan seorang politikus Indonesia yang menjabat sebagai Presiden Partai Keadilan Sejahtera. Ia juga merupakan anggota DPR RI Fraksi PKS periode 2019-2024 dari Daerah Pemilihan Jawa Barat VII.

Pada Pilkada 2024, Ahmad Syaikhu berpasangan dengan Ilham Habibie maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2024. Keduanya didukung penuh oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Nasdem. Adapun Ahmad Syaikhu menjadi calon gubernur (cagub) dan Ilham Habibie sebagai calon wakil gubernur. Berikut profil Ahmad Syaikhu.

Baca Juga: Maju Pilgub Jabar, Ahmad Syaikhu Punya Harta Rp5,2 Miliar

1. Profil Ahmad Syaikhu

(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Ahmad Syaikhu, pria kelahiran 23 Januari 1965 ini tumbuh di Desa Ciledugkulon Kecamatan Ciledug, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Ia adalah putra kelima dari pasangan K.H. Ma’soem bin Aboelkhair dan Nafi’ah binti Thohir.

Ia menikah dengan Lilik Wakhidah dan dari pernikahan itu dikaruniai tiga anak laki-laki serta tiga anak perempuan. Keenam orang anaknya yaitu bernama Muhammad Kamil, Muhammad Yasir Naufal, Sarah Karimah, Muthiah, Izzuddin Hamas, dan Aisyah Wafa Syahidah.

Pria kelahiran Cirebon ini mulai meniti kariernya di politik saat mengikuti pemilu legislatif untuk DPRD Kota Bekasi pada 2004. Dia menjadi calon anggota legislatif (caleg) dari PKS dan akhirnya terpilih menjadi anggota DPRD Kota Bekasi periode 2004-2009. Syaikhu pun berhenti dari PNS.

Ia aktif di berbagai media sosial seperti instagram @syaikhu_ahmad_, X @syaikhu_ahmad, Youtube @ahmadsyaikhuasyik dan Website @ahmadsyaikhu.com. Pada laman media sosialnya, ia membagikan postingan terkait politik maupun keagamaan.

2. Pendidikan dan karier Ahmad Syaikhu

Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Ahmad Syaikhu dan Ilham Habibie. (Dokumentasi PKS)

Ahmad Syaikhu melewati masa kanak-kanaknya di Desa Ciledug, Cirebon dengan memulai masa sekolah dasar di SDN Ciledug III. Ayahnya adalah Kepala Kantor Urusan Agama yang kemudian berpindah tugas ke Kecamatan Sindang Laut Cirebon. Syaikhu pun ikut pindah ke sekolah dasar SDN Lemahabang II hingga lulus.

Ketika beranjak remaja, ia melanjutkan pendidikan di SMPN Sindanglaut, Cirebon. Hingga SMA, ia bersekolah di kota yang sama, yaitu SMAN Sindanglaut. Di sinilah dia mendapat pendidikan agama selain dari keluarga dan orang tua, dia juga memiliki guru privat dan dekat dengan kiai di Pondok Pesantren Buntet Cirebon. Setelah lulus SMA Syaikhu kemudian melanjutkan pendidikan tingginya di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN).

Sebelum terjun ke dunia politik, Ahmad Syaikhu meniti karier sebagai pegawai negeri sipil (PNS). Syaikhu menjadi auditor di Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sumatra Selatan pada 1986 hingga 1989. Kemudian, ia ditarik menjadi auditor di Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Pusat pada 1989 hingga 2004. Di BPKP Pusat, Syaikhu menjadi deputi bidang pengawasan keuangan daerah.

Ia melanjutkan kariernya di bidang politik sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Bekasi pada tahun 2004 hingga 2009. Pada tahun 2009 hingga 2012 ia menjabat sebagai Sekretaris Komisi C DPRD Prov. Jawa Barat, lalu melanjutkan sebagai Wakil Wali Kota Bekasi 2013-2018 dan Anggota DPR RI 2019 hingga sekarang.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya