TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Daftar Sekolah yang Menerima Uji Coba Makan Siang Gratis di Jakarta

Pemprov DKI distribusikan 5.389 paket makan siang gratis

ilustrasi makanan bernutrisi (pexels.com/Ella Olsson)

Jakarta, IDN Times - Sebanyak 5.389 paket makanan telah didistribusikan untuk uji coba makan siang gratis atau makan bergizi gratis di Pemprov DKI Jakarta sejak sebulan lalu dan terus berjalan hingga kini.

Salah satu sekolah yang menerima uji coba program pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka itu adalah SDN 03 Rorotan, Jakarta Utara. Tak hanya itu, sejumlah sekolah juga sudah melakukan uji coba program ini.

1. Daftar sekolah yang menggelar uji coba makan siang gratis

Wakil Presiden terpilih, Gibran Rakabuming Raka saat simulasi makan gratis di SDN Klampis Ngasem 3 Surabaya. IDN Times/Ardiansyah Fajar

Berikut daftar nama sekolah yang menerima uji coba program makanan bergizi gratis:

1. SDN Cideng 07, Jakarta Pusat: 498 paket (Dana Operasional Gubernur)
2. SDN Rawa Badak Utara 03, Jakarta Utara: 371 paket (CSR Perumda Dharma Jaya)
3. SDN 04 Cipayung, Jakarta Timur: 800 paket (CSR Perumda PAM Jaya)
4. SDN Gunung 1 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan: 620 paket (PT Bank DKI)
5. SDN 01 dan SMPN 03 Manggarai, Jakarta Selatan: 1.500 paket (Perumda Dharma Jaya dan Bank DKI)
6. SDN 05 dan 07 Wijaya Kusuma, Jakarta Barat: 700 paket (PT Bank DKI)
7. SDN 03 Rorotan, Jakarta Utara: 900 paket (PT Jakpro).

Baca Juga: Heru Pantau Uji Coba Makan Siang Gratis di Jakbar, Siswa Makan Ikan

2. PT Jakpro beri makan siang gratis untuk 900 siswa selama 14 hari

(Dok. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta)

Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, mengatakan PT Jakpro sangat berinovasi dalam pelaksanaan uji coba makan siang gratis di SDN 03 Rorotan, Jakarta Utara. Selain menyediakan makanan, PT Jakpro juga menyiapkan wadah makanan dan minuman selama 14 hari.

"Jadi, Jakpro sejak hari ini terlibat mengikuti uji coba MBG (Maka Bergizi Gratis), juga akan terus memberikan makanan untuk 900 siswa selama 14 hari ke depan, dengan diusahakan menunya berbeda. Bahkan, Jakpro juga menyediakan tempat makanan dan minuman berupa tumbler untuk keperluan makanan. Di samping itu, pihak puskesmas setempat akan membantu untuk menjaga kualitas kebersihan makanan melalui food security," ujar dia.

3. Menu makan bergizi gratis senilai Rp22.000

(Dok. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta)

Sementara, Pelaksana Tugas (Plt) Asisten Kesejahteraan Rakyat Sekda Provinsi DKI Jakarta, Suharini Eliawati, mengatakan jenis menu makan siang gratis yang diberikan untuk siswa SDN 03 Rorotan terdiri dari nasi goreng sayur, daging ayam potong dadu, telur dadar, dan buah jeruk.

Suharini menyebut biaya makan siang gratis tersebut Rp 22.000 per porsi, dengan kandungan gizi 423,50 kilokalori (kkal) yang memenuhi kebutuhan gizi anak usia sekolah dasar dalam satu kali makan.

"Jadi di sini kita telah menyediakan paket MBG sebanyak 900 pack. Kami terus berupaya mewujudkan kelengkapan gizi dan nutrisi peserta didik melalui pemenuhan asupan makanan, serta perbaikan pola konsumsi makanan melalui Komunikasi Informasi Edukasi (KIE) terhadap para siswa dan komite sekolah," kata dia.

Baca Juga: Kata Heru soal Uji Coba Makan Siang Gratis Tanpa Susu di SD Jakbar

4. Heru apresiasi keterlibatan PT Jakpro

(Dok. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta)

Heru mengapresiasi keterlibatan PT Jakarta Propertindo (Jakpro) yang telah membantu menyukseskan uji coba program makan siang gratis di SDN 03 Rorotan.

Dia mengatakan upaya ini dilakukan untuk meningkatkan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas, berketahanan fisik, serta konsumsi yang aman dan bergizi sebagai aset bangsa menuju Indonesia Emas 2045.

5. Berbagai perusahaan turut partisipasi jual sembako murah

(Dok. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta)

Pada kesempatan yang sama, Heru beserta rombongan turut menghadiri kegiatan Sembako Murah di Rusun Rorotan. Dalam kegiatan Sembako Murah, disediakan 1.500 paket bagi masyarakat seharga Rp100 ribu.

Paket sembako murah tersebut terdiri dari beras lima kilogram, minyak goreng dua liter, tepung terigu satu kilogram, serta gula pasir satu kilogram yang berasal dari CSR PT Jakpro.

Kemudian, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pangan di DKI Jakarta, seperti Perumda Dharma Jaya, Perumda Pasar Jaya, dan PT Food Station Tjipinang Jaya, juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan sembako murah dan menjual makanan unggulan dengan harga terjangkau.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya