TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Profil Ririn Farabi Arafiq, Dokter yang Maju Pilkada Depok 2024

Perempuan satu-satunya diusung langsung Partai Golkar Depok

Imam Budi Hartono dan Ririn Farabi Arafiq. (Dok. Instagram Pribadi, @imambhartono)

Intinya Sih...

  • Dokter Ririn Farabi Arafiq menjadi Calon Wakil Wali Kota Depok 2024, mendapat nomor urut 1.
  • Ririn optimistis meraih 80% suara pemilih Depok dengan visi misinya bersama Imam Budi Hartono.

Jakarta, IDN Times - Dokter Ririn Farabi Arafiq menghebohkan publik setelah ikut berkontestasi di Pilkada Depok 2024 sebagai Calon Wakil Wali Kota Depok menemani Imam Budi Hartono.

Dalam pengundian nomor urut pasangan calon (paslon), pasangan tersebut mendapat nomor urut 1. 

Ririn pun optimistis dalam ajang pilkada kali ini dia berhasil meraih 80 persen suara pemilih Depok agar visi misinya bersama Imam Budi Hartono dapat tercapai. 

Baca Juga: Profil Imam Budi Hartono, Cawalkot Depok yang Mau Ciptakan Pengusaha Muda

1. Pendidikan dokter Ririn

Ilustrasi Pendidikan (IDN Times/Arief Rahmat)

Ririn Farabi A. Rafiq, lahir di Jakarta, 23 Oktober 1980. Sejak SMP, dia aktif di berbagai organisasi sekolah, salah satunya sebagai anggota OSIS.

Selain aktif di organisasi sekolah, dokter Ririn juga menyukai pelajaran matematika yang menurutnya tidak banyak menuntut hapalan angka dan hanya mengandalkan strategi saja.

Bukan rahasia lagi bahwa Ririn berasal dari keluarga dokter. Dimulai dari kakeknya yang seorang ahli bedah, tantenya yang spesialis penyakit dalam, dan sepupu-sepupunya yang juga berkecimpung di dunia kedokteran. Suaminya, Farabi Ahmad Rafiq juga seorang dokter spesialis anak.

Ririn Farabi Arafiq menempuh pendidikan di SD Kuntum Wijaya Kusuma, Cijantung Jakarta Timur (1987-1993), SMP Negeri 102 Cijantung Jakarta Timur (1993-1996), dan SMU Negeri 14 Cawang Jakarta Timur (1996-1999).

Kemudian, ia melanjutkan ke pendidikan tinggi, yaitu Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Sarjana Kedokteran (1999-2006) dan Universitas Indonesia, Magister Kedokteran (2014-2016).

Baca Juga: Profil Supian Suri, Sekda yang Maju Jadi Calon Wali Kota Depok

2. Dosen di FK Universitas Gunadarma, dokter umum, dan CEO di klinik dokter Farabi

ilustrasi dokter dan pasien (pexels.com/Thirdman)

Setelah menyelesaikan pendidikan dokter umum pada tahun 2006, Ririn Farabi kemudian melanjutkan studinya ke jenjang magister kedokteran di Universitas Indonesia.

Dia kemudian memulai kariernya dengan mengabdikan diri sebagai dosen fakultas kedokteran di berbagai institusi pendidikan tinggi. Awalnya ia menjadi dosen di UPN Veteran Jakarta, lalu pindah ke Universitas Gunadarma pada tahun 2015.

Selain sebagai seorang dosen, Ririn Farabi juga berpraktik di klinik suaminya, dokter Farabi yang juga sekaligus sebagai CEO di klinik tersebut. 

Baca Juga: Imam-Ririn Klaim Didukung PKS-Golkar dan NasDem di Pilkada Depok

3. Ketua HWK dan IIPG Depok lebih dari 5 tahun

dr. Ririn Farabi Arafiq (Antara/Foto: Dok. Pribadi)

Selain berkecimpung di dunia kedokteran, Ririn diketahui aktif di berbagai organisasi.

Melansir dari laman resmi KPU, Ririn kini menjabat sebagai Ketua Himpunan Wanita Karya (HWK) Depok dan juga Ketua Ikatan Istri Partai Golkar (IIPG) Depok periode 2018-2024.

Keaktifannya di dunia medis dan organisasi membawanya pada kursi politik pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok 2024.

Beberapa organisasi yang pernah Ririn ikuti adalah anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jakarta Timur (2007-2008), sekretaris bidang Majelis Dakwah Islamiyah (AMMDI) Provinsi DKI Jakarta (2006-2009), anggota IDI Depok (2018-2024), Ketua Himpunan Wanita Karya (HWK) Depok (2018-2024), dan Ketua Ikatan Istri Partai Golkar (IIPG) Depok (2018-2024).

4. Suaminya Ketua DPD Golkar

dr. Farabi Ahmad Rafiq (Dok. Instagram Pribadi, @dr.farabi)

Diketahui suami Ririn adalah Farabi Ahmad Rafiq yang merupakan dokter spesialis anak sekaligus Ketua DPD Partai Golkar Kota Depok. 

Dia mengatakan, Ririn dapat menyentuh milenial muda yang juga dapat mewakili gender yang menjadi jumlah pemilih dominan di Kota Depok. Menurut dia, keputusan menetapkan istrinya di Pilkada Depok sudah melalui struktur mekanisme partai.

Baca Juga: Kun Wardana Akan Tingkatkan Lapangan Kerja di DKI dengan Digitalisasi 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya