TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

10 Fakta Kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia

Paus Fransiskus hadir dengan kesederhanaan

https://www.facebook.com/share/p/i1y5Zdfkok62PFQQ/?mibextid=xfxF2i

Jakarta, IDN Times - Pemimpin Vatikan sekaligus umat Katolik dunia, Paus Fransiskus, tiba di Indonesia Selasa, 3 September 2024.

Sesampainya di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, pada pukul 11.30 WIB, Paus beserta rombongan langsung menuju Kedutaan Besar Vatikan di kawasan Gambir, Jakarta.

Paus hadir dengan kesederhanaan, terlihat dari kedatangannya ke Jakarta dengan menumpang pesawat komersil, mobil Toyota Zenix, hingga memilih menginap di Kedubes Vatikan, bukan di hotel berbintang.

Berikut deretan fakta-fakta tentang kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia.

1. Menumpangi pesawat komersil

Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas menyambut kedatangan Paus Fransiskus (dok. Kemenag)

Kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia tidak menggunakan penerbangan khusus, melainkan menggunakan pesawat komersil milik ITA Airways.

Paus tiba di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa, 3 September 2023 pada pukul 11.30 WIB. Sejumlah pejabat tinggi hingga tokoh keagamaan menyambut kedatangannya.

Baca Juga: Paus Fransiskus Terkesan dengan Keberagaman Indonesia

2. Pakai Toyota Zenix selama di Indonesia

Paus Fransiskus melambaikan tangan saat melintasi kawasan Bundaran HI, Jakarta, Selasa (3/9/2024). (ANTARA FOTO/)Dhemas Reviyanto)

Selama berada di Indonesia, pemimpin tertinggi Gereja Katolik ini memilih menumpangi Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid berwarna putih.

Saat tiba di Jakarta, Paus Fransiskus bahkan memilih duduk di kursi penumpang depan sebelah sopir. Ia sempat membuka kacanya melambaikan tangan menyapa warga yang tengah menunggu kedatangannya. 

3. Tidak menginap di hotel berbintang

Suasana Kedutaan Besar Vatikan di Jakarta, bersiap untuk agenda Paus Fransiskus berikutnya. (IDN Times/Sonya Michaella

Paus Fransiskus juga tidak menginap di hotel berbintang selama kunjungannya ke Indonesia. Ia lebih memilih menginap di kantor Kedutaan Besar Vatikan di kawasan Gambir, Jakarta Pusat.

4. Bertemu Presiden Jokowi di Istana

Prabowo Subianto salami Paus Fransiskus. (dok. Tim Komunikasi Prabowo)

Agenda hari pertama kunjungan ke Indonesia, Paus Fransiskus bertemu Presiden Joko "Jokowi" Widodo Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (4/9/2024).

Dalam kesempatan ini, Paus mengingatkan kepada Bangsa Indonesia agar terus merawat kerukunan beragama dan keberagaman yang ada di Indonesia.

Baca Juga: JK Minta Misa Agung Paus Fransiskus dan Azan Magrib Ditayangkan Bareng

5. Melakukan pertemuan dengan tokoh agama dan dubes negara sahabat

Paus Fransiskus bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara. (dok. Tim Komunikasi Prabowo)

Selain melakukan pertemuan dengan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin  serta sejumlah menteri, Paus Fransiskus juga bertemu dengan sejumlah tokoh. 

Beberapa tokoh yang hadir di antaranya Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Yahya Cholil Staquf, serta sejumlah duta besar negara sahabat.

6. Jemaat Katolik sambut dengan antusiasme

Warga yang menunggu di dekat Kedutaan Besar Vatikan, Jakarta. (IDN Times/Sonya Michaella)

Kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia disambut antusiasme jemaat Katolik. Mereka berbondong-bondong mengunjungi lokasi tempat kunjungan Paus mulai saat kedatangan di bandara Soekarno Hatta, kawasan Bundaran HI, kantor Kedubes Vatikan, hingga Istana Negara.

Jemaat Katolik ingin melihat dan menyapa langsung pemimpin tertinggi Gereja Katolik itu. Bahkan, beberapa jemaat ada yang sengaja datang bersama keluarga mereka demi melihat langsung Paus Fransiskus.

Tak hanya itu, kunjungan Paus di Gereja Katedral juga disambut ratusan jemaat Katolik. Mereka melakukan puji-pujian untuk Paus, meski tidak bisa masuk ke gereja. 

7. Paus kunjungi Masjid Istiqlal dan Terowongan Silaturahmi

Paus Fransiskus melambaikan tangan saat melintasi kawasan Bundaran HI, Jakarta, Selasa (3/9/2024). (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Pada hari kedua atau Kamis, 5 September 2024 pagi, Paus dijadwalkan akan mengunjungi Masjid Istiqlal. Pertemuannya dengan Paus akan membahas kondisi dunia dan berbangsa yang terjadi sekarang ini.

Paus juga akan mengunjungi terowongan silaturahmi yang menghubungkan Masjid Istiqlal dengan Gereja Katedral di Jakarta Pusat.

 

8. Menggelar Misa Agung di Stadion GBK

Paus Fransiskus (instagram.com/franciscus)

Paus Fransiskus juga bakal menggelar misa di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) pada Kamis, 5 September 2024. Paus akan menggelar Misa Agung dimulai pukul 17.00 WIB.

Sekitar 9 ribu personel keamanan disiagakan di sekitar kawasan Stadion GBK. Mereka tersebar di berbagai titik untuk pengamanan Misa Agung, yang terbagi menjadi tiga lapis pengamanan yakni ring satu, ring dua, dan ring tiga.

9. Indonesia siapkan kendaraan taktis Maung MV3 buatan PT Pindad

Kendaraan maung buatan PT Pindad yang akan digunakan oleh Paus Fransiskus di misa agung di Gelora Bung Karno (GBK) 5 September 2024. (Dokumentasi PT Pindad)

Pemerintah Indonesia menyediakan kendaraan taktis Maung MV3 buatan PT Pindad, untuk digunakan Paus Fransiskus dalam sesi misa agung di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Kamis, 5 September 2024. Maung MV3 itu telah dimodifikasi sehingga terlihat sebagian terbuka. 

Rantis Maung MV3 Pope Mobile ini hasil modifikasi dengan penambahan fitur tangga lipat untuk mengakses panggung, yang dilengkapi kursi utama di bagian belakang kendaraan.  Ada pula sunroof pada kabin pengemudi, rear step untuk penjaga Paus. Roof protector untuk antisipasi hujan dan kursi belakang yang dapat dilipat untuk asisten Paus. 

Maung MV3 Pope Mobile berwarna putih dengan logo Maung Pindad di bagian grill. Selain itu, ada pula bendera dan segel Vatikan serta pelat nomor SCV1. Nomor itu merupakan singkatan dari Status Latin Civitatis Vaticanae.

Desainnya sama persis dengan kendaraan semi terbuka yang kerap digunakan oleh Paus Fransiskus ketika menyapa umat Katolik di lapangan Basilika Santo Petrus, Kota Vatikan. Abraham pun mengucapkan terima kasih lantaran dipercayai untuk mendukung kegiatan misa agung di GBK pada Kamis esok. 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya